When I come home, my daughter will run to the door and give me a big hug, and everything that’s happened that day just melts away.
Hugh Jackman

Terlalu Lama di Rumah, Hati-hati Kena Cabin Fever!

author
Ratih Sukma Pertiwi
Kamis, 21 Mei 2020 | 15:11 WIB
| SHUTTERSTOCK

 

Masa pandemi Covid-19 yang sudah berjalan dua bulan lebih memaksa kita untuk terus menerus stay at home. Rasa bosan dan stres pun melanda. Bisa-bisa kamu terkena cabin fever, lho. Apa saja gejala dan cara mengatasinya?

Istilah cabin fever marak terdengar belakangan. Artinya, kondisi yang menggambarkan perasaan sedih, bosan, gelisah, serta berbagai perasaan negatif lainnya akibat terlalu lama berdiam di rumah atau tempat tertentu.

Gejala cabin fever yang dialami setiap orang bisa berbeda-beda, namun cukup mengganggu aktivitas sehari-hari apalagi jika berlangsung lama.

 

Apa saja gejala cabin fever?

1.Merasa bosan, sedih, gelisah, putus asa, kelelahan.

2.Mudah marah, tersinggung dan tidak sabaran.

3.Mengalami gangguan tidur atau gangguan makan.

4.Sulit berkonsentrasi.

5.Kehilangan motivasi.

6.Sulit mengendalikan emosi dan stres.

 

Agar tidak terkena cabin fever, kamu bisa melakukan beberapa hal sederhana berikut ini:

1.”Keluar” Rumah

Sesekali kamu bisa keluar rumah, misalnya duduk-duduk di teras, membersihkan kebun depan, berjalan di taman dekat rumah, berjemur sinar matahari pagi, memberi makan hewan peliharaan, dan sebagainya.

Jangan lupa tetap gunakan masker, cuci tangan sebelum dan setelah beraktivitas, berganti baju jika diperlukan, dan tetap menjaga jarak.

 

2.Susun Jadwal Harian

| SHUTTERSTOCK

Dengan stay at home, semua pola aktivitas harian kamu berubah. Kamu harus bekerja dari rumah, anak-anak pun harus sekolah dari rumah.

Buatlah jadwal rutinitas harian agar semuanya tetap berjalan teratur dan kamu bisa tetap produktif. Misalnya, meski bekerja di rumah, tetaplah bangun dan mandi pagi agar tubuh lebih segar dan pikiran fresh.

 

Baca juga: Wajib Coba, 10 Tips Manajemen Waktu Agar WFH Lancar

 

3.Tetap Ngobrol

Terisolasi di rumah bukan berarti nggak bisa ngobrol dengan teman, saudara, dan lingkungan sekitar.

Kamu bisa memanfaatkan beragam aplikasi di smart phone untuk berkomunikasi tatap muka. Berbagi cerita dan tips dengan orang lain bisa meredakan keluhan cabin fever, lho.

 

Baca juga: #DiRumahAja, Bikin 6 Masker Alami Atasi Tumit Pecah-pecah

 

4.Terapkan Pola Hidup Sehat

Meski di rumah saja, bukan berarti hanya berdiam diri. Lakukanlah beragam kegiatan yang sehat, seperti mengonsumsi makanan sehat dan rutin berolahraga 3-4 kali seminggu.

 

5.Pererat Bonding

| SHUTTERSTOCK

Manfaatkanlah waktu di rumah untuk mempererat bonding dengan keluarga. Yang sebelumnya hanya bertemu anak atau pasangan di pagi hari sebelum ngantor dan malam hari sebelum tidur, kini bisa 24 jam bersama.

 

6.Sibukkan Diri

Lawan rasa bosan dan putus asa selama masa isolasi dengan menggali hobi-hobi baru yang menyenangkan. Misalnya, melukis, bermain musik, memasak. Dengan beragam kesibukan, tidak ada waktu untuk merasa bosan.

 

Tetap semangat meski harus #DiRumahAja, yuk!

 

Penulis Ratih Sukma Pertiwi
Editor Ratih Sukma Pertiwi