When I get up and work out, I’m working out just as much for my girls as I am for me, because I want them to see a mother who loves them dearly, who invests in them, but who also invests in herself. It’s just as much about letting them know as young women that it is OK to put yourself a little higher on your priority list.
Michelle Obama

Agar Lebih Bersemangat, Santap 5 Makanan Ini Sebagai Mood Booster

author
Isna Triyono
Senin, 30 September 2019 | 12:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

Jangan sampai mood yang sedang tidak bagus merusak hari kamu. Agar lebih semangat, yuk santap makanan pembangkit mood booster berikut ini!

 

Merasa lesu dan enggak bersemangat? Hari yang kita lalui memang tidak selamanya mudah dan menyenangkan. Ada kalanya kejadian kecil bisa merusak mood kita seharian.

Jangan didiamkan, segeralah cari penyebab dan solusinya. Masalah yang didiamkan berlarut-larut membuat produktivitas kita menurun, kesehatan pun bisa terganggu.

Salah satu cara mudah untuk mengembalikan semangat adalah dengan mengonsumsi makanan-makanan mood booster. Disebut demikian karena makanan-makanan ini mengandung sejumlah nutrisi yang bisa membuat kamu lebih rileks, menyeimbangkan hormon, memperbaiki peredaran darah, dan lainnya yang semuanya itu bisa memperbaiki mood.

Penasaran apa saja makanan mood booster tersebut? Berikut ini 5 di antaranya yang bisa kamu coba.

 

1.Daging Sapi

Daging sapi kaya nutrisi, terutama zat besi yang membantu melancarkan metabolisme tubuh, pembentukan sel darah merah, meningkatkan konsentrasi, daya ingat serta imunitas. Dalam 100 gram daging sapi terkandung 2,6 mg zat besi. Kekurangan zat besi membuat tubuh lemas, mood kurang baik, stres dan mudah lelah karena kurang darah (anemia).

Selain zat besi, asam lemak omega-3 pada daging sapi menjaga kesehatan mental, mencegah depresi serta memperbaiki mood. Dalam 100 gram daging sapi terkandung 20 gram asam lemak omega 3. Belum lagi sejumlah mikronutrien yang tak kalah penting, seperti natrium, kalium, selenium, seng, vitamin B6, B12 dan D, magnesium, serta kalsium.

| SHUTTERSTOCK

Untuk memenuhi kebutuhan gizi pada daging, sebaiknya konsumsi daging sapi 3-4 kali seminggu dengan porsi 100 gram per tiap kali makan atau sebesar telapak tangan.

 

Baca juga: Daging Merah Cegah Depresi Pada Perempuan

 

Tentu untuk mendapatkan hasil optimal, kita pun harus memastikan daging sapi yang dikonsumsi berkualitas terbaik. Misalnya, daging sapi Australia. Pernah mengonsumsinya? Pasti sangat nikmat karena dagingnya terasa empuk dan juicy meski hanya sebentar diolah.

Hal ini disebabkan daging sapi Australia mendapatkan pemeliharaan yang baik. Misalnya, perawatan dan makanan berkualitas, yaitu biji-bijian serta rumput hijau pilihan. Dengan begitu, ternak menjadi tidak stres dan tekstur dagingnya pun lebih empuk.

 

Baca juga: Bikin Menu Daging Sapi Buat Keluarga, Cek 5 Tips Tepat Mengolahnya

 

2.Cokelat

Sudah banyak yang merasakan manfaat cokelat sebagai mood booster. Ketika sedang sedih atau stres, memakan cokelat bisa membuat kita lebih happy dan bersemangat. Bagaimana bisa?

| SHUTTERSTOCK

Cokelat meningkatkan kadar glukosa yang menjadi suplai energi bagi otak. Hasilnya, kita menjadi lebih semangat dan mood membaik. Cokelat juga mengandung kafein yang bisa menstimulasi sistem syaraf sehingga aliran darah menuju otak dan bagian tubuh lain lebih lancar.

 

3.Bayam

Bayam tinggi akan kandungan zat besi, asam folat, vitamin B3, B6, dan B12 serta antioksidan. Mengonsumsi bayam bukan saja bisa menjaga suasana hati, tetapi juga menghalau radikal bebas yang menyebabkan kerusakan organ tubuh.

 

4.Avokad

Avokad enak dibuat salad, jus, es buah, cake ataupun dimakan langsung. Bukan cuma enak, avokad juga ternyata menyehatkan, lo.  

Kandungan asam folat dan antioksidan yang tinggi bisa membantu memberikan energi yang dibutuhkan oleh tubuh serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Karenanya avokad sangat cocok dikonsumsi sebagai makanan tambahan ketika mood sedang buruk.

 

Baca juga: 8 Nutrisi Untuk Meningkatkan Kecerdasan Anak

 

5.Kopi

Kandungan kafein dalam kopi dipercaya ampuh bisa menjadi mood booster. Mengonsumsi kopi dipercaya bisa meningkatkan dopamine dan serotonin, zat kimia dalam tubuh yang bisa melawan emosi negatif. Karena itu, satu gelas kopi cocok diminum ketika suasana hati sedang buruk. 

 

Baca juga: Kapan Sebaiknya Minum Kopi?

 

| SHUTTTERSTOCK

 

Kalau kamu mau mencoba yang mana?

 

#dagingsapiaustralia

Penulis Isna Triyono
Editor Ratih Sukma Pertiwi