There is no such thing as a perfect parent. So just be a real one.
Sue Atkins

BRATY Diet untuk Si Kecil Saat Diare

author
Ruth Sinambela
Senin, 31 Januari 2022 | 14:55 WIB
BRATY Diet untuk Si Kecil yang Mengalami Masalah Pencernaan | Cleveland Clinic

Sudah pernah mendengar tentang BRATY diet, Bun? BRATY merupakan singkatan dari 5 makanan yang disarankan untuk dikonsumsi saat menjalankan diet ini. Lima jenis makanan tersebut adalah Banana (pisang), Rice (nasi), Apple sauce (saus/sirup apel), Toast (roti panggang), dan Yoghurt.

Seperti dilansir dari Insider Health, dokter David Cutler, MD, seorang dokter spesialis keluarga RS Saint John, Amerika Serikat, menyebutkan bahwa BRATY diet telah ada selama sekitar satu abad, dan pada awalnya dikembangkan oleh dokter anak untuk menyembuhkan diare pada anak. Yang hingga kini masih sering direkomendasikan untuk anak-anak juga orang dewasa.

Baca Juga: 7 Kelompok Makanan yang Aman Saat Bayi Diare

Ini artinya, BRATY diet dapat dilakukan oleh semua umur, Bun. Namun sebaiknya hanya dilakukan saat Bunda atau si kecil tengah mengalami diare saja, ya. Pola makan dengan diet ini akan membantu meredakan diare karena memiliki serat yang padat tetapi mudah dihaluskan, sehingga tidak memberatkan kerja organ pencernaan.

Tips menjalani BRATY diet saat diare

Sebelum menjalankan BRATY diet untuk si kecil maupun Bunda sendiri. Bunda harus paham kalau BRATY diet hanya untuk membantu organ pencernaan bekerja dengan baik selama terjadi diare, dan tidak bisa menggantikan nutrisi yang hilang ya, Bun.

Selain itu, lima jenis makanan yang dikonsumsi saat menjalani BRATY diet juga rendah protein dan lemak. Itulah sebabnya BRATY diet sebaiknya tidak dilakukan lebih dari satu hari.

Baca Juga: 5 Pengobatan di Rumah yang Bisa Meringankan Diare Saat Hamil

BRATY Diet Dapat Menjadi Alternatif untuk Menghentikan Diare pada Anak Maupun Dewasa | IG Digital Revolution

Berikut ini tips yang dapat Bunda terapkan saat menjalani diet ini:

  • Mengganti nasi sebagai sumber kalori, dengan pasta atau sereal
  • Mengombinasikan yogurt dengan teh hitam. Teh hitam mengandung tanin yang dapat membantu meredakan diare, sedangkan yogurt memiliki bakteri baik yang dibutuhkan untuk membantu sistem pencernaan membunuh bakteri jahat penyebab diare.
  • Mengonsumsi sumber protein yang mudah dicerna. Telur rebus merupakan sumber protein yang mudah dicerna, Bun. Ingatlah untuk merebusnya ya, bukan digoreng. Makanan berminyak akan sulit dicerna sehingga tak baik dikonsumsi saat mengalami diare.
  • Banyak minum air putih

Terutama bagi si kecil, kekurangan cairan akan sangat berbahaya. Dehidrasi akan membuat anak-anak perlu mendapatkan perawatan khusus di Rumah Sakit. Itulah sebabnya Bunda harus memperhatikan konsumsi air putih si kecil saat diare.

Baca Juga: 4 Langkah Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Menjalankan BRATY diet telah terbukti mampu mencegah kekurangan cairan, maupun nutrisi lainnya yang dibutuhkan saat diare. Dengan mengonsumsi berbagai jenis makanan yang disarankan dalam BRATY diet, diare yang dialami oleh Bunda atau si kecil juga dapat membaik.

Namun, apabila diare tak kunjung membaik di hari kedua, apalagi disertai tanda-tanda infeksi seperti demam, atau darah pada tinja, Bunda harus segera ke Rumah Sakit untuk mendapat perawatan yang dibutuhkan, ya!

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ruth Sinambela