We may not be able to prepare the future for our children, but we can at least prepare our children for the future.
Franklin D. Roosevelt

Tips Liburan Bareng si Kecil Saat Pandemi dan 6 Rekomendasi Tempatnya

author
Editor Kanya
Jumat, 13 November 2020 | 13:44 WIB
| SHUTTERSTOCK

 

 

Liburan akhir tahun akan datang sebentar lagi nih, Bunda. Tapi selama pandemi yang masih belum pasti kapan berakhir ini, sebaiknya liburan bareng si Kecil harus dilakukan dengan penuh persiapan ya.

Karena liburan saat pandemi tidak bisa disamakan dengan liburan seperti situasi normal pada umumnya. Ada hal-hal yang memang harus disiapkan dan diperhatikan dengan ekstra.

Selain protokol kesehatan (memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan) yang memang wajib dijalankan, berikut tips liburan bareng si Kecil selama pandemi.

 

1.Kendaraan Pribadi

Selama pandemi, sebisa mungkin batasi berdekatan atau menggunakan fasilitas umum. Daripada menggunakan angkutan umum, lebih baik menggunakan kendaraan pribadi yang kita bisa kontrol sendiri kebersihannya.

 

2.Lebih Baik Sewa Penginapan

Menginap di hotel, membuat kita mau tidak mau menggunakan fasilitas umum misalnya lift atau bertemu dan berinteraksi dengan orang lain. Hal itu tentu semakin meningkatkan risiko tepapar virus covid-19.

Jadi, lebih baik sewa penginapan, villa, bungalow atau tenda yang jumlah pengunjungnya sangat terbatas dan semua penghuninya kita tahu kondisi kesehatannya.

 

Baca juga: Orang Tua, Lakukan 8 Hal Ini Untuk Lindungi Anak dari Virus Corona

 

3.Tas Khusus Prokes

Selain tas khusus perlengkapan anak, sebaiknya siapkan tas yang memang dikhususkan untuk menyimpan perlengkapan protokol kesehatan mulai dari masker, hand sanitizer, disinfektan, tisu basah, dan tisu kering.

Hal ini akan mempermudah untuk Bunda secara berkala membersihkan tangan anak-anak atau benda-benda di sekitar.

 

4.Wisata Alam

Wisata alam menjadi pilihan terbaik saat pandemi seperti sekarang. Berwisata di tempat terbuka memungkinkan untuk kita terus menjaga jarak dengan orang lain.

 

5.Riset Kondisi Destinasi

Jika sudah menentukan beberapa alternatif destinasi wisata yang ingin dituju, sebaiknya lakukan riset tentang kondisi daerah tersebut terkait dengan status penyebaran Covid-19.

Ada daerah dengan status Covid zona merah, oranye, dan hijau. Kamu bisa melihat status daerah tersebut di website resmi pemerintah daerah setempat atau di akun pemda di media sosial.

 

Baca juga: 9 Tips Pakai Masker Kain Untuk Cegah COVID-19

 

Nah, setelah membagikan tipsnya, Kanya juga punya rekomendasi destinasi wisata yang bisa Bunda kunjungi bersama keluarga dan si Kecil.

 

1.Sukasantai Farmstay

| IG @sukasantaifarmstay

Ingin santai sejenak bareng keluarga? Bunda mungkin bisa ajak keluarga liburan di Sukasantai Farmstay, tempat peristirahatan yang terletak di kaki gunung dan di tengah pertanian buah dan sayur organik.

Selain bersantai, Bunda juga bisa mengajak si Kecil untuk mengikuti berbagai aktivitas outdoor yang menyenangkan seperti berkeliling dan ikut memanen buah dan sayur, memerah susu sapi, melihat dari dekat hewan ternak, memancing, trekking ke hutan bambu, atau sekadar bersantai di atas hammock.

| IG @sukasantaifarmstay

Suasana di Sukasantai Farmstay yang ketat dalam hal mematuhi prokes ini memang dibuat agar pengunjung melupakan hiruk pikuk kehidupan kota dan memiliki banyak waktu berkualitas bersama keluarga sambil menikmati udara sejuk dan bersih di kaki gunung.

 

Penginapan mulai Rp680.000 per orang

IG @sukasantaifarmstay

Alamat: Jl Sukamaju, Sukalarang, Sukabumi, Jawa Barat, 43191

Telp: 082248884849

Website: www.sukasantai.com

 

2.Leuweung Geledegan Ecolodge

| IG @lge_bogor

Di bio akun Instagramnya, Leuweung Geledegan Ecolog menyebut sebagai tempat menginap paling menarik dan ngopi cantik di Bogor. Ya, lokasinya yang tak jauh dari Jakarta membuat Leuweung Geledegan Ecolodge sebagai salah satu alternatif mengajak keluarga dan si Kecil liburan ke alam.

| IG @lge_bogor

Selain menawarkan penginapan dengan fasilitas hotel berbintang, di sini pengunjung juga bisa liburan dengan nuansa alam pegunungan. Terletak di kaki Gunung Salak membuat udaranya sangat sejuk dan bersih. Semua akomodasi di sini mengusung konsep ramah lingkungan dan kelestarian hutan. Cocok untuk mengajak si Kecil untuk lebih dekat dengan alam.

 

Penginapan mulai Rp990.000

IG @lge_bogor

Alamat: Kp. Tamansari – Sukamantri, Ciapus, Bogor Timur

Telp: +62 251-8480111

WA 082113384400

Website: leuweunggeledegan.com

 

 

3.Taman Safari Cisarua, Bogor

| IG @taman_safari

Melihat satwa langsung di alam, pasti akan menjadi pengalaman yang menarik bagi si Kecil. Apalagi setelah sekian bulan di rumah aja. Taman Safari Cisarua, Bogor bisa menjadi pilihannya. Bunda juga bisa merasa aman karena selama berkeliling bisa tetap berada di dalam kendaraan pribadi.

Namun untuk pengunjung bermotor atau wisatawan yang datang dengan kendaraan umum, pihak Taman Safari juga tetap menyediakan bus wisata dengan menerapkan protokol kesehatan seperti pembatasan penumpang, wajib mengenakan masker, cuci tangan, dan secara berkala bagian dalam bus dibersihkan dengan disinfektan.

 

HTM: Rp160.000 – Rp220.000

IG @taman_safari

Telp: +62 251 825 0000
WA : +62 812 399 91110

Website: www.tamansafaribogor.com

 

4.Ranca Upas Ciwidey, Bandung

| IG @rancaupasciwidey

Mengajak anak-anak bermalam dan tidur di tenda? Wah, pasti bakal jadi pengalaman yang seru dan tak terlupakan. Selain bisa merasakan sensasi bermalam di tenda, di sini Bunda juga bisa mengajak anak-anak beraktivitas di outdoor seperti memanah, berkuda, melihat penangkaran rusa, atau sekadar masak bersama di depan tenda.

Dengan suhu yang sejuk di siang hari dan dingin di malam hari, jangan lupa untuk menyiapkan jaket tebal, kupluk, kaos tangan dan kaos kaki ya. Jika tidak punya tenda, Bunda bisa sewa tenda di sini dengan kapasitas bervariasi mulai dari tenda untuk 4-8 orang.

 

HTM Rp20.000 – Rp50.000

Sewa tenda: Rp200.000 – Rp750.000 per malam

Alamat: Jl. Raya Ciwidey-Patengan No.KM. 11, Rancabali, Bandung, Jawa Barat 40973

 

5.De Tjangkul, Malang

| IG @de.tjangkul

Di sini Bunda bisa mengajak si kecil untuk menikmati pemandangan gunung dan perkebunan yang hijau dan asri. Tempat wisata di dalam kawasan wisata Kusuma Agro, Kota Batu, Malang ini juga menyediakan spot foto yang menarik serta kegiatan yang bisa diikuti si Kecil mulai dari memetik jeruk, apel, dan stroberi.

 

HTM: Rp25.000

Alamat: Jl Abdul Gani Atas, Ngaglik, Kota Batu, Malang, Jawa Timur

IG @de.tjangkul

Telp: 08001593333

 

6.Air Terjun Kedung Pedut, Jogjakarta

Wisata alam enggak cuma ke gunung. Bunda juga bisa mengajak si kecil bermain air di air terjun, contohnya air terjun Kedut Pedung Kulonprogo, Jogjakarta ini. Air terjun ini volume airnya selalu melimpah meski di musim kemarau.

Bermain air di sini juga pasti membuat betah karena banyak pepohonan besar yang menaungi sehingga Bunda dan keluarga tidak merasa kepanasan.

 

HTM: Rp10.000

Alamat: Banyunganti, Girimulyo, Kulonprogo, Jogjakarta, 55674

 

Selamat berlibur dan jangan lupakan protokol kesehatan!

 

Penulis Editor Kanya
Editor Ratih Sukma Pertiwi