Try to be a rainbow in someone else’s cloud.
Maya Angelou

5 Pekerjaan Rumah Tangga yang Harus Dihindari Ibu Hamil

author
Isna Triyono
Kamis, 12 Desember 2019 | 15:33 WIB
|

Beberapa perempuan yang terbiasa mandiri, biasanya enggak betah hanya berdiam diri di rumah. apalagi jika melihat rumah berantakan.

Sayangnya, saat hamil, ada beberapa pekerjaan rumah yang harus dihindar ibu hamil karena berisiko.

Berikut ini 5 pekerjaan rumah tangga yang sebaiknya dihindari ibu hamil untuk melakukannya sendiri.

Baca juga: Gairah Seks Menurun Saat Hamil, Normal Kah?

1. Membersihkan Sampah dan

Mulai dari membereskan tempat sampah di dalam rumah, hingga membawanya ke tempat sampah di luar rumah. Hal ini membuat ibu hamil rentang terpapar bakteri dan kuman berbahaya.

Jika memang harus ibu hamil sendiri yang lakukan, sebaiknya gunakan sarung tangan dan masker agar terlindungi dengan baik. Kemudian cuci tangan dengan bersih setelahnya.

2. Membersihkan Kotoran Hewan

Misalnya kotoran tikus, kucing, anjing, atau burung. Kotoran hewan cenderung membawa parasite toxoplasma yang bisa menyebabkan infeksi dan membahayakan janin dalam perut.

Sebaiknay delegasikan pekerjaan ini pada orang lain.

Baca juga: Due Date Sudah Lewat Tapi Belum Ada Tanda Akan Melahirkan?

3. Menyikat Kamar Mandi

Cairan pembersih lantai dan toilet biasanya mengandung bahan kimia yang keras. Uap dari cairan pembersih tadi dianggap ebrbahaya bagi bayi. Sementara itu, ibu hamil juga lebih sensitif terhadap aroma tajam yang keluar dari cairan pembersih.

4. Mencuci Baju

Sabun untuk mencuci baju juga mengandung bahan kimia yang cukup keras bagi ibu hamil. Belum lagi gerakan seperti membungkuk dan membawa keranjang cucian bisa membuat ibu hamil berisiko terjatuh dan kehilangan kesimbangan.

5. Membersihkan Tirai

Pekerjaan rumah tangga yang satu ini membutuhkan kamu untuk menaiki tangga atau benda lainnya untuk menjangkau tirai. Dikhawatirkan hal ini bisa membuatmu terjatuh.

 

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono