Try to be a rainbow in someone else’s cloud.
Maya Angelou

5 Mainan Banyak Manfaat, Awet, dan Bisa Diwariskan ke Adik

author
Ruth Sinambela
Jumat, 12 November 2021 | 11:58 WIB
Pilihlah Mainan yang Mendidik dan Awet Untuk si Kecil | Shutterstock

Seperti halnya semua anak membutuhkan nutrisi lengkap setiap hari, maka begitu pula dengan waktu bermain. Setiap anak membutuhkan waktu bermain yang cukup dalam tumbuh kembang mereka. Bermain akan memberikan mereka ruang yang tak terbatas dalam mengembangkan imajinasi, meningkatkan kemampuan kognitif, juga mengasah motoriknya. Untuk itulah sangat disarankan agar Bunda memberi sebanyak-banyaknya waktu bermain pada si kecil di rumah.

Bermain bisa dimana saja, kapan saja, dan dengan apa saja

Semua anak dibekali kecerdasan dan kemampuan untuk menjadi penemu. Tanpa mainan yang Bunda dan Ayah belikan pun, mereka pasti tetap dapat bermain dengan gembira. Hanya saja, tentu Bunda akan sedikit kewalahan karena saking asyiknya si kecil berimajinasi, berbagai macam perlengkapan dapur, perlengkapan tidur, atau lainnya, berserakan dimana-mana. Kalau sudah begitu, bisa-bisa Bunda malah jadi kelelahan.

Baca Juga: Anak Ternyata Butuh Bermain Sendiri, Ini Alasannya

Karena itulah membelikan mainan untuk anak sah-sah saja, yang penting mainan harus aman dan bermanfaat untuk melatih kecerdasan, kreatifitas, dan memberi pengaruh positif dalam perkembangan mental mereka. Yang perlu diingat adalah jangan sampai Bunda dan Ayah berlebihan dalam membelikan mainan untuk si kecil. Menurut penelitian di University of Toledo, Ohio, AS, tumbuh kembang anak yang optimal tidak tergantung dari seberapa banyak mainan yang dibelikan. Sebaliknya, penelitian justru membuktikan bahwa anak akan menjadi jauh lebih kreatif ketika memiliki lebih sedikit mainan. Belum lagi memiliki mainan yang terlalu banyak, tak dapat dipungkiri bisa berdampak buruk bagi lingkungan. Ketika nantinya mainan rusak dan dibuang tanpa didaur ulang, mainan-mainan tersebut akan menjadi sampah yang membahayakan lingkungan. Tentu sebagai Bunda yang cerdas, hal ini harus menjadi perhatian bersama ya, Bun.

Bermain Boneka Mengasah Empati dan Kecerdasan Bahasa Anak | Shutterstock

Rekomendasi mainan untuk si kecil

Daripada menumpuk terlalu banyak mainan di rumah, berikut ini 5 rekomendasi mainan anak dengan banyak manfaat, awet, juga dapat Bunda turunkan atau wariskan pada adik atau calon adik nantinya.

Baca Juga: Bolehkan Anak Laki-laki Main Boneka? Apa Manfaatnya?

  • Boneka kedengarannya klasik ya, Bun. Padahal Boneka sangat baik untuk dimainkan oleh si kecil. Dengan bermain boneka, anak akan belajar untuk berempati dan menyayangi, juga bermain boneka akan meningkatkan kecerdasan bahasa pada anak. Apabila dirawat dengan baik, boneka dapat disimpan dan dimainkan kembali dalam waktu yang lama.
  • Block bricks dan balok mainan memiliki berbagai warna menarik dan cerah. Ini akan membantu anak belajar tentang warna. Memainkan block bricks, juga balok mainan, dapat mengasah kreatifitas dan imajinasi.
  • Puzzle sangat bermanfaat untuk mengasah kemampuan anak dalam menyelesaikan masalah atau problem solving. Puzzle juga bermanfaat untuk melatih motorik halus dan logika si kecil. Yang perlu diingat adalah si kecil harus memainkan puzzle yang sesuai dengan usianya ya, Bun. Semakin besar usianya semakin tinggi pula level kesulitan puzzle yang dimainkan. Tenang saja Bunda, material puzzle yang tebal memungkinkan Bunda untuk menyimpan dan menggunakannya lagi nanti saat diperlukan.
  • Sepeda dan sepatu roda. Keduanya merupakan permainan outdoor yang menyenangkan dan sangat disukai si kecil. Kedua permainan tersebut bukan hanya melatih ketangkasan namun sekaligus juga memberi manfaat untuk kesehatan. Bersepeda dan bersepatu roda adalah jenis permainan yang dimainkan sambil berolahraga. Biasanya sepeda dan sepatu roda dapat disimpan dan dimainkan lagi nantinya, namun ingatlah untuk menyimpan dan merawatnya dengan baik ya, Bunda. Juga harus dicek dulu keamanannya sebelum menggunakannya lagi, apabila Bunda sudah cukup lama menyimpannya di gudang.
  • Peralatan berkemah atau kemah mainan. Keduanya, apabila Bunda menyimpannya dengan baik, maka akan dapat digunakan sewaktu-waktu untuk waktu yang lama lho, Bun. Anak-anak pun sangat menyukai permainan ini karena memberi mereka kesan berpetualang. Berkemah di luar rumah maupun di dalam rumah akan membangkitkan jiwa berpetualang juga cinta lingkungan pada diri si kecil. Sangat bermanfaat ya, Bun.

Baca Juga: 7 Tips dan Manfaat Bermain Bersama Anak

Boleh jadi Bunda tak perlu repot-repot membereskan banyak mainan yang berserakan setiap harinya nih, kalau mainan si kecil tidak terlalu banyak. Si kecil juga dapat lebih mengeksplorasi dan bermain dengan nyaman tanpa harus bermain dengan berbagai mainan berserakan di lantai. Apapun itu, yang terbaik adalah apabila Bunda dan Ayah selalu memiliki waktu untuk bermain dengan si kecil. Karena sudah pasti, memainkan permainan apapun, asal dilakukan bersama orang tua mereka adalah waktu bermain paling menyenangkan yang tak ada tandingannya.

 

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ruth Sinambela