I finally realized that being grateful to my body was key to giving more love to myself.
Oprah Winfrey

Tiba-tiba Pingsan, 6 Kondisi Ini Bisa Jadi Penyebabnya

author
Ratih Sukma Pertiwi
Kamis, 19 Desember 2019 | 12:00 WIB
Tiba-tiba pingsan bisa disebabkan beragam hal, termasuk kelelahan dan dehidrasi. | SHUTTERSTOCK

Kamu pernah mengalami tiba-tiba pingsan padahal sebelumnya tidak mengalami keluhan apa-apa? Bisa jadi salah satu hal ini penyebabnya.

Tiba-tiba pingsan atau kehilangan kesadaran sesaat bisa disebabkan oleh beragam hal. Menurut Lawrence Phillips, M.D., dari divisi kardiologi New York University Langone Medical Center, pingsan mendadak bisa disebabkan dari berbagai bagian tubuh, termasuk tekanan darah turun, detak jantung turun, atau karena alasan neurologis terlepas dari jantung.

Kondisi tiba-tiba pingsan sangat berbahaya karena menjadi pertanda seseorang mengalami masalah kesehatan serius. Sayangnya, terkadang orang tidak peka dengan sinyal-sinyal yang diberikan tubuh sebelumnya.

“Misalnya, ketika tekanan darah menurun, pasti kita merasa pusing dan ruangan seakan berputar. Jika merasa seperti ini, jangan diabaikan,” tutur Phillips.

Apa saja kondisi yang menyebabkan seseorang bisa tiba-tiba pingsan?

1.Berdiri Mendadak

Saat mendadak bangun atau berdiri dari posisi duduk, tiba-tiba kepala terasa ringan, penglihatan melihat bintik hitam, lalu tiba-tiba pingsan. Kondisi ini bisa berarti kamu mengalami tekanan darah berubah mendadak saat berdiri (ortostatik).

2.Dehidrasi Karena Kepanasan

Suhu panas membuat tubuh mengeluarkan banyak keringat, dehidrasi, merasa pusing, akhirnya pingsan. Suhu panas juga memicu sistem saraf yang menyebabkan tekanan darah turun.

Hindari dengan memperbanyak minum air putih dan berbaring tenang menggunakan pakaian nyaman agar suplai darah dan oksigen ke otak dan jantung lancar.

Baca juga: Memilih Air Minum Kemasan Yang Sehat

3.Terkejut

Saat terkejut sistem saraf menjadi overdrive. Tekanan darah turun tiba-tiba, muncul seperti kilatan cahaya di kepala, mual lalu jatuh pingsan. Makanya jangan sembarangan memberi kejutan, ya.

4.Lupa Makan Siang

Lapar membuat gula darah rendah dan otak tidak mendapatkan bahan bakar alias glukosa yang dibutuhkannya. Alhasil, tubuh menjadi lemas, kepala berputar, dan akhirnya pingsan.

Baca juga: Hati-Hati, Gaya Rambut Kuncir Kuda Bisa Bikin Sakit Kepala

5.Kelelahan

Saat sedang kelelahan, irama jantung menjadi tidak teratur (aritmia) sehingga memengaruhi suplai aliran darah ke otak. Hati-hati, jangan sepelekan pingsan seperti ini karena bisa menyebabkan kematian mendadak.

6.Obat-Obatan

Obat penghilang rasa sakit, obat anti-kecemasan, dan obat-obatan tertentu lainnya bisa menyebabkan pusing, memengaruhi otak, memperlambat denyut nadi, serta menurunkan tekanan darah.

 

Jadi jangan sepelekan sinyal-sinyal yang diberikan tubuh, ya. Saat merasa pusing seakan berputar, tubuh sangat lelah, atau merasa kepanasan, segera beristirahat dan cari bantuan yang tepat.

 

Penulis Ratih Sukma Pertiwi
Editor Ratih Sukma Pertiwi