Try to be a rainbow in someone else’s cloud.
Maya Angelou

5 Variasi Masker Kentang Untuk Wajah Bebas Masalah

author
Ratih Sukma Pertiwi
Selasa, 19 Mei 2020 | 16:28 WIB
| SHUTTERSTOCK

 

Umbi kaya nutrisi yang ternyata bermanfaat untuk kecantikan kulit wajah. Coba, yuk!

Kentang kaya antioksidan yang melindungi kulit wajah dari paparan radikal bebas. Kentang juga memiliki sifat antiradang dan antiinflamasi sehingga efektif mengatasi kulit yang iritasi, berjerawat, bernoda, ataupun mata yang berkantung.

Yuk, manfaatkan kentang yang ada di rumah untuk dijadikan bahan masker alami mengatasi berbagai masalah kulit wajah.

 

Kulit Kering dan Kusam

Campur sebuah kentang ukuran sedang yang sudah dihaluskan dengan satu sendok makan madu. Oles merata pada kulit wajah dan leher. Diamkan 20 menit, lalu bilas.

Pati kentang bermanfaat mencerahkan kulit wajah dan mengurangi noda-noda di wajah, sedangkan madu berperan sebagai pelembap kulit.

 

Baca juga: Bebas Kusam Dengan 5 Masker Rambut Homemade Berbahan Buah

 

Kulit Berpori-pori Besar

Pati kentang dan putih telur bersifat mengencangkan kulit sehingga membantu pori-pori yang besar tidak bertambah lebar.

Campur sebuah kentang yang dihaluskan dengan sebutir putih telur hingga merata. Oleskan pada kulit wajah dan diamkan 20 menit hingga mengering. Bersihkan wajah dengan air suam-suam kuku.

| SHUTTERSTOCK

 

Kulit Berminyak

Oleskan campuran sebuah kentang yang sudah dihaluskan, satu sendok makan susu, dan satu sendok makan air lemon pada kulit wajah.

Kedua bahan ini kaya vitamin C yang meningkatkan elastisitas kulit dan bersifat membersihkan pori-pori kulit dari kotoran yang menumpuk, termasuk minyak berlebih.

 

Baca juga: #DiRumahAja, Bikin 6 Masker Alami Atasi Tumit Pecah-pecah

 

Kulit Bergaris Halus dan Keriput

Campur sebuah kentang yang sudah dihaluskan dengan dua sendok makan plain yogurt dan setengah sendok makan minyak zaitun. Oleskan pada kulit wajah dan leher, sambil dipijat-pijat perlahan hingga meresap. Diamkan 20 menit, lalu bilas.

Kentang membantu mempertahan elastisitas kulit, yoghurt mengandung asam laktik yang membantu regenerasi sel-sel kulit, serta minyak zaitun kaya pelembap alami.

 

Kulit Berjerawat

Haluskan setengah buah tomat, setengah buah kentang ukuran sedang dan satu sendok teh madu, lalu oles merata pada kulit wajah yang bermasalah.

Kentang dan tomat kaya vitamin dan mineral yang berfungsi mengatasi bakteri penyebab jerawat, mengempiskan jerawat, serta memperbaiki tekstur kulit.

 

 

 

Penulis Ratih Sukma Pertiwi
Editor Ratih Sukma Pertiwi