For me, motherhood is learning about the strengths I didn’t know I had, and dealing with the fears I didn’t know existed.
Halle Berry

Ide Anti Gagal: Merencanakan Liburan Natal dan Tahun Baru di Rumah

author
Ruth Sinambela
Rabu, 8 Desember 2021 | 16:14 WIB
Memberikan Kado Untuk Si Kecil Akan Lebih Seru Bila Dilakukan Dengan Cara Berburu Kado | Shutterstock

Jangan sedih kalau rencana liburan di libur natal dan tahun baru Bunda dan keluarga, terpaksa ditunda atau batal, ya. Meski PPKM Level 3 Se-Indonesia kemarin resmi dibatalkan pemerintah, tetap waspada dan taati Protokol Kesehatan dimanapun berada, Bun! Mengingat adanya varian Covid-19 baru, Omicron, yang disebut lebih mudah menular, sebaiknya Bunda tetap mempertimbangkan opsi untuk mengurangi mobilisasi dan menghabiskan libur natal dan tahun baru di rumah saja.

Untuk itu Kanya mau kasih ide agar Bunda sekeluarga tak kehabisan ide apalagi merasa bosan melakukan rutinitas yang itu-itu saja, bersama Ayah dan si kecil di rumah. Semua kegiatan yang akan Kanya berikan dalam artikel ini, sudah sering dilakukan oleh banyak keluarga dan terbukti anti gagal, juga tak kalah menyenangkan dan seru dari liburan ke luar rumah, Bun. Yuk, mulai persiapannya dari sekarang!

Baca Juga: Yuk, Ajak Si Kecil Liburan Seru Dekat dengan Alam!

Menonton Film Natal Bersama Dapat Menjadi Tradisi Keluarga Setiap Akhir Tahun | Shutterstock

Marathon film atau acara televisi favorit keluarga

Matikan seluruh lampu di ruang TV, dan biarkan lampu kelap-kelip di pohon natal tetap menyala. Bunda tinggal menyiapkan popcorn, cola, dan makanan lainnya di meja. Pilihlah film atau tontonan yang menjadi favorit semua keluarga, misalnya Home Alone, Harry Potter, atau lainnya. Khusus untuk film yang memiliki banyak seri, Bunda bisa mengatur jadwal untuk menontonnya, seperti misalnya setiap minggu di bulan Desember hingga tahun baru. Kegiatan seperti ini bisa Bunda dan keluarga lakukan tiap tahun, bahkan menjadi tradisi hingga tua nanti, lho. Kehangatan dan kebersamaan di waktu-waktu seperti ini, harganya lebih mahal dari apapun, Bun.

Barbeque Night Sangat Cocok Dilakukan Bersama Keluarga di Malam Pergantian Tahun | Shutterstock

Barbeque night

Barbeque ala Korea, atau sate tradisional Indonesia. Apa saja boleh, Bun, tergantung favorit keluarga Bunda masing-masing saja. Undanglah beberapa keluarga dekat saja, supaya rumah tidak terlalu ramai. Ijinkan si kecil tidur agak malam agar ia juga dapat menikmati liburan bersama keluarga di malam natal dan tahun baru dengan gembira.

Baca Juga: Tips Liburan Bareng si Kecil Saat Pandemi dan 6 Rekomendasi Tempatnya

Siapkan Kado Untuk Setiap Peserta yang Menyanyi Dengan Semangat | Shutterstock

Karaoke dan lomba menyanyi di rumah

Akan sangat seru dilakukan oleh Bunda yang memiliki keluarga besar di rumah. Tapi, boleh saja kok kalau Bunda dengan keluarga kecil melakukannya juga, apalagi kalau semuanya hobi nyanyi, nih. Caranya gampang, Bun. Tak perlu sound system atau alat karaoke lengkap. Cukup dengan microphone wireless, dan akses internet, Bunda dan keluarga dapat bernyanyi bersama sambil menikmati liburan akhir tahun. Jangan lupa untuk menyiapkan hadiah menarik, untuk si kecil atau seluruh keluarga yang mengikuti lomba menyanyi. Beritahukan rencana Bunda lebih awal, agar anggota keluarga yang lain memiliki waktu untuk mempersiapkan diri. Dijamin, rumah Bunda akan berubah semarak bak program pencarian bakat di televisi.

Sembunyikan Kado dan Tantang Si Kecil Untuk Mencari dan Menemukannya Sendiri | Shutterstock

Mengajak si kecil berburu harta karun

Kegiatan ini sudah pasti akan membuat si kecil bersemangat, apalagi kalau harta karun yang Bunda dan Ayah siapkan menarik dan disukai oleh mereka. Bunda dan Ayah dapat menentukan Rules-nya semudah atau sesulit mungkin. Misalnya, si kecil harus melakukan beberapa hal konyol sebelum bisa melangkah lebih jauh dalam mencari harta karun yang Bunda sembunyikan. Dan lain sebagainya. Banyak-banyaklah mencari referensi agar Bunda dapat menyajikan perburuan harta karun yang menarik dan seru.

Baca Juga: Si Kecil Masih Libur? Yuk, Ke Dapur Bikin Harajuku Potato Stick Ini!

Berkumpul bersama keluarga dalam keadaan sehat saja, sebenarnya sudah harus disyukuri. Apalagi dapat menikmati momen juga kehangatan di rumah, tentu akan menjadi kado natal dan tahun baru terbaik ya, Bun. Selamat berkreasi, dan selamat menyusun rencana bersama keluarga tercinta!

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ruth Sinambela