Giving up doesn’t always mean you’re weak. Sometimes you’re just strong enough to let go.
Taylor Swift

10 Hal Ini Diwariskan Bunda Pada Si Kecil

author
Ratih Sukma Pertiwi
Selasa, 24 Maret 2020 | 17:00 WIB
Kecerdasan diturunkan ibu kepada anak. | SHUTTERSTOCK

 

Sifat dan ciri fisik seorang anak diturunkan dari kedua orang tuanya. Apa saja yang diturunkan dari bunda, ya?

1.Kecerdasan

Penelitian menemukan gen kecerdasan berada pada kromosom X. Bunda membawa 2 kromosom X dan ayah 1 kromosom X. Anak laki-laki mewarisi kecerdasan bundanya, sedangkan anak perempuan dari ayah dan bundanya.

Namun hanya 40 persen kecerdasan bunda yang turun kepada anak, selebihnya dipengaruhi faktor eksternal, seperti pengalaman serta latihan.

 

Baca juga: Kecerdasan Anak Diwariskan Dari Ibu, Ini Alasannya

 

2.Rambut

Warna dan jenis rambut bunda lebih dominan diturunkan kepada anak. Ada lebih dari 20 gen bunda yang berperan dalam pengendalian protein untuk pembentukan warna rambut dan jenis rambut anak.

3.Emosi

Ternyata emosi atau temperamen bunda menurun kepada anak, lo. Jadi coba ingat-ingat, apakah bunda termasuk tipe yang cepat emosi, jika iya wajar kalau si Kecil pun bersifat demikian. Meski begitu, lingkungan sekitar juga berperan dalam perkembangan emosi anak.

4.Kebiasaan Makan

Benar pendapat yang mengatakan konsumsi bunda selama kehamilan dan setelahnya berpengaruh pada selera makan anak kelak. Kebiasaan makan ternyata memang menurun dari gen bunda.

5.Pola Tidur

Pola dan gaya tidur bunda juga menurun ke anak. Misalnya, bunda punya kebiasaan sulit tidur, suka tidur siang, gaya tidur tenang, gaya tidur miring, dan sebagainya, semua itu diwariskan pada anak.

 

Baca juga: Kebutuhan Tidur Bayi Menurut Usia

 

6.Kemampuan Bermusik

Konon kemampuan bermusik bunda juga bisa menurun pada anak, meskipun dipengaruhi juga oleh minat dan kegigihan anak berlatih.

Kemampuan bermusik juga diwarisi dari ibu. | SHUTTERSTOCK

 

7.Buta Warna

Buta warna adalah ketidakmampuan seseorang untuk membedakan beberapa warna tertentu. Ternyata kemungkinan besar buta warna diwariskan oleh gen bunda pada anak laki-lakinya.

8.Kebiasaan Bicara dan Bergaul

Bunda yang aktif berbicara dan bergaul kemungkinan besar memiliki anak dengan sifat tersebut. Namun hal ini tidak berlaku 100 persen karena juga dipengaruhi oleh faktor lingkungan.

 

Baca juga: Parenting Case: Agar Anak Mau Bergaul Dengan Lingkungan Sekitar

 

9.Tangan Dominan

Jika bunda bertangan kidal, kemungkinan besar anak juga bertangan kidal.

10.Daya Ingat

Gen yang berkaitan dengan kemampuan mengingat pada Bunda akan menurun kepada anak. Bahkan dalam sebuah studi ditemukan, trauma parah pada Bunda pun bisa menurun pada anak karena gen ini.

 

Namun perlu dingat, ya, Bunda, semua warisan ini bisa tidak bersifat mutlak. Artinya bisa dipenguhi juga oleh lingkungan, kemampuan adaptasi anak, kegigihan berlatih, serta dukungan orang-orang terdekat. Yuk, terus dampingi dan gali potensi anak!

 

 

 

 

 

 

Penulis Ratih Sukma Pertiwi
Editor Ratih Sukma Pertiwi