I think a lot about teaching my kids to work hard. I’ve learned something about kids ? they don’t do what you say; they do what you do.
Jennifer Lopez

6 Cara Redakan Sakit Gigi Pada Anak di Rumah

author
Ratih Sukma Pertiwi
Sabtu, 15 Februari 2020 | 12:00 WIB
Sakit gigi pada anak. | SHUTTERSTOCK

Orang dewasa saja tak tahan saat sedang sakit gigi, apalagi anak-anak. Terbayang betapa tersiksanya mereka. Bagaimana, ya, cara meredakan sakit gigi pada anak yang aman dan bisa dilakukan di rumah?

Siapa bilang sakit gigi tidak bisa terjadi pada anak-anak. Sakit gigi pada anak bisa disebabkan beragam hal, seperti gigi berlubang, gusi bengkak, atau mau tumbuh gigi.

Tanda-tandanya antara lain mengeluarkan banyak air liur, pembengkakan pada gusi di sekitar gigi yang sakit, bahkan jika parah bengkaknya bisa menjalar ke rahang dan leher, rasa berdenyut, pusing, abses gusi, nyeri telinga, sulitan menelan, kehingga demam.

Apa yang sebaiknya dilakukan orang tua untuk meredakan sakit gigi pada anak?

1.Kumur Air Garam

Campur satu gelas air hangat dan setengah sendok teh garam, aduk rata. Minta anak kumur-kumur selama 30 detik, terutama kenai bagian gigi yang sakit, lalu buang. Lakukan beberapa kali sehari hingga sakit mereda.

2.Sikat Gigi

Sakit gigi kadang disebabkan oleh sisa-sisa makanan yang menumpuk, terutama pada tempat yang sulit terjangkau untuk dibersihkan.

Maka gunakan sikat gigi kecil berbulu halus dan pasta gigi, lalu sikat perlahan bagian gigi yang sakit.

 

Baca juga: Si Kecil Takut Ke Dokter Gigi? Ini Solusinya

Biasakan sikat gigi dua kali sehari untuk mencegah sakit gigi. | SHUTTERSTOCK

 

3.Benang Gigi

Gunakan benang gigi (dental floss) untuk membersihkan sela-sela gigi anak. Kotoran di sela-sela gigi bisa menyebabkan sakit gigi dan penumpukan karang gigi.

4.Kompres Dingin

Bungkus beberapa cube es batu dengan handuk, lalu tempelkan pada bagian yang sakit.

 

Baca juga: Selain Membatasi Makanan Manis, Ini Cara Menghindari Kerusakan Gigi Pada Bayi

 

5.Minyak Alami

Bagi anak yang sudah agak besar Bunda bisa mengunakan obat dari minyak alami, yaitu 2 tetes minyak cengkih yang dicampur 1 sendok teh minyak kelapa. Oles dengan kapas pada bagian gigi yang sakit.

6.Obat Pereda Nyeri

Untuk meredakan nyeri dan demam akibat sakit gigi, Bunda bisa memberikan obat pereda nyeri yang dijual bebas dan aman untuk anak, seperti paracetamol. Baca aturan pakai dan gunakan dosis sesuai anjuran.  

Hindari obat nyeri sakit gigi yang mengandung benzocaine untuk anak usia di bawah 2 tahun dan obat aspirin untuk anak hingga remaja.

 

Nah, Bunda, jika cara-cara tadi belum juga meredakan sakit gigi anak, segeralah bawa anak ke dokter gigi.

Jangan lupa untuk selalu mengajak anak merawat gigi dengan rajin sikat gigi dua kali sehari.

 

 

 

 

 

 

Penulis Ratih Sukma Pertiwi
Editor Ratih Sukma Pertiwi