When I get up and work out, I’m working out just as much for my girls as I am for me, because I want them to see a mother who loves them dearly, who invests in them, but who also invests in herself. It’s just as much about letting them know as young women that it is OK to put yourself a little higher on your priority list.
Michelle Obama

Tips Pangeran William Bikin Anak-anaknya Cepat Tidur di Malam Hari

author
Editor Kanya
Senin, 19 Oktober 2020 | 11:00 WIB
| IG @kensingtonroyal

 

Pangeran William punya tips membuat ketiga anaknya cepat tidur di malam hari. Ternyata simpel dan bisa dicontek, nih!
 
Salah satu masalah yang kerap dihadapi orang tua adalah menyesuaikan si kecil dengan waktu tidur di malam hari. Beberapa anak kadang sulit untuk diajak tidur meski sudah waktunya mereka naik ke tempat tidur.
 
Para ahli parenting menyebut, kunci berhasil membuat anak disiplin soal jam tidur malam adalah rutinitas. Orang tua menciptakan aktivitas rutin yang menandakan bahwa waktunya tidur akan segera tiba, misalnya dengan membersihkan badan, gosok gigi, mengganti baju dengan piyama, mematikan lampu hingga membacakan buku cerita di atas tempat tidur.
 
Dalam wawancara dengan BBC Radio 4’s Today belum lama ini, Pangeran William bercerita bahwa ia dan istrinya, Kate Middleton punya trik yang berbeda tapi terbukti efektif untuk membuat anak-anaknya mudah diajak tidur cepat.
 
“Sungguh menakjubkan pada waktu tidur, saya hanya perlu berteriak pada anak-anak ‘Kita akan menonton salah satu film dokumenter David (Sir David Attenborough, penyiar, penulis sekaligus naturalis asal Inggris)’ dan mereka langsung datang dan tenang duduk di atas tempat tidur. Itu adalah cara termudah membuat anak-anak siap untuk tidur,” cerita Pangeran William.
 
 
 
 
Kepedulian Pada Alam
 
Menurut Pangeran William, anak-anaknya memang punya ketertarikan lebih pada alam dan lingkungan. Apalagi setelah sudah banyak melihat film dokumenter David tentang alam, krisis lingkungan, dan kepunahan hewan.
 
Ketiga anak Pangeran William dan Kate Middleton bahkan tampak bersemangat ketika bisa bertanya langsung pada David soal hewan. Hal itu terlihat dari video pendek yang dibagikan oleh akun resmi Duke and Duchess of Cambridge di Instagram @kensingtonroyal. 
 
| IG @kensingtonroyal
 
Dalam video tersebut, Pangeran George, Putri Charlotte, dan Pangeran Louis masing-masing mengajukan pertanyaan pada David Attenbororugh.
 
“Hewan apa yang menurutmu akan punah berikutnya,” tanya Pangeran George yang langsung dijawab David bahwa ia berharap tidak ada hewan yang akan punah lagi.
 
Sementara itu, Putri Charlotte mengungkapkan bahwa ia menyukai laba-laba dan menanyakan apakah David  menyukai laba-laba juga. 
 
 
Menurut David, laba-laba adalah hewan yang menakjubkan tapi banyak orang yang takut padanya. “Mungkin karena laba-laba memiliki 8 kaki sehingga bisa bergerak tanpa bisa diprediksi bergerak ke arah mana,” jawab David.
 
Tak mau kalah dengan kedua kakaknya, Pangeran Louis juga mengajukan pertanyaan pada David namun dengan pertanyaan yang lebih sederhana. “Hewan apakah yang kamu suka?” ucapnya dengan suara lantang.
 
Kembali bicara soal trik Pangeran William dan Kate Middleton untuk membuat ketiga anaknya tidur cepat di malam hari, mungkin hal tadi bisa Bunda coba di rumah. 
 
Atau, Bunda juga bisa mencoba beberapa rekomendasi aktivitas bersama anak sebelum tidur berikut ini.
 
Podcast Dongeng Anak Masa Kini
Bukan orang dewasa aja lho yang bisa mendengarkan podcast. Anak-anak pun bisa mendengarkan podcast, terutama sebagai kegiatan penghantar tidur, seperti Podcast Dongeng Anak Masa kini yang bercerita tentang berbagai cerita rakyat seperti Si Kancil, Malin Kundang, dan beberapa dongeng lainnya.
 
Lullaby For Babies
Beberapa anak jadi mudah tertidur setelah mendengarkan lagu atau musik. Salah satu aplikasi berisi lagu-lagu pengantar tidur adalah Lullay For Babies yang bisa di-downlad secara gratis di Google Play Store.
 
Lightning Bug
Aplikasi ini berisi hampir 200 white noise untuk mengiringi anak tidur seperti suara ombak, vacuum cleaner, blender, hingga mesin cuci.
 
White noise seperti yang terdapat di aplikasi ini adalah kombinasi berbagai suara dari berbagai frekuensi yang membuat bisa tertidur tenang. Lightning Bug juga terdapat di Google Play Store secara gratis.
 
 
 
 
Buku 100 Cerita Klasik
Buku kumpulan cerita klasik ini wajib dimiliki, nih. Buku terbitan Bhuana Ilmu Populer (BIP) ini bisa menjadi bacaan dongeng pengantar untuk si buah hati. Berbagai macam cerita klasik ada di sini seperti Aladin, Rapunzel hingga Chicken Little.
 
Goodnight, Moon
Buku ini bercerita tentang kelinci yang selalu mengucapkan selamat tidur pada semua yang ada di lingkungan sekitarnya.
 
Kalimat sederhana dan berulang seperti ‘Selamat malam, Bulan!, ‘Selamat malam, balon merah!’ seperti menjadi tanda bahwa sebentar lagi si kecil juga harus mengucapkan goodnight kemudian tidur.
 
 
 
Selamat mencoba Bunda!
Penulis Editor Kanya
Editor Ratih Sukma Pertiwi