For me, motherhood is learning about the strengths I didn’t know I had, and dealing with the fears I didn’t know existed.
Halle Berry

Wajib Coba, 10 Tips Manajemen Waktu Agar WFH Lancar

author
Ratih Sukma Pertiwi
Senin, 6 April 2020 | 15:30 WIB
Work from home | SHUTTERSTOCK

Di tengah online meeting bersama rekan kantor, eh, tiba-tiba si Kecil menangis kencang minta ditemani. Haduh, konsentrasi langsung buyar seketika. Bagaimana, ya, caranya memanage waktu agar work from home (WFH) lancar dan kita tetap produktif?

 

Salah satu dampak social distancing karena merebaknya COVID-19 adalah pemberlakuan work from home (WFH) oleh banyak perusahaan.

Kelihatannya mudah dilakukan, namun sebagian orang menganggap WFH penuh tantangan. Bagaimana tidak? Utamanya bagi yang sudah memiliki anak, orang tua harus tetap fokus dan produktif bekerja di tengah beragam urusan domestik yang bisa bikin mood kerja langsung drop.

Kuncinya adalah melakukan manajemen waktu dengan tepat. Mungkin terdengar sepele, namun jika dilakukan dengan penuh kedisiplinan, seiring waktu kita bisa beradaptasi dengan kondisi WFH.

 

1.Tentukan Prioritas

Tak semua pekerjaan harus dilakukan bersamaan. Pilih hal-hal apa saja yang menjadi prioritas, lalu fokuslah pada hal-hal yang jadi prioritas tadi.

 

2.Atur Jam Kerja

Sebisa mungkin berlakulah seperti bekerja di kantor. Tentukan kapan harus mulai kerja dan selesai, misalnya, jam 09.00-16.00.

Pilih waktu saat pikiran masih fresh sehingga hasilnya bisa lebih maksimal. Biasanya otak masih fresh bekerja pada jam 08.00-11.00.

 

Baca juga: 7 Kunci Sukses Kerja Dari Rumah

 

3.Buat Deadline

Kebiasaan mengulur waktu dan tidak disiplin bisa menjadi sebab pekerjaan tidak kelar. Buatlah deadline untuk setiap alur kerja sehingga target bisa tercapai sesuai waktu.

 

4.Pasang Pengingat

Buat jadwal dengan smartphone, catatan, atau yang lain. Pengingat ini penting agar tak ada hal-hal yang terlewatkan.

Jadwal kerja membuat waktu bekerja efektif dan efisien. | SHUTTERSTOCK

 

5.Jadwal Email

Buatlah jadwal kapan kamu akan membuka dan membalas email sehingga tidak terganggu oleh denting notifikasi email yang masuk.

 

Baca juga: Bekerja di Rumah: Lebih Dari Sekadar Manajemen Waktu

 

6.Dress Up

Meski kerja dari rumah, bukan berarti boleh kerja sambil dasteran. Percaya, deh, jika kita tampil tetap dress up layaknya ngantor dan tetap berdandan, kita jadi lebih semangat WFH.

Apalagi jika di tengah bekerja ada panggilan online meeting. Nah, kalau kamu sudah ready dengan pakaian yang layak dan berdandan, tentu lebih menghemat waktu.

 

Baca juga: Bekerja Dari Rumah, Ini Aturan Berpakaiannya

 

Tetap tampil modis dan dandan meski WFH, yuk! | SHUTTERSTOCK

 

7.Kesepakatan Dengan Anak

Nah, selama pandemi COVID-19, anak-anak pun harus bersekolah dari rumah. Ini yang membuat salah satu tantangan WFH.

Siasati dengan memilih waktu bekerja saat anak-anak sudah selesai mandi, sarapan, dan mengerjakan tugas sekolah. Buat kesepakatan dan minta pengertian mereka untuk tidak mengganggu kamu selama bekerja.

Urusan si kecil, tantangan tersendiri untuk WFH. | SHUTTERSTOCK

 

8.Kerja Sama Pasangan

Agar WFH berjalan lancar, support dari pasangan sangat diperlukan. Misalnya, saat kamu ada online meeting berbarengan si Kecil butuh ditemani belajar, ada pasangan yang bisa dimintai bantuan.

 

9.Siapkan Area Kerja

Hindari bekerja di sembarang tempat. Ruang keluarga dengan sofa empuk dan teve memang sangat nyaman, namun bukan tempat ideal untuk fokus bekerja. Bekerjalah di meja kerja atau di kamar yang minim gangguan.

Area bekerja yang nyaman penting saat harus WFH. | SHUTTERSTOCK

 

10.Kelola Stres

Faktor stres juga harus mendapat perhatian jika tak ingin fokus terganggu. Kelola stres WFH dengan cara yang paling sesuai dengan diri kita. Misalnya, break setiap beberapa jam bekerja, siapkan camilan istimewa di laci kerja, atau melakukan stretching ringan.

 

Semoga bermanfaat dicoba dan tetap semangat WFH!

 

Penulis Ratih Sukma Pertiwi
Editor Ratih Sukma Pertiwi