Love as powerful as your mother’s for you leaves its own mark to have been loved so deeply .. will give us some protection forever.
J.K. Rowling

Si Kecil Sudah Mulai Sekolah Tatap Muka? Ini Protokol Kesehatan yang Wajib Dilakukan!

author
Ruth Sinambela
Kamis, 16 September 2021 | 16:06 WIB
Sekolah tatap muka saat pandemi jadi tantangan tersendiri bagi anak dan orang tua | Shutterstock

 

Si Kecil Sudah Mulai Sekolah Tatap Muka? Ini Protokol Kesehatan yang Wajib Dilakukan!

 

Sudah beberapa minggu sejak sekolah tatap muka kembali dilakukan. Meski belum full bersekolah seperti sedia kala, pasti ada sedikit rasa semangat bercampur khawatir ya Bun, melepas si kecil kembali ke sekolah.

 

Semangat karena sudah sekian lama si kecil tidak belajar di ruang kelas sebagaimana mestinya dan kewajiban Bunda atau Ayah mendampingi si kecil sekolah daring jadi sedikit berkurang. Lumayan lah Bun bisa me time beberapa jam saat si kecil di sekolah.

 

Semangat tapi pasti ada rasa khawatir juga. Takut si kecil tertular virus penyakit di sekolah, khususnya Covid-19. Wajar kok, Bun. Tapi, daripada berlarut-larut dalam rasa khawatir, lebih baik Bunda memaksimalkan pemahaman dan kemampuan diri sendiri serta si kecil tentang bagaimana menghindari virus-virus jahat di luar sana. 

 

Baca juga:  Anak dan Remaja Usia 12-17 Tahun Segera Dapat Vaksinasi Covid-19!

 

Protokol kesehatan di Sekolah wajib dijalankan | Shutterstock

 

Apa yang harus Bunda lakukan?

 

Terus menerus tanamkan pemahaman pada si kecil tentang pentingnya melakukan protokol Kesehatan. Yaitu untuk selalu memakai masker saat di kelas, tidak ngobrol terlalu dekat dengan teman, tidak memegang mata hidung dan mulut sebelum cuci tangan atau pakai hand sanitizer, dan menerapkan etika batuk serta bersin.

 

Bunda bisa melakukannya dengan memberi tontonan (video) di internet yang berkaitan dengan protokol Kesehatan (pilih yang penyampaiannya sederhana ya Bun), atau cerita bergambar dari buku maupun gadget, dan yang paling penting, adalah memberi contoh dari diri sendiri.

 

Baca juga: Mengenal Enam Varian Virus Corona yang Ada di Indonesia

 

Menjalankan protokol kesehatan = keluarga sehat | Shutterstock

 

Sepulang sekolah tatap muka, lakukan protokol kebersihan lengkap

 

Nah, Tindakan pencegahan lainnya yang perlu Bunda lakukan untuk menjaga si kecil, diri sendiri, dan seluruh anggota keluara dari virus Corona, adalah dengan melakukan langkah-langkah berikut ini!

 

  1. Gunakan masker, penutup rambut, dan sarung tangan. Tunggu si kecil memasuki ruang tamu rumah
  2. Bantu atau minta si kecil membuka semua pakaiannya (termasuk kaca mata), kemudian memasukkannya ke dalam wadah
  3. Untuk sepatu, biarkan di luar rumah dan segera semprot dengan cairan disinfektan
  4. Segera mandikan si kecil (jika sudah bisa mandi sendiri, cukup pastikan si kecil keramas dan membersihkan tubuh dengan benar)
  5. Pastikan si kecil juga menggosok gigi dan berkumur dengan cairan kumur yang dianjurkan sesuai usia
  6. Sementara si kecil mandi, Bunda bisa merendam pakaian si kecil dengan air panas 40-60 derajat celcius selama minimal 30 menit
  7. Sambil menunggu, Bunda bisa mulai mengeluarkan buku dan alat tulis si kecil dari dalam tas sekolahnya – gantung tas kosong di jemuran (kalau bisa di bawah sinar matahari), kemudian semprot dengan cairan disinfektan
  8. Untuk buku, lap bagian sampul luarnya dengan kain lembut yang sudah dibasahi dengan cairan disinfektan. Jangan disemprot karena bisa merusak kertas bagian dalamnya
  9. Untuk alat tulis, boleh disemprot cairan disinfektan, kemudian dilap dengan kain
  10. Setelah merendam pakaian si kecil 30 menit, cuci dengan tangan atau mesin cuci, dan gunakan deterjen
  11. Jangan menunda menjemur apa lagi kalau masih ada sinar matahari ya Bun
  12. Saat jemuran sudah kering, wajib disetrika ya Bun! Selain rapi, lebih higienis juga jadinya
  13. Jika sudah selesai, Bunda bisa mandi atau setidaknya membersihkan diri termasuk ganti baju
  14. Kini Bunda dan si kecil sudah bersih. Bisa beristirahat, makan/minum, dan pastikan si kecil mengonsumsi buah serta multivitamin/suplemen tubuh untuk menjaga kualitas imun

 

Nah, itu dia Langkah-langkahnya. Kelihatannya memang banyak, Bun. Tapi, gak sulit kok dilakukan. Lebih sulit menjalani pengobatan kalau sampai si kecil, Bunda atau anggota keluarga lainnya yang sakit kena Covid-19. Setuju kan, Bun?

 

Baca juga: Memakai Masker Berlapis Lebih Efektif Tangkal Virus Covid-19?

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ruth Sinambela