Love as powerful as your mother’s for you leaves its own mark to have been loved so deeply .. will give us some protection forever.
J.K. Rowling

Benarkah Tidur Siang Membuat Si Kecil Tumbuh Tinggi? Apa Manfaat Lainnya?

author
Ruth Sinambela
Selasa, 26 Oktober 2021 | 16:56 WIB
Tidur siang penting untuk anak | Shutterstock

Si kecil masih rutin tidur siang atau nggak, Bun? Apakah Bunda masih mengharuskan si kecil tidur siang setiap hari? Apa alasannya?

Kebiasaan tidur siang pada si kecil

Membiasakan si kecil tidur siang sejak bayi memang banyak manfaatnya, Bunda. Selain tidur siang sangat baik untuk pertumbuhan si kecil, juga dapat memberikan waktu istirahat untuk Bunda. Tidur siang juga sangat dibutuhkan untuk menambah jam istirahatnya, karena sebaiknya si kecil dengan usia dibawah lima tahun mendapatkan waktu tidur sebanyak 12-14 jam setiap hari. Sedangkan untuk si kecil yang lebih besar sebaiknya mendapat waktu tidur sebanyak 11-12 jam sesuai usia dan kebutuhannya. Semakin bertambahnya usia si kecil maka semakin berkurang kebutuhan tidurnya, bahkan pada si kecil yang mulai memiliki banyak aktivitas di sekolah maupun di luar sekolah, tidur siang sudah boleh digantikan dengan tidur malam yang lebih awal.

Baca juga: Kurang Tidur Picu Obesitas Pada Anak, Ini Penjelasan Dokter Olga

Manfaat tidur siang untuk perkembangan tubuh dan otak si kecil

Dengan rutin mengajak si kecil tidur siang maka pertumbuhan atau perkembangan mereka bisa jadi lebih optimal lho. Perkembangan fisik seperti  tinggi badan, rambut, juga perkembangan otak seperti kemampuan kognitif dan memori si kecil akan menjadi lebih optimal apabila si kecil cukup beristirahat. Karena itulah tidur siang sangat disarankan oleh para ahli tumbuh kembang anak. Walaupun perlu diingat, banyak juga faktor-faktor lain yang mendukung ya Bun, seperti misalnya gen yang diwariskan oleh Bunda dan Ayah, dan tak kalah penting adalah gizi seimbang yang dikonsumsi setiap hari.

Tidur siang | Shutterstock

Manfaat tidur siang untuk perkembangan mental si kecil

Bunda tentu pernah memerhatikan si kecil rewel atau mudah menangis apabila jam tidur siangnya tertunda? Kadang si kecil memang lebih memilih bermain, namun apabila sudah terbiasa tidur siang, maka sebaiknya jangan sampai melewatkannya ya, Bunda. Karena tentu akan berdampak pada suasana hatinya. Nanti saat bangun sore hari, ketika itulah si kecil dapat kembali beraktifitas dengan gembira. Dengan suasana hati yang baik maka emosi positif terbangun dengan sendirinya. Dengan istirahat yang cukup perilaku yang lebih baik dan suasana hati bahagia lebih mudah dimiliki.

Baca juga: Linen Spray Bantu Tidur Lebih Nyenyak, Bikin Sendiri, Yuk!

Jangan sampai tidur siang malah mengganggu tidur malam

Bunda harus pintar mengatur waktu bermain dan tidur, agar si kecil tidak tidur siang terlalu lama atau terlalu sore. Karena hal itu malah dapat mengganggu jam tidur malamnya. Tentu tidak baik membiarkannya demikian, karena tidur malam juga sangat penting untuk pertumbuhan. Aktivitas keesokan hari akan lebih menyenangkan untuk dijalankan saat jam istirahat siang dan malamnya cukup dan berimbang.

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ruth Sinambela