The best way to make children good is to make them happy.
Oscar Wilde

5 Jenis Ikan Ini Cocok Untuk MPASI Pertama Bayi

author
Ratih Sukma Pertiwi
Selasa, 29 September 2020 | 12:57 WIB
MPASI | SHUTTERSTOCK

Ikan sangat cocok dijadikan menu awal MPASI si Kecil karena kandungan nutrisinya cukup lengkap, seperti asam lemak omega-3, protein, vitamin serta mineral. Ikan apa saja, ya, yang sebaiknya dikonsumsi?

Akhirnya si kecil lulus S1 alias selesai mendapatkan ASI eksklusif selama 6 bulan. Rasanya pasti lega sekaligus happy, ya, Bunda. Selanjutnya anak usia 6 bulan akan berkenalan dengan menu-menu makanan pendamping ASI (MPASI).

Yang sering menjadi pertanyaan para Bunda saat pertama kali memberikan MPASI adalah jenis makanan apa yang cocok dikonsumsi anak.

Pastinya, MPASI harus terdiri dari aneka makanan sehat dan bergizi seimbang. Selain itu tekstur MPASI pun harus diperhatikan mengingat kemampuan mengunyah, menelan, serta mencerna bayi belum sempurna.

Salah satu jenis makanan yang cocok jadi pilihan MPASI awal adalah ikan. Selain kaya protein, ikan kaya nutrisi yang dibutuhkan tubuh anak, seperti asam lemak omega-3, vitamin D, vitamin A, riboflavin, serta mineral penting seperti  zinc, zat besi, fosfor, magnesium.

Sebelum memberikan menu ikan pada MPASI pertama si Kecil, pastikan beberapa hal berikut ini:

1.Ikan yang dipilih masih dalam kondisi segar. Bisa terlihat dari mata ikan yang tidak pucat, insang masih merah, daging tidak berbau busuk.

2.Pilih ikan berdaging tebal dan hindari yang memiliki duri-duri kecil.

3.Pastikan ikan yang dipilih bukan ikan yang tinggi merkuri karena berbahaya bagi kesehatan anak, terutama otak.

Merkuri adalah sejenis logam berat dari limbah yang bisa menyebabkan gangguan kesehatan berat. Beberapa jenis ikan yang tinggi merkuri, antara lain hiu, kerapu, makarel, todak, marlin.

4.Olah ikan dengan tepat. Misalnya untuk menu awal, ikan bisa direbus, dikukus, atau dipanggang, dijadikan bubur.

Pilih ikan rendah merkuri untuk dikonsumsi. | SHUTTERSTOCK

 

Baca juga:  Baik Untuk Bumil, 5 Jenis Ikan yang Murah dan Rendah Merkuri

 

Apa saja ikan yang cocok untuk MPASI awal si kecil?

1.Kembung

Memiliki tekstur daging yang lembut dan tebal. Kandungan nutrisinya pun ternyata luar biasa, asam lemak omega-3 dan zat besi ikan kembung melebihi salmon.Sangat bermanfaat utamanya untuk perkembangan otak anak.

Yuk, cek artikel ini untuk mengetahui kandungan gizi ikan kembung: 7 Nutrisi Otak Anak, Ternyata Ikan Kembung Lebih Baik Dari Salmon

Ikan kembung | SHUTTERSTOCK

2.Nila

Ikan nila atau tilapia ini rendah merkuri, rendah kalori, serta rendah lemak. Selain itu, ikan berdaging lembut ini kaya DHA untuk menstimuli perkembangan saraf pusat.

3.Lele

Ikan lele mengandung asam lemak omega-3, vitamin A, C, B kompleks, serta mineral penting seperti fosfor, seng, magnesium serta natrium. Proteinnya cukup tinggi untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak.

 

Baca juga: Kata Dokter: Panduan Lengkap Sebelum Memulai MPASI

 

4.Salmon

Ikan salmon banyak disukai karena tinggi protein, sayang harganya cukup mahal. Molekul protein salmon membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan. Sedangkan asam lemak omega-3 pada salmon sangat baik sebagai nutrisi otak anak.

5.Mujair

Selain mudah didapat dan harganya murah, ternyata mujair memiliki kandungan gizi yang cukup lengkap, di antaranya protein, asam lemak omega-3, vitamin serta mineral.

 

Yuk, Bunda, buat sendiri MPASI berbahan ikan untuk si Kecil! Namun, tetap perhatikan reaksi anak setelahnya, ya. Jika anak memperlihatkan reaksi alergi setiap kali diberi ikan, hentikan dulu pemberian ikan dan sebaiknya konsultasikan pada dokter anak Bunda.

 

 

 

Penulis Ratih Sukma Pertiwi
Editor Ratih Sukma Pertiwi