You have a lifetime to work, but children are only young once.
Polish Proverb

4 Olahraga Tingkatkan Performa Seks Pria, Ternyata Senam Kegel Juga!

author
Ratih Sukma Pertiwi
Rabu, 8 Januari 2020 | 12:00 WIB
Olahraga bisa membantu meningkatkan performa seks pria. | SHUTTERSTOCK

Yuk, segera ajak pasangan rajin berolahraga!

1.Senam Kegel

Senam kegel biasanya berguna bagi perempuan untuk mengencangkan otot-otot dasar panggul yang melemah usai kehamilan dan melahirkan sehingga mengganggu aktivitas seks. Otot dasar panggul adalah otot yang ada di tulang panggul dan berperan menahan organ-organ dalam panggul, yaitu rahim, kantong kemih, serta usus.

Namun ternyata senam kegel juga berguna bagi laki-laki. Senam kegel membantu menjaga kelenturan dan kekuatan otot panggul, serta mencegah disfungsi ereksi dan ejakulasi dini pada pria. Dengan ejakulasi sehat dan teratur dapat mengurangi risiko terjadinya kanker prostat.

Lakukan senam kegel dengan mengontraksikan otot dasar panggul seperti menahan buang air kecil sekitar 3-5 hitungan/detik, kemudian relaks. Ulangi sekitar 10 kali dalam satu set, dan lakukan 3 set dalam sehari.

Baca juga: 8 Gerakan Mudah Ini Bisa Tingkatkan Performa Seks

2.Yoga

Latihan yoga secara rutin menambah kekuatan dan kelenturan otot tubuh. Hal ini berpengaruh pada meningkatnya energi seksual dan libido, serta meredakan stres.

Selain itu, gerakan yoga bisa melatih pernapasan sehingga membuat lebih fokus. Nah, dalam Journal of Sexual Medicine disebutkan salah satu penyebab pria kurang dapat menikmati hubungan intim adalah karena tidak fokus. Hubungan seks pun terasa membosankan dan hambar.

Dengan rutin berlatih yoga pikiran lebih fokus, sirkulasi darah lebih lancar, otot panggul lebih lentur, dan pernapasan lebih baik sehingga tubuh mendapat banyak oksigen, termasuk ke area organ intim.

Baca juga: Ini Yang Terjadi Pada Tubuh Jika Rutin Berhubungan Seks 3-4 Kali Seminggu

3.Jogging

Jogging dapat meningkatkan energi, stamina, volume otot, membakar lemak, meningkatkan rasa percaya diri dan mood berhubungan seks. Aliran oksigen dan darah yang lancar ke seluruh tubuh, termasuk organ intim, akan membuat ereksi lebih kuat.

Daya tahan tubuh pria juga akan meningkat sehingga tidak mudah merasa lelah. Dalam berhubungan seks, hal ini membantu pasangan untuk mengeksplorasi berbagai posisi seks dan menemukan cara baru mencapai kenikmatan.

4.Bersepeda

Peneliti Diana Vaamonde, Ph. D. mengatakan, pria yang rutin melakukan olahraga ketahanan (endurance), seperti bersepeda atau berenang sebanyak 2-4 kali seminggu memiliki sperma yang berenang lebih cepat dibandingkan dengan pria yang jarang olahraga.

Olahraga ketahanan merangsang produksi hormon testosteron yang membantu produksi cairan mani dan sel sperma lebih sehat. Namun hindari melakukan olahraga ketahanan secara berlebihan karena justru menurunkan kualitas sperma. Kerja hormon testosteron bisa terganggu jika tubuh terus mengalami kelelahan.

 

 

Penulis Ratih Sukma Pertiwi
Editor Ratih Sukma Pertiwi