When I come home, my daughter will run to the door and give me a big hug, and everything that’s happened that day just melts away.
Hugh Jackman

Usir Bad Mood Dengan 7 Makanan Ini, yuk!

author
Ratih Sukma Pertiwi
Rabu, 1 Januari 2020 | 12:00 WIB
Cokelat | Shutterstock

 

A chocolate a day keeps bad moods away!

Pernah mendengar ungkapan tersebut? Ternyata memang bukan semata ungkapan, lho. Mengonsumsi cokelat dan beberapa makanan berikut ini bisa membuat perasaan lebih tenang.

1.Dark Cokelat

Mengandung antioksidan dan senyawa n-acylethanolamine yang menstimulasi otak untuk melepas hormon endorfin. Efeknya, mood membaik dan tubuh lebih berenergi.

2.Es Krim

Kandungan gula bisa membuat kadar glukosa dalam darah cepat naik dan mensuplai energi untuk otak. Alhasil kinerja otak meningkat dan mood pun ikut membaik.

3.Susu

Segelas susu membuat tubuh lebih rileks karena kandungan protein laktiumnya. Sedangkan komponen triptofan-nya memicu produksi serotonin si hormon bahagia.

Baca juga: Stress Eating, Begini Cara Mencegahnya

4.Kopi dan Teh

Kafein pada kopi dan teh bisa menstimulasi sistem saraf dan membuat aliran darah ke otak lebih lancar. Disarankan mengonsumsi kopi atau the 1-3 cangkir sehari karena kelebihan kafein justru bisa menimbulkan kesulitan konsentrasi.

Salmon | SHUTTERSTOCK

5.Salmon

Saat mood menurun, hormon kecemasan seperti adrenalin dan kortisol bisa muncul. Nah, asam lemak omega-3 pada salmon mengandung zat antiperadangan yang memperbaiki selubung sel-sel saraf dan mengurangi stres.

Baca juga: Agar Lebih Bersemangat, Santap 5 Makanan Ini Sebagai Mood Booster

6.Sayuran Hijau

Sayuran berdaun hijau mengandung asam folat yang memproduksi dopamin, senyawa kimia di otak yang membuat kita merasa tenang sehingga jauh dari stres dan depresi.

7.Jahe Merah

Kaya antioksidan dan gingerol yang membantu mendetoks tubuh dari segala racun kimia berbahaya. Tubuh pun terasa lebih segar dan rileks.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Penulis Ratih Sukma Pertiwi
Editor Ratih Sukma Pertiwi