You have a lifetime to work, but children are only young once.
Polish Proverb

Bunda, Begini Cara Sukses Menyusui Sesuai Bentuk Puting

author
Ratih Sukma Pertiwi
Rabu, 4 Maret 2020 | 16:23 WIB
Dengan stimulasi, teknik serta posisi pelekatan yang tepat, menyusui dengan puting datar pun bisa di | SHUTTERSTOCK

Apapun bentuk puting payudara bunda, bayi tetap bisa menyusu asal bunda melakukan dengan cara yang tepat.

Puting Datar

Disebut puting datar karena bentuknya rata dan sejajar areola. Kondisi ini membuat bayi sulit menyusui.

Untuk menstimuli puting, sebelum menyusui cobalah gunakan pompa payudara. Gerakan menghisap dari pompa dapat menarik puting keluar, payudara juga lebih melunak sehingga ASI keluar lebih mudah.

Cara lainnya, sebelum mulai menyusui pijat perlahan kedua puting. Kemudian letakkan jari jempol dan telunjuk membentuk huruf V pada puting, lalu arahkan perlahan ke mulut bayi.

 

Baca juga: Jangan Khawatir Bunda, Ini 7 Tips Sukses Menyusui Dengan Puting Datar

 

Puting Tenggelam

Bentuk puting tenggelam seakan melesak ke dalam areola. Dibanding bentuk puting datar, bentuk puting tenggelam lebih menyulitkan bayi untuk menyusu.

Namun, jangan patah semangat, Bunda. Tetap berusahalah menyusui bayi agar payudara tidak bengkak dan saluran susu malah bisa tersumbat.

Caranya, Bunda bisa melakukan tips-tips menyusui seperti pada kasus puting rata, yaitu dengan memompa payudara atau memijat puting perlahan sambil menarik puting keluar sebelum menyusui.

Selain itu, Bunda bisa mencoba mengompres area areola dan puting dengan air hangat sebelum menyusui sehingga payudara lebih lunak dan bayi mudah menyusu.

Bisa juga Bunda melatih bentuk puting setiap harinya sebelum dan setelah menyusui dengan menggunakan alat penarik puting, seperti nipple puller atau nipple suction.

 

Baca juga: 6 Cara Redakan Puting Lecet Karena Menyusui

 

Puting Besar

Mulut bayi yang kecil, terlebih bayi prematur, biasanya kesulitan menampung bentuk puting yang terlalu besar. Risikonya, bayi kekurangan asupan ASI atau khawatir akan tersedak.

Siasati bentuk puting besar dengan cara mengurangi volume ASI sebelum mulai menyusui. Bunda bisa memompa ASI dulu sekitar 2-3 menit sehingga payudara lebih lunak dan puting lebih memipih.

Bisa juga dengan melakukan posisi menyusui football hold. Caranya, duduk nyaman dan letakkan bantal di depan badan. Letakkan bayi di atas bantal, dengan bagian kepala bayi di samping lengan seperti posisi memegang bola. Tinggikan kepala bayi sedikit dan arahkan perlahan ke puting. Dengan cara seperti ini, Bunda bisa mengatur posisi bayi selama menyusui tanpa khawatir akan tersedak.

 

Tetap semangat menyusui demi kebaikan si kecil, Bunda!

 

Penulis Ratih Sukma Pertiwi
Editor Ratih Sukma Pertiwi