Some women choose to follow men, and some women choose to follow their dreams. If you’re wondering which way to go, remember that your career will never wake up and tell you that it doesn’t love you anymore.
Lady Gaga

Yuk, Mulai Nulis Jurnal Supaya Mental Lebih Sehat

author
Isna Triyono
Kamis, 7 November 2019 | 14:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Saat remaja, siapa yang rutin nulis diary?

Kebiasaan nulis diary ini sebaiknya kamu kembali lakukan saat ini. Rutin menulis diary atau jurnal ternyata punya banyak manfaat bagi kesehatan mental kita lho.

Sebuah studi yang dilakukan Applied Psychology, dengan menuliskan hal-hal positif atau hal yang disyukurin bisa membuat perasaan jauh lebih tenang dan damai. Secara tidak langsung akan membuat kesehatan mentalmu tetap terjaga.

Berikut ini manfaat menulis jurnal yang bikin kesehatan mentalmu terjaga.

Baca juga: Cara Deteksi Dini Kanker Payudara Sesuai Usia

1. Meredakan Depresi

Cemas atau sedih memikirkan sesuatu? Coba deh tuangkan segala emosimu dengan tulisan di dalam jurnal. Dengan begitu, kamu seperti ‘curhat’ dan bisa menumpahkan segala kecemasan. Pada akhirnya akan memberikan efek perasaan lega dan meredakan depresi.

2. Semangat Menggapai Cita-CIta

Menulis tentang keinginan dan cita-cita yang dicapai dalam sebuah jurnal juga memacu seseorang untuk terus ingat dan semangat dengan apa yang ingin ia gapai. Hal itu cenderung membuatnya lebih berhasil dalam meraih cita-cita.

3. Waktu Tidur yang Berkualitas

Menurut sebuah studi yang berjudul Health and Well-Being, menulis jurnal tentang hal-hal yang kamu syukuri bisa membuat kamu merasa jauh lebih tenang dan damai. Apalagi jika itu kamu lakukan menjelang tidur malam. Dijamin kamu akan tidur lebih berkualitas dan bangun dengan lebih fresh.

Baca juga:  6 Tips Agar Rajin Minum Air Putih

4. Rasa Syukur

Setiap orang pasti memiliki masalah atau merasa kurang dalam segala hal. Tapi cobalah untuk menulis 3 hal yang kamu syukuri selama seharian itu. Dengan fokus pada hal-hal positif atau hal yang patut disyukuri akan menimbulkan perasaan lebih bersykur.

5. Meningkatkan Kreativitas

Saat menulis jurnal, kamu merangkai kata dan kalimat terbaik yang kamu pikirkan. Kamu pasti akan berusaha untuk membuat tulisan yang menarik. Hal ini secara tidak langsung bisa meningkatkan kreativitasmu.

Sebaiknya, waktu yang disarankan menulis jurnal adalah di malam hari menjelang waktu tidur. Tidak perlu kalimat atau tulisan panjang, kamu bisa memulainya dengan menuliskan hal yang kamu syukuri hari itu.

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono