If you have never been hated by your child, you have never been a parent.
Bette Davis

Yuk, Redakan Migrain Dengan 7 Obat Alami Ini

author
Ratih Sukma Pertiwi
Sabtu, 21 Desember 2019 | 12:00 WIB
Migrain bisa diatasi dengan beberapa bahan alami yang ada di rumah. | SHUTTERSTOCK

Jangan terburu-buru minum obat sakit kepala saat migrain menyerang. Yuk, coba pengobatan alami yang bisa diperoleh dari dapur sendiri.

Migrain membuat aktivitas harian kamu pastinya terganggu. Saat migrain datang, biasanya diikuti rasa tidak nyaman di pencernaan, seperti kembung, mual, dan muntah.

Selain itu kepala terasa berdenyut dengan intensitas sedang hingga kuat di satu sisi atau kedua sisinya. Muncul juga ketegangan di sekitar area leher serta sensitivitas terhadap cahaya dan suara. Kondisi ini bisa berlangsung berhari-hari dan semakin parah.

Sebelum gejala migrain semakin parah, ada baiknya kamu mencoba beberapa obat alami yang mudah ditemui sehari-hari.

1.Minyak Lavender

Mengandung zat untuk membuat tubuh rileks, merdakan stres, ketegangan otot leher mengendur, dan tidur lebih nyenyak.

Teteskan minyak lavender dalam segelas air panas, lalu hirup aromanya perlahan. Bisa juga dengan mengoleskan minyak lavender ada dahi atau bahu, lalu pijat-pijat perlahan.

Baca juga: Migrain Tidak Sama Dengan Sakit Kepala Sebelah. Ini Bedanya

2.Jahe Merah

Kandungan gingerol dan kamfena pada jahe merah ampuh menghangatkan badan, mengurangi peradangan, dan meredakan sakit kepala.

Cuci bersih beberapa buah jahe merah lalu parut atau memarkan. Rebus dengan air secukupnya dan boleh tambahkan gula aren agar tidak terlalu pedas. Saring dan minum hangat-hangat.

3.Minyak Basil

Daun basil ternyata tidak hanya dipakai untuk memasak. Minyak dari daun basil juga memiliki efek menenangkan saraf dan otot.

4.Kopi/Teh

Kafein dapat mengurangi peradangan yang memicu munculnya migrain. Coba minum secangkir kopi hitam atau teh hangat tanpa pemanis.

Baca juga: Kapan Sebaiknya Minum Kopi?

5.Flaxseed

Superfood ini kaya antioksidan dan asam lemak omega-3 yang dapat mengurangi rasa sakit kepala. Taburkan flaxseed pada semangkuk sup krim dan nikmati selagi hangat.

Studi tentang migrain di Iranian Journal of Nursing and Midwifery Research menemukan orang yang jarang mengonsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega-3 akan lebih sering migrain ketimbang yang rutin mengonsumsi sumber asam lemak omega-3.

Selain flaxseed, sumber omega-3 terbaik juga ada pada ikan salmon, tuna, sarden, makarel, minyak zaitun, avokad, almond, kenari, kedelai.

Baca juga: Nggak Kalah Dari Chia Seed, Ini 7 Superfood Lokal Murah Kaya Manfaat

6.Pisang

Buah yang satu ini kaya potasium yang berfungsi meredakan nyeri, termasuk nyeri karena migrain. Selain itu, pisang memberikan energi tambahan bagi tubuh yang kelelahan dan stres.

7.Minyak Peppermint

Studi tahun 2010 di Shiraz University of Medical Sciences di Iran membuktikan minyak peppermint yang dioles ke dahi lebih efektif untuk meredakan nyeri dan mual akibat migrain ketimbang menggunakan obat migrain plasebo.

Penulis Ratih Sukma Pertiwi
Editor Ratih Sukma Pertiwi