I think a lot about teaching my kids to work hard. I’ve learned something about kids ? they don’t do what you say; they do what you do.
Jennifer Lopez

5 Menu Ini Bikin Bumil Kuat & Berenergi Saat Mulai Kontraksi

author
Ratih Sukma Pertiwi
Jumat, 17 Januari 2020 | 12:00 WIB
Sebelum proses persalinan wajib mengisi perut dengan makanan bergizi. | SHUTTERSTOCK

Bukan cuma tas perlengkapan yang harus dipersiapkan untuk dibawa ke rumah sakit saat tanda-tanda melahirkan mulai muncul. Tubuh bumil juga butuh asupan berenergi agar siap menghadapi persalinan. Menu apa yang kira-kira cocok dikonsumsi saat mulai kontraksi, ya? 

Dikutip dari Healthline tubuh bumil harus dalam kondisi fit dan berenergi saat menghadapi persalinan. Bahkan dalam sebuah riset dikatakan kebutuhan kalori dan energi perempuan dalam proses persalinan sama dengan kebutuhan pelari maraton profesional.

Sayangnya hal ini kadang luput dari perhatian karena calon orang tua, terutama orang tua baru, lebih sibuk memikirkan baju apa yang harus dibawa, teknik pernapasan dan mengejan yang tepat, inisiasi menyusui dini, dan sebagainya.

Maka sebaiknya sebelum berangkat ke rumah sakit, bumil mengonsumsi makanan sehat dan bergizi. Dibawa sebagai bekal juga boleh, sambil menunggu proses persalinan yang bisa memakan waktu berjam-jam.

Nah, ingin tahu makanan apa saja yang disarankan pakar gizi untuk dikonsumsi bumil saat mulai kontraksi? Yang pasti bergizi seimbang, enak, mudah dicerna, tidak bikin kembung. Menjelang due date persiapkan, yuk, bahan-bahannya di lemari es.

1.Sandwich Pisang Selai Kacang

Mudah dibuat dan nutrisinya cukup lengkap. Karbohidrat dari roti dan pisang memberi energi, dan selai kacang mengandung protein yang membantu menjaga kadar gula darah.

2.Protein Oats (Proats)

Oatmeal menjadi bahan bakar kardio bagi bumil. Kombinasikan dengan irisan daging panggang tanpa lemak dan putih telur yang kaya protein serta memberi tekstur fluffy dan creamy.

Baca juga: Makanan Tinggi Asam Folat, Bagus Untuk Ibu Hamil

3.Ubi Jalar Panggang

Ubi jalar jadi makanan favorit para atlet karena kandungan karbohidrat, potasium, dan zat besi. Coba, deh, kamu bikin Mexican Loaded Sweet Potatoes.

Caranya, panggang potongan dada ayam, saus salsa, tomat ceri, irisan sayur serta ubi jalar yang sudah dibumbui bawang putih, daun coriander, garam, dan merica secukupnya. Nikmati dengan sour cream atau guacamole

Mexican Loaded Sweet Potatoes. Yum! | SHUTTERSTOCK

4.Shrimp Rice Bowl

Nasi yang mengandung karbohidrat dan udang yang kaya protein rendah lemak cocok untuk “amunisi” persalinan bumil. Campur dengan sayuran beku dan saus favorit kamu agar nutrisinya semakin lengkap.  

Baca juga: Membuat Spaghetti Tumis Udang Dalam 15 Menit Saja

5.Spageti Saus Daging

Pilih pasta dari gandum pilihan yang mengandung karbohidrat kompleks. Kombinasikan dengan saus Bolognese yang terbuat dari daging sapi tanpa lemak dan saus tomat.

Jenis saus Bolognese ini lebih ringan namun tetap berenergi ketimbang saus Alredo atau Cheese yang malah bisa bikin bumil eneg dan kembung.

 

Lima menu tadi boleh dicoba kalau suka, tetapi jika tidak pun kamu bisa mempersiapkan menu-menu lain yang memang cocok di lidah. Yang penting mengandung nutrisi lengkap dan nyaman di perut. Intinya, persiapkan tubuh bumil jangan sampai kehabisan energi saat proses persalinan.

 

 

Penulis Ratih Sukma Pertiwi
Editor Ratih Sukma Pertiwi