The best way to make children good is to make them happy.
Oscar Wilde

Panggul Besar Persalinan Lancar. Apa Iya?

author
Ruth Sinambela
Jumat, 14 Januari 2022 | 14:57 WIB
Power, Passenger, Passage Merupakan 3 Hal yang Sangat Mempengaruhi Lancarnya Persalinan | Shutterstock

Bunda pasti sudah sering dengar kalau memiliki panggul besar dapat membuat persalinan lebih mudah dan lancar, ya? Apa benar begitu?

Sebenarnya, ada 3 hal utama yang mempengaruhi lancarnya persalinan. Tiga hal ini yaitu Power, Passenger, dan Passage, atau disebut juga 3P. Power merupakan kekuatan kontraksi dan mengejan yang dilakukan Bunda saat persalinan. Kemudian passenger merupakan ukuran bayi yang akan lahir. Dan terakhir passage, yaitu jalan lahir. Sedangkan hal-hal lain seperti posisi bayi, dapat menimbulkan masalah saat persalinan walau mungkin 3P Bunda sudah bagus.

Baca Juga: Melahirkan Caesar Dengan Metode ERACS, Minim Sakit dan Cepat Pulih

Jangan salah, panggul dan pinggul berbeda

Kenyataannya banyak Bunda yang salah mengira kalau panggul dan pinggul sama. Padahal, kedua bagian tubuh ini berbeda lho, Bun. Namun, walau berbeda, panggul dan pinggul saling berkaitan. Pinggul merupakan bagian luar dari panggul, jadi apa yang dapat Bunda lihat adalah pinggul, yaitu yang memproyeksikan atau menutup panggul. Sedangkan panggul sendiri sebenarnya merupakan gabungan atau susunan tulang, sendi, dan otot, yang dapat merenggang selama persalinan. 

Persalinan Lancar Ditentukan Oleh Seluruh Tubuh Bunda yang Bekerja Sama dengan Baik | Shutterstock

Pintu atas panggul (PAP)

Panggul memiliki bagian penting yang disebut pelvis inlet atau pintu atas panggul. Merupakan rongga yang posisinya berada tepat di tengah panggul. PAP akan berkontraksi dan mendorong bayi keluar dari tubuh Bunda saat melahirkan.

Baca Juga: Jika ASI Tidak Langsung Keluar Setelah Melahirkan

Apabila PAP Bunda berukuran besar, tentu akan sangat membantu saat persalinan. Kabar baiknya, PAP tidak ditentukan oleh lebar atau sempitnya ukuran panggul, Bun. Sehingga bagi Bunda yang pinggulnya terlihat kecil dari luar, belum tentu panggulnya juga kecil, atau sebaliknya. Dan apabila ternyata panggulnya besar, perlu dilihat juga apakah PAP-nya besar atau kecil.

Tak sampai disitu. Ada fakta menarik yang Bunda juga harus tahu, nih. Hormon relaksin, atau hormon yang dibentuk oleh ovarium dan plasenta, ternyata berperan untuk melunakkan dan melonggarkan pengikat sendi yang menyatukan tulang-tulang panggul. Apabila produksi hormon relaksin Bunda bagus, ini juga akan semakin mempermudah proses melahirkan.

Baca Juga: Kata Dokter: Benarkah Bumil Minus Tinggi Tidak Bisa Melahirkan Normal?

Kesimpulannya bukan hanya panggul besar, namun seluruh tubuh Bunda yang bekerja sama dengan baiklah, yang akan menentukan persalinan menjadi mudah dan lancar. Tetap optimis dan berpikir positif ya, Bun!

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ruth Sinambela