Keep your face always toward the sunshine, and shadows will fall behind you
Walt Whitman

Bunda Harus Tahu, Takaran Gula yang Disarankan Untuk Konsumsi si Kecil

author
Ruth Sinambela
Jumat, 12 November 2021 | 15:16 WIB
Permen Adalah Salah Satu Makanan Manis yang Paling Disukai Anak-Anak | Shutterstock

Membatasi konsumsi gula pada si kecil mungkin mudah dilakukan ketika mereka masih bayi. Namun saat mereka semakin besar dan mulai mengonsumsi berbagai jenis makanan, saat itulah membatasi asupan gula pada si kecil akan lebih sulit dilakukan. Ketika si kecil mulai mengenal juga menyukai makanan dan minuman manis seperti roti, ice cream, sirup, atau permen, seberapa banyak Bunda memperbolehkan mereka mengonsumsinya adalah hal utama yang harus Bunda perhatikan.

Gula sebenarnya sangat dibutuhkan oleh si kecil sebagai sumber utama energi. Tanpa gula yang cukup, tubuh akan menggunakan lemak dan protein sebagai sumber energi. Hal ini tidak baik karena nantinya si kecil malah kekurangan dua zat tersebut sehingga dapat membuat metabolisme tubuh jadi terganggu. Walau begitu, tubuh sebenarnya hanya membutuhkan kurang dari 10 persen gula dari total asupan energi, atau setara dengan 50 gram gula per hari.

Baca Juga: Fakta Penting Tentang Konsumsi Kopi pada Anak

Sumber gula alami bagi si kecil

Bunda harus bijak memilih sumber gula yang dikonsumsi si kecil. Boleh saja memberikan kue coklat atau permen pada si kecil, namun sesekali saja pada kesempatan tertentu. Apabila dikonsumsi berlebihan, makanan manis seperti ini justru akan merugikan si kecil karena dapat membuatnya kelebihan berat badan, gigi berlubang, meningkatkan risiko diabetes tipe 2, bahkan kerusakan organ jantung. Alangkah baiknya apabila Bunda memilih sumber gula alami, seperti madu, dan buah-buahan untuk menggantikan makanan-makanan manis tinggi kalori untuk si kecil.

Selain itu, mengurangi konsumsi makanan atau minuman manis seperti minuman kaleng, kue, permen, dan lain sebagainya, dapat dilakukan dengan membuatkan camilan sehat rendah gula yang Bunda buat sendiri di rumah. Buatlah menu atau jenis makanan yang disukai si kecil agar sedikit demi sedikit si kecil dapat mengurangi keinginan mereka untuk jajan di luar, atau makan makanan kemasan ya, Bun.

Batasi Konsumsi Permen Pada si Kecil Demi Kesehatannya | Shutterstock

Baca Juga: Blooming Tofu, Camilan Buat Sekolah Online Si Kecil

Berapa banyak sebaiknya si kecil mengonsumsi gula setiap hari?

Dalam memberikan gula pada si kecil, Bunda haruslah memperhatikan usia dan kebutuhan mereka. Selain itu ingatlah untuk memilih sumber gula yang alami, dan aman. Berikut ini jumlah konsumsi gula per hari yang dianjurkan oleh WHO, sesuai usia anak.

  • 2-5 sendok teh untuk anak usia 3 tahun
  • 2,5-6 sendok teh untuk anak usia 4-6 tahun
  • 4-8 sendok teh untuk anak usia 7-12 tahun
  • 5-9 sendok teh untuk anak usia 13 tahun hingga dewasa

Baca Juga: Kata Dokter: 4 Langkah Penanganan Alergi Makanan Pada Anak

Apabila konsumsi gula si kecil berlebihan, Bunda dapat  mengajak si kecil bergerak atau berolahraga. Pada dasarnya anak-anak sangat aktif, hal ini sangat baik karena dapat membakar kalori, sehingga si kecil tidak kelebihan berat badan. Dalam hal ini, lagi-lagi Bunda memegang peranan yang sangat penting, ya. Si kecil sungguh beruntung karena memiliki Bunda yang peduli, penyayang, dan cerdas seperti Bunda. Semangat dalam mendukung tumbuh kembang terbaik si kecil ya, Bun! 

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ruth Sinambela