In politics, if you want anything said, ask a man; if you want anything done, ask a woman.
Margaret Thatcher

Rahasia Lezatnya Korean Garlic Cheese Bread Ada Di 3 Hal Ini

author
Marti
Kamis, 16 Juli 2020 | 11:32 WIB
Korean garlic cheese bread, jajanan dari street food Korea. | SHUTTERSTOCK

 

Meskipun dasarnya hanya roti, camilan ala street food Korea ini jadi favorit banyak orang. Ada 3 rahasia yang bikin Korean garlic cheese bread ini bikin ngiler. Sebelum belajar bikin, simak dulu 3 rahasia ini!

 

Ada yang menyebutnya garlic cheese bread, ada juga yang lebih suka nama cheese cream garlic bread. Karena asalnya dari street food di Korea, maka jadi terkesan lebih ‘sah’ kalau namanya juga ditambah jadi Korean garlic cheese bread.

Apa yang bikin roti ini jadi viral? Yuk, kita kulik alasannya. Dimulai dari tampilan fisik sampai tekstur dan isian di dalamnya. 4 Hal ini bikin semua orang ingin cicip Korean garlic cheese bread.

 

1. Bentuk Mekar Dengan 8 Bagian

Pertama kali melihat Korean garlic cheese bread, pasti langsung tergugah dengan bentuknya yang tidak biasa. Meskipun asalnya adalah roti bun bulat yang standar, tapi kemudian menjadi signifikan dengan potongan tidak terputus yang membagi roti jadi delapan bagian sama rata. Isian di dalam potongan ini yang membuat roti jadi terlihat terisi dan merekah. Bikin penasaran, kan?

Roti bun standar yang dipotong tidak putus jadi 8 bagian. | SHUTTERSTOCK

 

2. Isian Kejunya yang Creamy

Jadi apa yang menjadi isiannya? Setelah dipotong tidak terputus menjadi 8 bagian, maka di dalamnya disemprotkan keju krim yang creamy dan lezat. Ini bisa dibilang jadi semacam kejutan ketika menggigit Korean garlic cheese bread ini. Soalnya, filling krim keju ini lumayan tersembunyi posisinya. Cuma bentuk merekah roti yang menandakan kalau ada sesuatu di dalamnya. Pertanyaan itu pun terjawab setelah roti digigit, deh!

Lihat isian krim keju di bagian dalamnya yang susah ditolak! | SHUTTERSTOCK

 

3. Sausnya Yang Garlicky

Tapi tunggu dulu. Sebelum mendapati isian keju krim di bagian dalam, sebenarnya bagian luar Korean garlic cheese bread ini terlebih dahulu dicelupkan ke dalam semacam saus. Saus ini dibuat dari mentega yang dicairkan, susu cair, bawang putih cincang, telur, keju, gula dan garam. Ada yang menambahkan dedaunan aromatik kering seperti basil, peterseli atau oregano.

Rasa saus ini jadi perpaduan antara manis, creamy dan gurih. Nah, saat dicelup, saus ini juga masuk ke dalam sela-sela potongan roti 8 bagian tadi sehingga membalut krim keju. Setelah dicelup, Korean garlic cheese bread ini sebenarnya masih dipanggang lagi sebentar saja. Ini menyumbang warna cokelat keemasan mengkilat di permukaannya yang bikin roti makin bikin ngiler.

Ingin tahu proses bikin Korean garlic cheese bread di salah satu kedai roti di Korea? Simak dalam video di bawah ini.

 

Penasaran pengin coba bikin Korean garlic cheese bread di rumah? Tungguin resepnya di Cookin.id!

 

Simak juga:

 

 

 

 

Penulis Marti
Editor Marti