The best way to make children good is to make them happy.
Oscar Wilde

Cek Kesehatan Pria dari 4 Warna Sperma

author
Ratih Sukma Pertiwi
Minggu, 29 Desember 2019 | 12:00 WIB
Warna sperma bisa menggambarkan kondisi kesehatan reproduksi pasangan. | SHUTTERSTOCK

Tekstur, warna, serta bau sperma bisa menandakan kesehatan dan kesuburan pasangan.

Banyak faktor yang bisa memengaruhi kesehatan reproduksi dan kesuburan seorang pria, salah satunya adalah perubahan tekstur, warna, serta bau spermanya.

Memang perubahan-perubahan tersebut bisa saja terjadi, misalnya karena konsumsi makanan tertentu yang berbau kuat atau mengandung sulfur seperti bawang putih atau bawang bombay, obat-obatan tertentu, atau kondisi tubuh yang sedang tidak fit. Jika alasannya hal-hal tersebut, maka kualitas sperma akan berangsur membaik dengan sendirinya dalam waktu singkat.

Yang perlu jadi perhatian adalah jika perubahan warna, tekstur atau bau sperma berubah drastis dalam jangka waktu lama. Itu tandanya kamu harus mengajak pasangan untuk berkonsultasi ke dokter agar mendapat penanganan yang tepat.

Apa saja warna, tekstur, serta bau sperma yang bisa menandakan kesehatan dan kesuburan pasangan?

1.Putih atau Abu-abu Terang

Sperma dalam warna kisaran putih hingga abu-abu terang, dengan tekstur kental lalu mencair, menunjukkan kondisi kesuburan dan kesehatan yang normal.

2.Kuning

Kemungkinan terjadi infeksi prostat, apalagi jika dibarengi adanya bau busuk yang menunjukkan kandungan urine di dalamnya. Biasakan buang air kecil sebelum berhubungan intim.

Ada juga kemungkinan mengalami leukocytospermia, yaitu kondisi sel darah putihnya tinggi sehingga sperma menguning karena infeksi.

Penyakit kuning membuat hati mengalami kesulitan memecah bilirubin. Bisa berefek juga pada sperma yang berwarna kuning. Segera dapatkan pengobatan yang tepat agar tidak mengganggu kesuburan.

Namun jika warna kuningnya pekat dan tidak berbau, bisa jadi karena ejakulasi terlalu cepat atau justru sperma sudah lama tidak keluar.

Baca juga: 9 Nutrisi Untuk Sperma

3.Merah Muda atau Cokelat

Jika sperma berwarna merah muda atau cokelat, berbau, teksturnya terlalu berair atau lengket, kemungkinan terjadi peradangan di bagian prostat.

Bisa juga terjadi perdarahan karena menderita penyakit menular seksual (PMS), seperti herpes, klamidia, gonore.

Baca juga: Cara Alami Tingkatkan Jumlah dan Kualitas Sperma

4.Cokelat Kehitaman

Disebabkan adanya darah tua yang sudah lama di dalam tubuh atau hematospermia. Penyebabnya antara lain mengalami cedera sumsum tulang belakang atau paparan logam berat seperti mangan dan timbal dalam darah.

 

Selain perubahan warna, tekstur, dan bau sperma yang perlu diwaspadai adalah gejala yang muncul dalam periode perubahan tersebut. Di antaranya, demam, nyeri, gatal, darah dalam urine, serta disfungsi seksual.

Jika terjadi gejala-gejala tersebut, jangan tunda lagi untuk memeriksakan ke dokter.

Penulis Ratih Sukma Pertiwi
Editor Ratih Sukma Pertiwi