You are beautiful because you let yourself feel, and that is a brave thing indeed.
Shinji Moon

Sambiloto Bisa Redakan Sesak dan Batuk Penderita Covid-19, Benarkah?

author
Ratih Sukma Pertiwi
Senin, 1 Februari 2021 | 16:48 WIB
Sambiloto | Shutterstock

Setelah empon-empon, kini giliran daun sambiloto yang banyak dicari dan diburu karena dipercaya bisa membantu meredakan sesak napas dan batuk penderita Covid-19. Mengonsumsi sambiloto juga dipercaya mempercepat penyembuhan pasien positif Covid.

Hal ini bermula dari pernyataan Rektor Universitas Airlangga, Prof. Mohammad Nasih yang menyebut saripati daun sambiloto bisa menjadi referensi pencegahan masuknya virus Corona ke dalam tubuh.

Penggunaan ekstrak daun sambiloto untuk pengobatan alternatif mengurangi wabah corona juga dilakukan oleh Kementerian Kesehatan Thailand.

Sementara itu, salah seorang produsen sirup herbal berbahan daun sambiloto asal Bali juga menyebut ada peningkatan penjualan produknya selama pandemi ini karena sambiloto dipercaya bisa meningkatkan imunitas tubuh.

King of Bitters Peningkat Imunitas

Benarkah sambiloto bisa mencegah dan atau menyembuhkan infeksi akibat virus corona? Sampai saat ini belum ada penelitian ilmiah yang secara khusus meneliti tentang daun sambiloto dan mafaatnya untuk menangkal dan menyembuhkan virus corona.

Namun, sambiloto (Andrographis paniculata) sudah lama dikenal sebagai tanaman obat di negara-negara Asia, termasuk Indonesia. Di Indonesia sendiri, sambiloto digunakan sebagai bahan membuat jamu pahitan. Dan karena rasanya yang terkenal sangat pahit, sambiloto juga mendapat julukan “King of Bitters.”

Rasa pahit sambiloto berasal dari senyawa andrografolida yang terkandung di dalam batang daunnya. Senyawa itu yang membuat daun sambiloto bersifat antipiretik, antiinflamasi, antibakteri, dan antiracun.

Selain andrografolida, sambiloto juga tinggi kandungan antioksidannya sehingga mampu meningkatkan imunitas tubuh.

Baca juga: Strain Virus Corona Terbaru, Lebih Rentan Infeksi Anak-Anak

| Shutterstock

Manfaat Sambiloto

Dengan kandungan utama senyawa andrografolida dan antioksidan, berikut manfaat sambiloto bagi kesehatan:

  • Meredakan Flu dan Batuk

Kandungan antioksidannya yang tinggi membuat sambiloto bisa meningkatkan imunitas tubuh. Dengan tingkat kekebalan tubuh yang tinggi, flu, demam, hidung tersumbat, hingga batuk bisa lebih cepat mereda.

  • Menyembuhkan Infeksi

Senyawa andrografolida pada daun sambiloto bersifat antiinflamasi dan antivirus sehingga bisa membantu menyembuhkan penyakit yang disebabkan oleh infeksi seperti sinusitis, ISPA, radang tenggorokan.

Baca juga: Dipercaya Tangkal Virus Corona, Ini 7 Manfaat Temulawak

  • Menghilangkan Cacing Dalam Usus

Daun sambiloto juga bersifat antibakteri dan parasit sehingga bisa membantu menghilangkan cacing dalam usus seperti cacing gelang dan cacing pita.

  • Menjaga Kesehatan Pencernaan

Mengonsumsi sambiloto secara teratur bisa membantu membersihan saluran cerna dari bakteri dan virus sehingga membuat saluran cerna lebih sehat. Selain itu, sambiloto juga dipercaya bisa meredakan diare, konstipasi, dan nyeri perut.

  • Mencegah Perkembangan Sel Kanker

Kandungan antioksidan yang tinggi membuat sambiloto bisa menangkal radikal bebas yang menyerang organ tubuh, termasuk mencegah perkembangan sel kanker dan membuang racun penyebab kanker dalam tubuh.

Meski belum ada pembuktian secara ilmiah sambiloto bisa menangkal Covid-19, namun dengan segudang kandungan manfaatnya menarik untuk dicoba. Jika tidak kuat rasa pahitnya, saat ini sudah banyak, kok, yang menjual suplemen sambiloto dalam bentuk kapsul.

Namun agar penggunaannya lebih aman, sebaiknya tetap konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter.

 

Referensi:

Nguyen HT, Do VM, Phan TT, Nguyen Huynh DT. The potential of ameliorating COVID-19 and sequelae from Andrographis paniculata via bioinformatics. Bioinform Biol Insights [Internet]. 2023 [cited 2023 Nov 28];17:117793222211496. Available from: https://dx.doi.org/10.1177/11779322221149622

https://hellosehat.com/infeksi/covid19/herbal-sambiloto-covid-19/

https://tekno.tempo.co/read/1477946/perkuat-imun-hadapi-covid-19-begini-sambiloto-teruji-klinis-di-thailand

Penulis Ratih Sukma Pertiwi
Editor Ratih Sukma Pertiwi