Being a parent has made me more open, more connected to myself, more happy, and more creative. I’m more discerning in what I do and how I do it. It’s just made me a better person all the way around.
Alicia Keys

Tanda-tanda Janin Sungsang yang Bisa Dirasakan Bumil

author
Ratih Sukma Pertiwi
Kamis, 16 April 2020 | 17:00 WIB
kehamilan | SHUTTERSTOCK

 

Posisi janin sungsang bisa membahayakan bagi bumil dan janin. Itulah mengapa proses kelahiran caesar terkadang ditempuh untuk mengurangi risiko. Ternyata sebenarnya bumil bisa merasakan tanda-tanda hamil sungsang, lho

Pada kehamilan, posisi janin sungsang terjadi saat kepala janin tidak berada pada rahim bagian bawah atau mendekati jalan lahir di minggu-minggu menjelang persalinan.

Padahal normalnya beberapa minggu sebelum kelahiran, sekitar minggu ke 32-36, secara alami kepala janin akan berpindah ke posisi jalan lahir.

Kehamilan sungsang bisa disebabkan oleh banyak faktor, seperti kehamilan kembar, riwayat kehamilan sungsang sebelumnya, kelainan cairan ketuban, plasenta previa, atau kelainan anatomi rahim.

Posisi janin sungsang bisa membentuk tubuh dan kepala terlipat seperti huruf V atau kaki janin mengarah ke jalan lahir sehingga mempersulit proses kelahiran normal. Biasanya bumil bisa mengetahui posisi janin sungsang lewat pemeriksaan USG.

 

Baca juga: Ini Perbedaan USG 2D, 3D, dan 4D

 

Namun ada beberapa tanda hamil sungsang yang bisa dirasakan langsung oleh Bumil. 

1.Nyeri Dada dan Sesak Napas

Ini akibat kepala janin yang menekan tubuh bagian atas, yaitu diafragma, paru-paru, dan tulang rusuk, sehingga bumil sering merasa nyeri dada dan sesak napas.

2.Lokasi Detak Jantung

Posisi janin sungsang menyebabkan lokasi detak jantung janin berada di atas pusar.

3.Tendangan di Perut Bagian Bawah

Posisi sungsang dengan bagian kaki di bawah mengakibatkan gerakan kaki janin sangat terasa di bagian bawah perut dan selangkangan.

4.Kepala Menyundul Atas Pusar

Gerakan janin yang masih aktif sangat bisa dirasakan bumil, termasuk gerakan kepalanya yang terasa menyundul atau membulat di bagian atas pusar bumil.

Janin sungsang pada usia kandungan di bawah 34 minggu lebih mudah berubah dengan sendirinya karena janin masih aktif bergerak dan masih ada tempat untuk berputar. Namun, janin sungsang di atas usia 35 minggu agak sulit berubah posisi karena ukuran janin sudah bertambah besar.

 

Lalu bagaimana mengatasi posisi janin sungsang pada usia kandungan di bawah 34 minggu secara alami?

 

1.Berbaring terlentang di tempat tidur, angkat pinggul dan panggul sekitar 20-30 cm, ganjal dengan bantal. Lakukan selama 15 menit 3 kali sehari.

 

Baca juga: Posisi Bayi Sungsang Jelang Persalinan? Lakukan Gerakan Ini

 

2.Perdengarkan musik dan biarkan janin bergerak mengikuti arah suara.

3.Kompres dingin di perut bagian atas dan kompres hangat di perut bagian bawah.

 

Rutin periksa kehamilan untuk memperkecil risiko komplikasi. | SHUTTERSTOCK

4.Rutinlah memeriksakan kehamilan ke dokter kandungan untuk mengetahui perkembangan posisi janin.

Dokter juga akan menyarankan metode kelahiran yang tepat, apakah bumil masih bisa melahirkan secara normal atau caesar.

 

Dengan mengetahui posisi janin sungsang lebih awal, risiko kelahiran bisa diperkecil.

Penulis Ratih Sukma Pertiwi
Editor Ratih Sukma Pertiwi