If you have never been hated by your child, you have never been a parent.
Bette Davis

Kulit Mulus Bebas Bulu, Ini Tips Melakukan Waxing Sendiri di Rumah

author
Ratih Sukma Pertiwi
Rabu, 20 November 2019 | 16:00 WIB
Waxing | SHUTTERSTOCK

Selain dengan mencukur, menghilangkan bulu-bulu halus di kulit bisa dengan cara waxing. Malas ke salon? Kamu bisa, lho, bikin cairan wax sendiri di rumah. Ikuti langkah-langkah mudah berikut ini!

Terganggu dengan bulu-bulu halus yang tumbuh area kaki, tangan atau ketiak? Jika kamu biasanya mengandalkan pisau cukur, coba, deh. Sesekali coba teknik waxing untuk menghilangkan bulu-bulu halus tersebut.

Jika tidak punya waktu ke salon, kamu bisa membuat cairan wax sendiri di rumah. Tentu kamu bisa lebih menghemat bujet nyalon, kan. Selain itu membuat cairan wax sendiri bisa jadi aktivitas me time yang menyenangkan.

Baca juga: Terapi Golki, Rahasia Cantik Bintang Korea. Cuma Dengan Sentuhan Tangan!

1.Siapkan cairan wax. Caranya, campur satu cangkir gula pasir, 2 sendok teh air, 2 sendok teh air lemon. Panaskan dalam panci, aduk terus sampai semua bahan meleleh dan berwarna cokelat keemasan. Kurang lebih proses ini memakan waktu 6-10 menit. Setelah itu matikan api sambil tetap diaduk-aduk. Tuang dalam wadah kecil.

2.Sambil menunggu cairan wax hangat, bersihkan kulit dan keringkan. Setelah itu taburkan bedak bayi pada permukaan kulit, lalu bersihkan perlahan dengan lap yang sedikit dibasahi. Jangan menggosoknya terlalu keras.

3.Ambil kain blacu berukuran 5cm x 10cm. Dengan spatula oles cairan wax tersebut pada permukaan kulit yang diinginkan. Perhitungkan luas kain blacu, jangan oles cairan wax lebih besar daripada luas kain blacu yang telah dipersiapkan tersebut.

Waxing | SHUTTERSTOCK

4.Letakkan kain blacu tepat di atas kulit yang telah diolesi cairan wax. Tekan-tekan perlahan, gosok-gosok hingga permukaan rata, lalu tarik kain dengan cepat. Jika perlu, ulangi pengolesan sampai kulit tampak mulus dan licin.

Baca juga: 5 Makanan Agar Wajah Bebas Kerut

5.Jika kulit jadi memerah dan gatal, hentikan pemakaian cairan wax. Kompres kulit dengan air dingin untuk menghindari bengkak. Atau bisa juga dengan mengoleskan salep yang mengandung calamine untuk menenangkan rasa gatal.

6.Hindari menggunakan lotion beraroma sesaat setelah proses waxing. Jika ingin melakukan scrub, lakukan minimal 3 hari sesudah wax. Khusus pada ada bagian ketiak, jangan menggunakan deodorant selama 24 jam.

 

Penulis Ratih Sukma Pertiwi
Editor Ratih Sukma Pertiwi