When I get up and work out, I’m working out just as much for my girls as I am for me, because I want them to see a mother who loves them dearly, who invests in them, but who also invests in herself. It’s just as much about letting them know as young women that it is OK to put yourself a little higher on your priority list.
Michelle Obama

7 Makanan Ini Ternyata Picu Bau Badan

author
Ratih Sukma Pertiwi
Jumat, 13 Maret 2020 | 17:00 WIB
Makanan tertentu bisa memicu bau badan. | SHUTTERSTOCK

 

Ternyata ada beberapa jenis makanan yang sering kita konsumsi bisa memicu bau badan. Apa saja?

 

1.Gorengan

Bukan cuma bikin berat badan cepat naik dan tenggorokan sakit, gorengan ternyata bisa memicu bau badan, termasuk bau mulut dan bau ketiak. Pasalnya gorengan tinggi lemak yang bisa mengganggu proses pencernaan dan menimbulkan bau badan.

 

2.Bawang

Bawang-bawangan, termasuk bawang putih, bawang merah, bawang bombai sering digunakan untuk memberi keharuman pada masakan. Sayangnya, tidak demikian efeknya pada tubuh saat dikonsumsi.

Bawang bombai dan bawang merah mengandung minyak yang terserap ke dalam aliran darah dan melalui sistem pernapasan sehingga menimbulkan bau mulut. 

Sedangkan bawang putih mengandung senyawa alicin yang bisa memicu bakteri yang ketika bercampur keringat menimbulkan bau badan. 

Bawang bisa memicu bau badan. | SHUTTERSTOCK

 

3.Susu dan Produk Turunannya

Susu dan produk turunannya, seperti yoghurt dan keju, mengandung protein tinggi yang sulit dipecah oleh tubuh. Hal ini menimbulkan produksi hidrogen sulfida dan metil perkaptan yang menimbulkan bau badan. 

 

Baca juga: 8 Makanan Yang Kandungan Kalsiumnya Lebih Banyak Daripada Susu

 

4.Junk Food

Junk food tinggi gula, garam, serta minyak yang mengandung lemak jenuh berkolesterol tinggi. Kandungan tersebut kurang baik bagi pencernaan dan menimbulkan bau badan. 

 

Baca juga: Pakai Deodorant Tetap Bau Badan? Mungkin Kamu Melakukan 4 Kesalahan Ini

 

5.Daging Merah

Protein tinggi pada daging merah, termasuk daging sapi, daging kambing, daging domba, daging kuda, termasuk sulit dicerna tubuh. Akibatnya, memicu keringat berlebih dan bau badan tak sedap.

Daging merah kaya protein yang membantu tubuh tetap fit | SHUTTERSTOCK

 

6.Sayuran Bersulfur

Di antaranya kol, kembang kol, brokoli, asparagus bisa memicu bau badan karena urine bercampur dengan sulfur dalam pencernaan. Selain itu jika terlalu banyak mengonsumsi sayuran ini perut terasa kembung dan sering buang angin. 

 

Baa juga: 6 Bau Badan Yang Tak Boleh Dianggap Sepele

 

7.Kafein

Minuman dan makanan yang mengandung kafein seperti teh, kopi, dark chocolate, protein bar dan es krim, memicu sistem saraf pusat sehingga kelenjar keringat lebih aktif dan memicu bau badan. 

 

Baca juga: Dilema Kafein Kopi

 

Teh | SHUTTERSTOCK

 

Jadi apakah sebaiknya kita menghindari tujuh jenis makanan tadi? Tentu saja tidak perlu menghindari karena nutrisi makanan dan minuman tersebut ada yang dibutuhkan tubuh. Kuncinya, cukup membatasi konsumsinya.

 

Baca juga:  Kentut Berbau Tajam, Ini 6 Penyebabnya

 

Siasati juga dengan banyak minum air putih setelah mengonsumsi makanan dan minuman tadi agar pencernaan lebih lancar dan kamu terhindar dari bau badan. 

Selain itu, coba imbangi konsumsi makanan tersebut dengan sayuran berdaun hijau, seperti bayam dan kale, yang ternyata mengandung senyawa chlorophyllin yang memiliki fungsi sebagai deodoran pencegah bau badan. 

 

 

 

Coba, yuk!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Penulis Ratih Sukma Pertiwi
Editor Ratih Sukma Pertiwi