Love as powerful as your mother’s for you leaves its own mark to have been loved so deeply .. will give us some protection forever.
J.K. Rowling

Kategori Vaksin Covid-19 Booster Menurut Kemenkes

author
Ruth Sinambela
Kamis, 20 Januari 2022 | 15:00 WIB
Vaksin Booster atau Vaksin Ketiga Covid-19 Sudah Mulai Diperuntukkan bagi Masyarakat | Shutterstock

Sudahkah Bunda menerima vaksin covid-19 booster, atau vaksin ke-3?

Sejak Rabu yang lalu (12/1/2022), pemerintah telah memulai program pemberian vaksin covid-19 dosis ke-3, yang sebelumnya baru diterima oleh Tenaga Kesehatan (Nakes) saja. Kini, seluruh masyarakat Indonesia sudah bisa mendapatkan vaksin booster ini secara gratis.

Melalui aplikasi Peduli Lindungi, masyarakat yang dianggap telah layak mendapatkan vaksin ketiga ini, akan menerima tiket yang harus dibawa ke pusat vaksin, untuk mendaftar dan mendapatkan vaksin tersebut, Bun.

Nah, sambil menunggu tiket vaksin ketiga terbit, yuk baca dulu panduan mengenai pemberian vaksin ketiga, agar makin paham, dan dapat menerima vaksin juga dosis yang sesuai ya, Bun!

Baca Juga: Mengenal Carina Joe, Sosok Perempuan Indonesia di Balik Vaksin AstraZeneca

Jenis vaksin yang akan digunakan

Ada 5 jenis vaksin covid-19 yang akan digunakan sebagai vaksin booster. Kelima vaksin tersebut adalah vaksin merek CoronaVac/Sinovac, Pfizer, AstraZeneca (AZ), Moderna, dan Zifivax. Kelima vaksin ini nantinya akan digunakan sesuai dengan vaksin awal yang digunakan oleh masing-masing orang.

Masyarakat yang Berusia Diatas 18 Tahun, Lansia, dan Kelompok Rentan Sudah Dapat Menerima Vaksin Booster | Shutterstock

Kategori vaksin

Juru Bicara Kementerian Kesehatan RI, Siti Nadia Tarmizi menjelaskan, vaksin booster akan dikategorikan menjadi vaksin homolog dan heterolog. Kategori ini dibedakan atas platform pembuatan yang memiliki efikasi yang sama baiknya bagi daya tahan tubuh terhadap risiko penularan Covid-19.

Homolog artinya dosis ketiga menggunakan jenis vaksin yang sama dengan dosis satu dan kedua. Sedangkan heterolog menggunakan vaksin ketiga dengan jenis yang berbeda. Jenisnya ya, Bun, bukan mereknya.

Baca Juga: Kasus Covid-19 Varian Omicron Pertama di Indonesia Ditemukan!

Jenis disini dimaksudkan pada platform vaksin, misalnya:

  • Vaksin menggunakan virus yang dilemahkan atau dimatikan, seperti pada vaksin Sinovac
  • Vaksin yang menggunakan platform mRNA jenis baru, seperti pada vaksin Pfizer dan Moderna
  • Vaksin yang menggunakan adenovirus atau virus adeno hidup yang telah dimodifikasi sebagai 'pengirim' protein khusus, seperti pada vaksin AstraZeneca

Nantinya, pemberian vaksin akan mengikuti stok atau jenis vaksin yang tersedia di fasilitas-fasilitas kesehatan, atau pusat vaksin masyarakat, Bun. Masih menurut juru bicara Kemenkes, Nadia, apapun jenis vaksin yang didapat masyarakat nantinya, hasil penelitian menyebutkan bahwa peningkatan titer antibodi yang terbentuk akan sama baiknya.

Baca Juga: Manfaat ASI Luar Biasa! Dari Cegah Alergi Hingga Covid-19

Jadi, tidak perlu ragu untuk segera menerima vaksin booster, bagi Bunda maupun keluarga yang telah menerima tiket vaksin ketiga, ya. Ingat, tidak perlu memilih-milih vaksin, Bun. Datanglah ke pusat vaksin tercepat yang dapat Bunda dan keluarga jangkau. Petugas vaksin akan memberikan vaksin booster yang sesuai untuk Bunda dan keluarga.  

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ruth Sinambela