When I get up and work out, I’m working out just as much for my girls as I am for me, because I want them to see a mother who loves them dearly, who invests in them, but who also invests in herself. It’s just as much about letting them know as young women that it is OK to put yourself a little higher on your priority list.
Michelle Obama

Ide Liburan Akhir Tahu, Seru dan Ramah di Kantong

author
Isna Triyono
Sabtu, 7 Desember 2019 | 16:52 WIB
|

Akhir tahun dimanfaatkan banyak orang untuk liburan.

Enggak heran kalau akhir tahun menjadi high season bagi dunia pariwisata.

Buat kamu yang masih bingung mau kemana liburan akhir tahun ini, ini ide yang bisa kamu pertimbangkan sebagai destinasi wisata bareng teman, keluarga, atau pasnagan.

1. Pulau Harapan, Jakarta

Pulau yang terletak di gugusan Kepualauan Seribu ini terhitung sangat dekat jaraknya dengan Jakarta. Ini bisa jadi alternative buat kamu yang jatah cutinya enggak terlalu banyak.

Baca juga: Selain Patung Merlion, Ini Tempat Wisata Gratis di Singapura

Kamu cukup menyediakan waktu 2 hari satu malam untuk trip ke Pulau Harapan. Selain bisa bermain air, snorkeling, kamu juga bisa mengunjungi beberapa pulau indah di dekatnya seperti Onrust, Putri, Perak, dan Pulau Bulat.

Kamu bakalan puas dengan suguhan pemandangan sunset dan sunrise.

|

2. Pine Forest Lembang, Bandung

Lembang sudah terkenal punya segudang tempat wisata yang indah dan juga instagramable. Apalagi Lembang juga punya udara yang sejuk cenderung dingin.

Di Pine Forest Lembang, kamu bisa menghabiskan pergantian malam tahun baru di tengah hutan dan bermalam di tenda. Kamu juga bisa seru-seruan bareng teman-teman dengan membakar api unggun dan makanan seperto jagung bakar, sosis bakar, dan minum segelas bandret yang hangat.

Dijamin liburan akhir tahun kamu bakalan berkesan dan berbeda dari liburan sebelumnya.

3. Jembatan Ampera, Palembang

Ini bukan sembarang jembatan. Jembatan AMoera adalah salah satu bangunan ikonik yang ada di Palembang. Pemandangan di sekitar Jembatan Ampera di malam hari suguh memikat.

Kamu bisa menikmati kerlap-kerlip lampu sambil berwisata kuliner di sana. jangan lupa untuk mencicipi empek-empek di kota aslinya.

Baca juga: Catat! Ini yang Wajib Ada di Kotak P3K Saat Traveling Bersama Balita

|

4. Kawah Ijen, Banyuwangi

Pesona dan keindahan Kawah Ijen semakin terkenal. banyak traveller penasaran melihat langsung blue fire yang muncul dini hari di Kawah Ijen ini.

Meski medan untuk mencapai Kawah Ijen cukup terjal dan menantang, namun semua akan terbayarkan begitu melihat langsung blue fire.

|

5. Pantai Lovina, Bali

Bali menjadi pulau favorit di kala musim liburan, tak terkecuali musim liburan akhir tahun. Namu banyak sekali destinasi wisata yang bisa kamu pilih, salah satunya Pnatai Lovina yang terletak di pesisir Bali Utara, tepatnya di kabupaten Buleleng.

Selain keindahan pantainya yang menakjubkan, kamu bisa punya pengalaman unik bertemu lumba-lumba di habitat aslinya.

Kamu cukup menyewa perahu untuk membawamu sekitar 1 KM dari bibir pantai. Di sini kamu bisa menyaksikan lumba-lumba berenang dan bahkan melompat di dekat perahumu. Siapkan kameramu ya.

 

 

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono