Try to be a rainbow in someone else’s cloud.
Maya Angelou

Perayaan Tahun Baru di Indonesia, Sederhana Penuh Kehangatan

author
Ruth Sinambela
Jumat, 31 Desember 2021 | 11:26 WIB
Selamat Menjelang Pergantian Tahun | Shutterstock

Malam tahun baru sewajarnya dirayakan di seluruh dunia, sebagai waktunya bersyukur karena telah melewati satu tahun, juga sebagai tanda harapan dalam menyongsong tahun baru yang telah menunggu di depan. Tak terkecuali, masyarakat Indonesia juga memiliki ciri khas tersendiri dalam merayakan tahun baru. Bunda tentu sudah tak asing lagi dengan cara-cara unik, sederhana, namun sama halnya memberikan kegembiraan seperti yang dilakukan di seluruh dunia ini. Apa saja sih, Bun? Yuk, ikut bercerita!

Baca Juga: Ide Anti Gagal: Merencanakan Liburan Natal dan Tahun Baru di Rumah

Meniup terompet kertas

Terompet Kertas Berbagai Bentuk Tidak Lagi Ada Menjelang Pergantian Tahun Karena Pandemi Covid-19 | Shutterstock

Wah, ini sih semua orang Indonesia waktu kanak-kanak pasti pernah merasakan ya, Bun. Walau dua tahun belakangan, terompet kertas tak lagi disarankan untuk memeriahkan pergantian tahun, demi mencegah penularan Covid-19. Kalau boleh bernostalgia, rasanya gembira sekali ya, waktu kecil dulu. Hanya dengan diperbolehkan tidur larut malam, dan meniup sekencang-kencangnya terompet kertas, bersama keluarga tercinta. Perayaan tahun baru menjadi hari yang menyenangkan dan berkesan.

Bakar-bakaran atau barbeque dengan kearifan lokal

Mulai Dari Ikan, Sosis, Hingga Jagung Menjadi Bahan Untuk Barbeque Bersama Keluarga Sambil Menunggu Pergantian Tahun | Shutterstock

Sekarang ini, peralatan barbeque sudah semakin mudah didapat dan canggih pula. Berbeda dengan dulu, saat Bunda masih kanak-kanak. Walau hanya membakar jagung dan dengan alat bakar sederhana, namun karena dilewati bersama keluarga atau teman, maka menunggu waktu pergantian tahun menjadi sangat istimewa.

Baca Juga: Aneka Barbeque Tahun Baru Cukup Dengan Satu Bumbu, Ini Video Cara Bikinnya

Pesta kembang api

Monumen Nasional (Monas) Menjadi Salah Satu Titik Keramaian Pergantian Tahun Sebelum Pandemi Covid-19 | Shutterstock

Nah, kalau ini biasanya dilakukan setelah puas meniup terompet kertas ya, Bun. Entah mengapa saat malam pergantian tahun itu kok, tidak ada rasa kantuk, ya? Bukannya tidur setelah puas meniup terompet kertas, anak-anak juga orang dewasa malah lanjut menyalakan kembang api di halaman rumah masing-masing, iya nggak, Bun? Masih terus dilakukan sampai sekarang, tergantung budget, Bunda dapat membeli kembang api yang paling murah, hingga yang paling mahal sehingga dapat dinikmati oleh lebih banyak orang dan tetangga di lingkungan rumah.

Jalan-jalan keliling kota hingga menyaksikan hiburan rakyat gratis

Nah, tradisi ini sudah dua tahun belakangan dilarang oleh pemerintah ya, Bun. Mengingat pandemi belum berakhir, ada baiknya Bunda dan keluarga mengurangi mobilisasi, ya! Meskipun, sebelum pandemi menyerang, kegiatan atau tradisi ini sungguh memeriahkan pergantian tahun. Banyak dilakukan bersama keluarga, teman, atau pasangan. Pada saat pergantian tahun, jalanan akan ramai oleh masyarakat. Belum lagi di berbagai tempat pariwisata, penginapan, dan tempat umum lainnya hiburan seperti konser musik gratis akan banyak disuguhkan untuk masyarakat.

Baca Juga: Mixed Fruit Punch Ini Bikin Sajian Tahun Baru Kamu Jadi Komplit

Dua tahun belakangan suasana pergantian tahun memang agak berbeda dengan sebelumnya. Bagaimanapun perbedaan yang terasa, mungkin tanpa orang terkasih yang telah terlebih dahulu kembali ke Sisi Tuhan, namun dengan tetap bersyukur dan mau melangkah dengan tegar, tentu akan memberi kekuatan dan membuat tahun baru yang menanti di depan sana rasanya lebih hangat, penuh harapan, juga lebih bersahabat untuk dilalui ya, Bun.

Teruntuk semua Bunda hebat, yang terus ada, bertahan, dan berjuang, Kanya mengucapkan selamat karena telah melalui tahun 2021, ya! Semoga di tahun yang baru, Bunda senantiasa mendapatkan kehidupan yang lebih baik, dan lebih semangat lagi dalam mengoptimalkan diri juga dianugerahi kehidupan dengan kebahagiaan sejati. Selamat merayakan pergantian tahun! Selamat tahun baru 2022!

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ruth Sinambela