I think a lot about teaching my kids to work hard. I’ve learned something about kids ? they don’t do what you say; they do what you do.
Jennifer Lopez

Hipnoterapi Pada Anak Dapat Dilakukan di Rumah, Sederhana dan Bermanfaat

author
Ruth Sinambela
Selasa, 9 November 2021 | 15:18 WIB
Gunakan Kalimat Positif Pada si Kecil Sambil Membelai Kepalanya | Shutterstock

Bunda sudah pernah mendengar tentang hipnoterapi? Seperti pada hypnoparenting, yaitu metode mendidik anak dengan memberi sugesti positif yang ditujukan langsung ke alam bawah sadar melalui kata-kata afirmatif dan dilakukan berulang-ulang, hipnoterapi juga merupakan terapi yang dilakukan dengan mengucapkan sugesti positif yang berulang (repetisi) kepada anak untuk menanamkan sebuah tujuan yang diharapkan. Contohnya pada anak yang susah makan, lewat hipnoterapi Bunda dapat membisikkan atau mengucapkan kata-kata motivasi yang berulang, misalnya… “Anak Bunda (sebut namanya) yang sehat dan pintar, mau makan dengan lahap supaya selalu sehat” pada waktu-waktu terbaik yang disarankan.

Aktivitas berulang tersebut tanpa disadari akan menggerakkan anak menjadi pribadi seperti yang Bunda harapkan. Dan manfaatnya akan terasa apabila hipnoterapi dilakukan secara rutin dan terus menerus.

Baca Juga: Bunda dan Ayah Pernah Bertengkar di Depan si Kecil? Ini Pengaruhnya Bagi Tumbuh Kembang Anak

Kapan waktu yang tepat untuk melakukan hipnoterapi?

Waktu terbaik untuk memberikan sugesti positif pada anak ternyata tidak hanya saat tidur atau ketika otak anak dalam keadaan alpha dan teta. Sugesti positif juga dapat diberikan saat anak dalam kondisi relax, sedang fokus pada sesuatu misalnya bermain puzzle, menggambar dan mewarnai, atau sembari Bunda memberi pijatan yang menenangkan.

Khusus untuk hipnoterapi yang dilakukan saat anak dalam keadaan tidur, waktu terbaik untuk membisikkan sugesti positif adalah pada waktu-waktu berikut ini.

  • 30 menit sebelum tertidur pulas
  • Saat anak dalam kondisi deep sleep
  • Saat anak mengigau
  • 30 menit sebelum bangun dari tidur

Bisikkan Kalimat-Kalimat Positif Saat si Kecil Tidur | SHUTTERSTOCK

Untuk itu tentu Bunda harus mempelajari waktu-waktu tersebut, agar dapat melakukan hipnoterapi di waktu terbaiknya. Dan jangan lupa untuk tidak menggunakan kata-kata negatif seperti “Jangan”, atau “Tidak Boleh”. Pilihlah kalimat positif dan lakukan sambil membelai juga mencium si  kecil. 

Baca Juga: Tips Pangeran William Bikin Anak-anaknya Cepat Tidur di Malam Hari

Pro dan kontra mengenai hipnoterapi pada anak

Karena tingkat keberhasilan dari hipnoterapi di rumah sangat bergantung pada lingkungan, juga kualitas hubungan antara orang tua dan anak, banyak ahli berpendapat bahwa indikasi bahaya, kegagalan, maupun keberhasilan dari metode ini belum dapat diketahui dengan pasti. Meskipun begitu, menurut orang tua yang sudah pernah mencoba hipnoterapi pada anak menyebut bahwa teknik ini benar-benar dapat membantu dan menunjukkan hasil yang baik. Namun tak sedikit pula orang tua yang beranggapan teknik hipnoterapi ini berlebihan, karena seolah-olah orang tua ingin mengendalikan pikiran anak. Selain itu ada juga orang tua yang meragukan manfaat dari hipnoterapi ini.

Baca Juga: Puber Dini pada Anak Berbahaya? Ini Penjelasan dan Ciri-cirinya

Bagaimana dengan Bunda, apa pendapat Bunda mengenai metode hipnoterapi? Apakah tertarik untuk mencobanya pada si kecil di rumah? Ya atau tidak, semua tergantung pendapat Bunda dan Ayah apakah menganggap hipnoterapi diperlukan atau tidak. Pada dasarnya semua didikan yang Bunda dan Ayah ajarkan, maupun kebaikan-kebaikan yang ingin Bunda dan Ayah tanamkan pada si kecil, akan selalu membuahkan hasil apabila dilakukan dengan kesabaran juga disampaikan dengan kasih sayang. Selamat mencoba!

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ruth Sinambela