Success is not final, failure is not fatal: it is the courage to continue that counts.
Winston Churchill

Tips Memilih Kantong ASI dan Rekomendasinya

author
Ruth Sinambela
Senin, 10 Januari 2022 | 11:12 WIB
Tips Memilih Kantong ASIP | ProductNation

Kantong ASI Perah (ASIP) merupakan wadah yang dirancang khusus untuk menyimpan ASIP di dalam freezer, agar dapat disimpan dalam waktu lama, dan digunakan saat diperlukan. Kini, kantong ASIP lebih banyak diminati oleh para Bunda karena dianggap lebih praktis, dan membutuhkan lebih sedikit tempat untuk penyimpanannnya, dibandingkan apabila Bunda menggunakan Botol Kaca ASIP (BKA).

Baca Juga: Berat Badan Si Kecil Sulit Naik, Kenapa dan Bagaimana Mengatasinya?

Tips memilih kantong ASIP

Banyak sekali merek-merek kantong ASI yang dapat Bunda pilih dengan kualitas terbaik di pasaran. Namun apabila Bunda ingin memilih kantong ASIP terbaik yang sesuai dengan keinginan Bunda, tak ada salahnya menyimak tips memilih kantong ASIP berikut ini.

  • Pilih kantong ASIP yang kapasitasnya sesuai dengan usia bayi. Sehingga ketika Bunda mencairkan ASIP untuk diberikan kepada si kecil, tidak aka nada ASIP yang tersisa dan terbuang, Bun. Satu kantong ASIP sebaiknya cukup untuk satu kali bayi minum.
  • Sesuaikan jumlah kantong dalam kemasan, dengan banyaknya kantong yang BUnda butuhkan untuk menyimpan ASIP. Apabila Bunda tak terlalu banyak menyimpan ASIP, sebaiknya pilihlah kemasan yang isi kantong ASIP-nya sedikit saja.
  • Lihat juga fungsi lain dalam kantong ASIP, sesuai dengan kebutuhan Bunda. Misalnya, produk kantong ASIP berbentuk gusset yang dapat mempermudah Bunda saat menuang ASIP, kantong ASIP dengan double zipper, atau kantong ASIP dengan mutu sterilisasi terbaik.
  • Pilihlah kantong ASIP yang telah disterilisasi dan higienis.

Baca Juga: Bolehkah ASIP Berbau Tengik Dikonsumsi?

Rekomendasi kantong ASIP untuk Bunda serta kelebihannya

Gabag breastmilk storage bags. Kelebihannya, kantong ASIP dapat dilipat saat disimpan dalam cooler bag. Juga bisa berdiri tegak saat disimpan di lemari es. Kantong ini juga dilengkapi double zipper sehingga kualitas ASI di dalamnya lebih terjaga.

Gabag Breastmilk Storage Box | momtobeshop.com

Gabag colibri classic storage bags. Berkapasitas 120 ml, kantong ASIP ini memiliki harga terjangkau, Bun, cocok untuk Bunda yang menggunakan kantong ASIP setiap hari.

Gabag Kolibri Breastmilk Storage Box dengan Harga Lebih Terjangkau | Lazada

Little baby breastmilk bag with thermal sensor. Berkapasitas 200 ml dan memiliki desain corong, kantong ASIP ini akan mempermudah Bunda saat akan menuang ASIP.

Little baby breastmilk bag with Thermal Sensor | Shopee

Philips avent breastmilk storage bags. Kantong ASIP ini memiliki segel anti rusak yang menunjukkan bahwa kantong belum pernah disentuh sebelum digunakan pertama kali. Selain itu, pelindung samping dan bahan berlapis ganda juga menjamin ASIP Bunda tersimpan dengan aman.

Philips Avent Breast Milk Storage Bags |

BKA breastmilk storage bags. Produk kantong ASIP ini memiliki thermal sensor, Bun. Setelah ASIP di dalam kantong selesai dihangatkan atau dicairkan, thermal sensor akan memberi tanda pada Bunda, apabila suhu ASIP sudah siap untuk diberikan pada si kecil.

BKA Breastmilk Storage Bag | Orami

Baca Juga: Ukuran Payudara Kecil, ASI Jadi Lebih Sedikit?

Dan masih banyak lagi kantong ASIP berbagai merek, seperti Pigeon, Baa Baa, Medela, Malish, Momo, dan lain sebagainya, yang dapat Bunda pilih dengan harga dan kualitas yang berbeda pula. Pada akhirnya, Bunda dapat memilih yang sesuai dengan kebutuhan Bunda dan si kecil di rumah.

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ruth Sinambela