The best way to make children good is to make them happy.
Oscar Wilde

6 Cara Redakan Puting Lecet Karena Menyusui

author
Isna Triyono
Rabu, 4 September 2019 | 16:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Puting lecet karena menyusui hampir dialami oleh semua ibu, terutama yang baru menjadi ibu.

Penyebab yang paling umum puting lecet adalah karena posisi perlekatan mulut bayi dan payudara ibu kurang tepat. Namun faktor lain juga bisa menyebabkan puting lecet, misalnya infeksi jamur atau bakteri.

Saat puting lecet, sebaiknya ibu tetap menyusui bayinya karena bisa meredakan lecet dan tidak ada efek bahaya bagi bayi.

Jika kamu mengalami puting lecet karena menyusui, berikut ini yang bisa kamu lakukan agar meringankan lecet.

Baca juga: Bisa Mempengaruhi Cara Persalinan, Ini Posisi Janin Dalam Kandungan

1. Oleskan ASI

ASI mengandung antibodi dan pelembap alami. Saat bayi selesai menyusui, oleskan beberapa tetes ASI pada puting dan daerah areola untuk meredakan lecet dan kekeringan.

2. Gunakan Bra Berbahan Katun

Pastikan kamu menggunakan bra berbahan katun untuk menjaga sirkulasi udara di sekitar payudara. Kondisi yang lembap bisa semakin memperparah lecet pada puting.

3. Kompres Es

Rasa dingin dari es bisa menenangkan daerah puting yang lecet. Bungkus es batu dengan kasin tipis lalu tempelkan di daerah puting yang lecet. Lakukan selama beberapa kali dalam sehari.

4. Biarkan ‘Bernapas’

Kamu tidak harus seharian penuh menggunakan bra. Lepas bra sesekali agar memberi ruang baginya untuk ‘bernapas’ dan pastikan puting benar-benar kering sebelum mengenakan bra kembali.

Baca juga: Do’s and Don’ts Merawat Vagina Setelah Melahirkan

5. Losion Khusus

Terkadang lecet juga bisa disebabkan daerah areola kering. Kamu bisa minta saran dokter untuk memakai losion khusus untuk puting.

6. Jangan Gunakan Sabun

Payudara harus selalu dijaga kebersihannya. Namun pastikan kamu menghindari penggunaan sabun untuk sekitar daerah payudara.

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono