I don't believe in luck. It's persistence, hard work, and not forgetting your dream.
Janet Jackson

6 Perayaan Unik Natal di Berbagai Negara

author
Isna Triyono
Senin, 23 Desember 2019 | 14:00 WIB
|

Hari Natal menjadi hari yang ditunggu-tunggu banyak orang di seluruh dunia.

Di momen ini, bukan saja mereka akan merasakan kebersamaan hangat bersama keluarga tetapi juga merayakannya dengan tradisi-tradisi unik.

Berikut ini beberapa tradisi unik di berbagai negara saat merayakan hari Natal.

1. Finlandia

Jika di kebanyakan negara, Hari Natal identik dengan keramaian pusat perbelanjaan, di Finlandia justru berbeda. Saat Natal mereka akan mengenang nenek moyang yang sudah meninggal dengan meletakkan lampu dan lilin-lilin kecil di atas makam.

Baca juga: 3 Zodiak yang Susah Memaafkan dan Jadi Pendendam

2. Ukraina

Masyarakat Ukraina menghiasi pohon Natal dengan ornament sarang laba-laba yang dibuat dari benang halus. Hal ini tak lepas dari cerita raykat yang mereka percaya, yaitu seorang gadis miskin yang tak punya uang untuk mendekorasi rumahnya saat Natal.

Namun saat Natal di pagi hari, ia melihat cahaya sinar matahari masuk melalui celah sarang laba-laba yang berubah menjadi emas. Sejak saat itu, sarang laba-laba dipercaya sebagai pembawa keberuntungan saat Natal.

3. Polandia

Masyarakat Polandia menghabiskan malam Natal dnegan menonton film Home Alone sambil menyantap ikan hias sebagai hidangan utama.

Beberapa hari sebelumnya, mereka membeli ikan hias hidup untuk kemudian dipelihara di dalam bak mandi mereka. Masyarakat percaya sisik ikan hias akan membawa keberuntungan.

Baca juga: Biar Sehat, Ini Olahraga Menurut Zodiak!

4. India

Masyarakat India merayakan malam Natal seperti warga lainnya di dunia. Tapi kamu tidak akan menemukan pohon cemara di sudut rumah sebagai pohon Natal.

Ya, karena orang India menggunakan pohon pisang atau pohon mangga sebagai pohon Natal. Mereka menghias pohon pisang dan mangga itu dengan ornament-ornamen Natal lainnya.

5. Jepang

Masyarakat Jepang selalu menyantap ayam goreng KFC saat malam Natal. Tradisi ini sudah terjadi sejak tahun 1970an. Mereka bahkan rela antre berjam-jam demi membeli ayam goreng KFC untuk makan malam.

Bahkan saat Natal, pihak KFC bisa menjual 5 kali lipat dari penjualan di hari biasa.

6. Norwegia

Masyarakat Norwegia percaya saat malam Natal, penyihir akan keluar dan berkeliaran di area pemukiman warga. Sehingga menjelang malam Natal, mereka akan menyembunyikan sapu sebelum tidur. Tujuannya agar penyihir tak bisa berkeliaran karena tidak bisa menunggang sapu lidi.

 

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono