The best way to make children good is to make them happy.
Oscar Wilde

Yuk, Ajak Si Kecil Liburan Seru Dekat dengan Alam!

author
Ratih Sukma Pertiwi
Kamis, 13 Juni 2019 | 11:00 WIB
Liburan seru bersama anak | SHUTTERSTOCK

Liburan bersama keluarga tentu sangat menyenangkan. Apalagi lewat liburan, orang tua bisa mengajarkan banyak hal pada anak. Mulai dari disiplin hingga peduli pada lingkungan.

Liburan keluarga memiliki banyak manfaat bagi tumbuh kembang anak. Selain jalan-jalan menyenangkan, liburan menjadi saat tepat mempererat bonding anak dan orang tua. Saat ini beberapa tempat liburan sudah sangat mengedepankan soal kedekatan dengan alam dan peduli lingkungan.

Nah, buat Bunda yang masih bingung mencari tempat liburan, berikut ini rekomendasi tempat liburan seru dekat dengan alam sesuai usia anak.

 

BATITA

Tempat wisata yang bertujuan mengenalkan satwa pada batita, serta memberikan pengalaman baru sambil melihat langsung satwa dan mengeksplorasi alam.

1.Faunaland, Ancol

Di sini balita bisa melihat satwa dari benua Asia dan Australia dalam lingkungan fauna yang tak kalah menariknya.

Faunaland | www.ancol.com

 

2.Scientia Square Park, Gading Serpong

Dijamin batita Bunda sangat suka berlibur ke sini. Selain taman terbuka yang luas dan hijau, di sini juga tersedia fasilitas lainnya seperti peternakan koi, jalur jogging, taman kupu-kupu, kids playground.

Baca juga: 5 Tempat Glamping yang Seru Bareng Keluarga

Scientia Park | @scientiasquare.park

 

USIA 4-8 TAHUN

Pada usia ini anak bisa diajak ke wahana bermain air, wisata kreatif seperti membuat tembikar, melukis layang-layang atau merasakan kehidupan di alam seperti mandi di sungai, memandikan kerbau, atau memberi makan hewan ternak.

1.The Ranch, Lembang

Anak-anak pasti betah berlama-lama di sini. Selain udaranya yang sejuk, anak-anak juga bisa bermain di lapangan luas, menunggang kuda, memberi makan sapi dan melihat sapi Australia sedang makan rumput. 

Khusus sapi Australia ditempatkan terpisah dari sapi lainnya yang di dalam kandang. Anak-anak bisa melihat dan belajar tentang bagaimana sapi Australia ini dipelihara dengan sangat baik.  Anak-anak juga akan diedukasi tentang manfaat daging sapi Australia yang menjadi sumber protein hewani terbaik bagi tubuh.

Baca juga: Pentingnya Zat Besi Bagi Anak, Daging Merah Bisa Jadi Pilihan

Anak Bunda sulit makan menu daging? Nah, cocok sekali diajak berwisata ke sini. Anak jadi paham bahwa daging sapi sangat kaya nutrisi berupa protein dan 5 nutrisi penting lainnya, seperti zat besi, seng, selenium, omega-3, serta vitamin B Kompleks. Untuk tumbuh kembang tubuh dan otak anak yang optimal, sebaiknya Bunda memberikan asupan daging merah 3-4 kali seminggu dengan porsi 100 gram per tiap sajiannya.

Jika anak malas makan daging sapi karena teksturnya keras, Bunda bisa memilih daging sapi Australia yang teksturnya empuk, lembut dan juicy. Kelebihannya lagi, daging sapi Australia tidak membutuhkan waktu lama untuk dimasak sehingga bumbu masakan lebih cepat meresap. Praktis, kan, Bunda?

Baca juga: 5 Jalan Menjaga Asupan Nutrisi Anak

De Ranch | de ranch lembang

 

2.D’Kandang, Depok

Anak-anak bisa merasakan langsung memegang anak kambing, memberi makan sapi, memandikan kerbau, dan juga menanam padi di sawah serta mandi di sungai.

Anak-anak juga akan diedukasi tentang hewan ternak terutama sapi. Pengunjung bisa berinteraksi langsung misalnya dengan memberi susu pada anak sapi dan memerah susu sapi. Ini akan menjadi pengalaman yang seru dan tak terlupakan bagi mereka.

D'Kandang | D'Kandang_doc

 

USIA 8-12 TAHUN

Pada usia 8-12 tahun, anak-anak bisa diajak berlibur ke tempat wisata edukasi seperti museum dan observatorium.

1.Planetarium, Jakarta

Mempelajari tentang luar angkasa pasti sangat menarik bagi anak usia 8-12 tahun. Selain bisa mengenal planet dan benda langit, mereka juga bisa merasakan langsung melihat bintang-bintang.

Planetarium | Planetarium Jakarta

2.Taman Pintar, Yogyakarta

Ini adalah wahana bermain sekaligus belajar untuk anak-anak karena di sini disediakan berbagai sarana pembelajaran sains melalui pengamatan langsung atau praktik sederhana.

Taman Pintar | Taman Pintar Yogyakarta

 

#Dagingsapiaustralia

Penulis Ratih Sukma Pertiwi
Editor Ratih Sukma Pertiwi