When I get up and work out, I’m working out just as much for my girls as I am for me, because I want them to see a mother who loves them dearly, who invests in them, but who also invests in herself. It’s just as much about letting them know as young women that it is OK to put yourself a little higher on your priority list.
Michelle Obama

Belajar dari Priyanka Chopra, Pentingnya Kemandirian Finansial Pada Perempuan

author
Ruth Sinambela
Senin, 8 November 2021 | 15:07 WIB
Kemandirian Finansial Sangat Penting Untuk Diri Sendiri dan Keluarga | Shutterstock

“Kemandirian finansial memberi Anda kemampuan untuk melindungi diri sendiri ketika kehidupan terjadi, untuk berdiri di atas kaki Anda sendiri dan berkata Saya baik-baik saja, Saya dapat melakukan sesuatu tentang hal itu tanpa menjadi tidak berdaya.”

- Priyanka Chopra

 

Setujukah Bunda bahwa kondisi finansial seorang perempuan, akan memengaruhi segala aspek dalam kehidupannya? Menggaris bawahi ucapan Priyanka Chopra, seorang selebritis yang juga aktif mengusung kesetaraan gender dan hak-hak perempuan, ia mengajak semua perempuan di seluruh dunia untuk paham betul bahwa kemandirian finansial adalah hal yang sangat penting.

Sebagai salah satu selebritis Bollywood yang mendunia, Priyanka, yang juga memiliki beberapa bisnis disamping aktif dalam seni peran juga tarik suara, menceritakan bagaimana sang Bunda mengajarkannya untuk dapat mandiri sedari muda agar dapat menjalani hidup seperti apa yang dia inginkan.

“Ibu ku selalu mengatakan bahwa ketika seorang wanita mandiri secara finansial, dia memiliki kemampuan untuk menjalani kehidupan dengan caranya sendiri.” - Priyanka Chopra

Priyanka Chopra Bersama Ibunda, Madhu Chopra, dan Rekan Saat Pembukaan Klinik Baru Ibunda | The Indian Express

Baca Juga: Pengin Aman Secara Finansial, Ikuti 4 Tips Ini

Sebagai salah satu selebritis Bollywood yang mendunia, Priyanka, yang juga memiliki beberapa bisnis disamping aktif dalam seni peran juga tarik suara, menceritakan bagaimana sang Bunda mengajarkannya untuk dapat mandiri sedari muda agar dapat menjalani hidup seperti apa yang dia inginkan. Sang Bunda, yang juga adalah seorang dokter, selalu mengedepankan pendidikannya namun juga mendukung bakat dan karirnya. Memberikan contoh dan bekal bagi Priyanka untuk menjadi perempuan yang mandiri dalam segi apapun.

Kemandirian finansial pada perempuan yang sudah berkeluarga

Pada perempuan yang telah berkeluarga, kemandirian secara finansial menjadi hal yang sangat baik. Contohnya perempuan berkeluarga yang mandiri secara finansial dapat turut serta menopang keuangan keluarga dengan mengalokasikannya untuk dana cadangan, dana darurat, atau kebutuhan jangka panjang seperti pendidikan anak. Melihat semakin tingginya dana pendidikan yang dibutuhkan untuk masuk ke perguruan tinggi, maka orang tua yang keduanya telah mandiri secara finansial akan bisa menawarkan pendidikan yang lebih baik bahkan yang terbaik bagi anak-anaknya kelak. Kemandirian finansial pada perempuan yang telah berkeluarga juga dapat dialokasikan sebagai tabungan tetap jangka panjang.

Baca Juga: 4 Jenis Investasi Reksadana, Mana yang Cocok Buat Kamu?

Financial independence pada perempuan yang belum berkeluarga

Sedangkan pada perempuan yang belum berkeluarga atau belum menikah, kemandirian finansial akan membuat mereka tidak bergantung sama sekali pada siapapun, termasuk orang tua. Perempuan yang telah mandiri secara finansial namun belum berkeluarga justru dapat menikmati atau melakukan rencana-rencana pribadi dengan bebas, traveling misalnya. Dengan kemampuan finansial yang dimiliki, perempuan dengan kemandirian finansial dapat lebih fokus mengejar karir yang lebih tinggi, menyalurkan hobi menjadi usaha, maupun melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi. Sehingga benar apa yang dimaksud Priyanka Chopra, bahwa kemandirian finansial pada perempuan akan memberikan ruang untuk bereksplorasi dengan bebas.

Bunda yang Mandiri Secara Finansial Dapat Membantu Anak Mendapatkan Pendidikan yang Terbaik | Shutterstock

Financial freedom

Perempuan dengan kemandirian finansial yang baik, apabila dapat mengelola keuangannya dengan baik pula, memiliki kesempatan untuk mendapatkan kebebasan finansial atau lebih dikenal dengan Financial Freedom. Dimana seseorang tak perlu lagi mengkhawatirkan keuangan karena sudah memiliki kekayaan yang sangat cukup, juga sumber-sumber penghasilan yang mengalir tanpa harus perlu bekerja. Bagaimana caranya agar seorang perempuan dapat mencapai kebebasan finansial? Berikut ini 3 poin sederhana yang harus Bunda tahu.

Baca Juga: 10 Tips Keuangan Sebelum dan Setelah Menikah

  • Mempelajari berbagai cara dan mencari tahu yang paling cocok untuk dipilih sebagai jalan menuju kebebasan finansial. Yang paling populer dan sedang naik daun sekarang ini adalah dengan berinvestasi. Semakin muda atau semakin cepat memulai investasi maka keuntungan yang akan dirasakan pun akan lebih maksimal. Contoh lain misalnya dengan disiplin dalam menyisihkan tabungan setiap bulan. Ini juga merupakan salah satu cara untuk bisa sampai pada kebebasan finansial.
  • Mengetahui dan mencatat keluar-masuk dana setiap bulan. Hal ini akan mempermudah Bunda untuk mengontrol gaya hidup dan merencanakan pengeluaran di bulan berikutnya.
  • Pertahankan agar arus kas keluarga tetap positif, jangan sampai besar pasak daripada tiang. Dengan keuangan yang sehat, maka kebebasan finansial bukan lagi sesuatu yang tak realistis, melainkan benar-benar dapat diraih.

Apa yang telah kita pelajari hari ini dari pemikiran seorang perempuan hebat, Priyanka Chopra dan Ibunda, sungguh sangat menginspirasi. Menjadi mandiri dalam finansial bahkan memiliki kebebasan finansial, sepertinya sangat baik apabila dapat diraih bukan? Dan apapun yang dapat kita bayangkan dalam pikiran kita, bukanlah hal mustahil untuk mewujudkannya. Tak ada yang tak mungkin dengan kerja keras dan semangat. Sebagai salah satu perempuan hebat, seperti juga Priyanka Chopra dan Ibunda, semua Bunda pasti bisa mewujudkan masa depan dengan kualitas hidup yang lebih baik bersama keluarga tercinta.

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ruth Sinambela