You are beautiful because you let yourself feel, and that is a brave thing indeed.
Shinji Moon

Jangan Anggap Sepele, 5 Hal Ini Bikin Tangan Cepat Keriput

author
Ratih Sukma Pertiwi
Senin, 16 Desember 2019 | 12:00 WIB
Beberapa hal yang dianggap sepele ternyata bisa membuat kulit tangan cepat keriput. | SHUTTERSTOCK

Jangan hanya fokus merawat kulit wajah, kulit tangan pun butuh perawatan supaya nggak cepat keriput. Dan, ternyata ada beberapa hal yang tanpa kita sadari bisa membuat kulit tangan cepat keriput.

Kulit di sekitar jari-jari dan punggung tangan mulai keriput padahal usia masih muda? Bisa jadi kulit tangan kamu mengalami premature aging. Kathleen Judge, MD, dermatologis asal Orlando mengatakan, “Kulit tangan adalah organ paling terekspos saat beraktivitas sehari-hari, namun sering terlupakan sehingga rentan mengelupas, kering, keriput.”

Ada beberapa hal umum yang tanpa kita sadari bisa membuat kulit tangan cepat keriput.

Dehidrasi

Kekurangan cairan bisa bikin kulit tangan cepat keriput. Cukupi air putih 1,5-2 liter per hari agar kulit tetap lembap.

Konsumsi sayur dan buah yang banyak mengandung air dan kaya vitamin antiosidan, seperti semangka, jeruk, stroberi, kiwi, brokoli.

Baca juga: 4 Trik Makeup Sembunyikan Keriput

Sinar Matahari

Sinar matahari dapat merusak fungsi kolagen sehingga kulit kering, keriput, dan berkerut. Oleskan hand cream ber-SPF setiap 2 jam atau selesai mencuci tangan.

Pada malam hari, gunakan krim yang mengandung ceramide, retinoid atau AHA (Alpha Hydroxyacid) yang membantu memperbaiki tekstur dan warna kulit. Seminggu sekali lakukan peeling Vitamin C untuk mengurangi hiperpigmentasi.

Sabun

Terlalu sering terkena sabun dapat merusak barrier di kulit tangan. Kulit tangan pun cepat keriput. Gunakanlah sabun yang bersifat anti-iritasi dan oleskan hand cream setelah mencuci tangan. Atau, bisa juga mengggunakan sarung tangan lateks saat mencuci piring.

Baca juga: Wajah Cerah & Bebas Keriput Dengan Masker Stroberi

Obat-obatan Tertentu

Pil hormonal dan antibiotik tertentu ternyata memberikan efek samping kulit kering, meningkatkan sensitivitas terhadap cahaya matahari (photosensitivity), serta membuat lapisan kulit tangan lebih tipis.

Diet Ketat

Diet ketat membaut tubuh menjadi kekurangan vitamin dan mineral. Kulit pun kekurangan nutrisi yang membuatnya cepat kusam, berkerut, dan keriput.

Yuk, rawat kulit tangan agar tidak cepat keriput. Jangan hanya fokus pada kulit wajah, ya.

 

 

 

 

Penulis Ratih Sukma Pertiwi
Editor Ratih Sukma Pertiwi