I think the girl who is able to earn her own living and pay her own way should be as happy as anybody on earth. The sense of independence and security is very sweet.
Susan B. Anthony

Dalgona Hingga Latte, Cari Tahu Kandungan Kalori Kopi Kesukaanmu

author
Ratih Sukma Pertiwi
Sabtu, 11 April 2020 | 12:00 WIB
Kopi | SHUTTERSTOCK

 

Rasanya memang enak dan bikin ketagihan, tapi sudahkah kamu tahu berapa kandungan kalori kopi kesukaanmu?

 

1.Dalgona

Dalgona | SHUTTERSTOCK

Jenis kopi dari Korea yang lagi hits banget ini memang punya rasa dan tampilan menggoda. Krim kopi yang manis lembut dan susu cair yang segar… pasti nikmat menyeruputnya.

Namun ternyata menurut nutrition and fitness enthusiast Hans Christian, kandungan kalori dalgona coffee tinggi, lho. Dalam akun Instagramnya, Hans menyebut segelas dalgona coffee mengandung 306 kalori.

Jumlah kalori tersebut didapat dari 2 sdm kopi instan (88 kalori), 2 sdm gula pasir (96 kalori), 2 sdm air panas (0 kalori), dan 200 ml susu cair (122 kalori). Penghitungan kalori ini merupakan versi generic (tanpa brand) berdasarkan USDA.

Tapi jangan khawatir, kamu bisa membuat versi dalgona coffee yang lebih sehat dan rendah kalori dengan menyiasati bahan-bahannya.

Hans menyarankan untuk menggunakan 1 sdm kopi instan (44 kalori), 1 sdm gula (48 kalori), 1 sdm air panas, serta 200 ml susu cair low fat (84 kalori). Lumayan banyak memangkas kandungan kalori tapi tetap enak!

 

Baca juga: Suka Kopi Apa?

 

2.Espresso

Espresso | SHUTTERSTOCK

Menurut Fatsecret Indonesia, satu cangkir espresso hanya mengandung 4-5 kalori dan terbilang tinggi kafein, yaitu sekitar 100 mg kafein.

Cocok, nih, buat kamu yang sedang menjaga berat badan tetapi tetap ingin ngopi.

 

3.Latte

Latte | SHUTTERSTOCK

Suka memesan segelas latte di coffeshop langganan kamu? Ternyata kopi yang terbuat dari espresso dan susu, dengan perbandingan lebih banyak susunya (2 : 1) memiliki kandungan kalori lumayan tinggi.

Dalam segelas latte ukuran 16 fl.oz (sekitar 470 ml) terkandung 230 kalori jika menggunakan susu full cream dan 135 kalori jika kamu memakai susu low fat.

 

4.Cappuccino

Cappuccino | SHUTTERSTOCK

Kopi khas Italia ini dibuat dari campuran espresso dan susu, dengan perbandingan yang sama.

Segelas cappuccino ukuran 16 fl.oz dengan susu full cream memiliki 140 kalori, sedangkan jika kamu memilih susu low fat cuma 80 kalori. Hampir memangkas separuhnya, lho!

 

Baca juga: Kapan Sebaiknya Minum Kopi?

 

5.Mocha

Mocha Coffee | SHUTTERSTOCK

Terbuat dari campuran espresso, susu, cokelat bubuk, dan whipped cream. Nggak heran kandungan kalorinya sangat tinggi. Dalam ukuran 16 fl.oz, caffe mocha dengan susu full cream mengandung 330 kalori, sedangkan jika memakai susu low fat 250 kalori.

Cobalah pesan tanpa whipped cream dan ganti susunya dengan yang low fat atau soya. Bisa juga kamu memesan versi dingin karena ternyata bisa memangkas kalorinya menjadi 200 kalori saja.

 

6.Macchiato

Caramel Macchiato | SHUTTERSTOCK

Terbuat dari dua shot espresso dan susu yang dipanaskan hingga berbuih. Terkadang ditambahkan toping caramel. Kalorinya pun cukup tinggi, namun masih di bawah mocha dan dalgona.

Segelas macchiato ukuran 16 fl.oz dengan tambahan caramel dan susu full cream bisa mengandung 280 kalori.

 

7.Americano

Americano | SHUTTERSTOCK

Nah, pilhan selain espresso yang minim kalori adalah americano yang terbuat dari espresso dicampur air panas.

Tanpa tambahan cream, segelas americano 16 fl.oz hanya mengandung 15 kalori. Tapi kalau kamu menambahkan banyak cream ya bisa jadi 90 kalori.

 

Nah, buat kamu yang sedang diet sebaiknya pilih kopi favoritmu dalam versi low fat, dan hindari menambahkan lapisan foam susu, cokelat, ataupun sirup. Selamat ngopi!

 

Penulis Ratih Sukma Pertiwi
Editor Ratih Sukma Pertiwi