You have a lifetime to work, but children are only young once.
Polish Proverb

Kartika Siti Aminah, Menorehkan Sejarah Sebagai Pelatih Perempuan Pertama di IBL

author
Ruth Sinambela
Rabu, 16 Februari 2022 | 11:18 WIB
Kartika Siti Aminah, Pelatih Perempuan Pertama di IBL | Skor.id

Bunda, yuk kenalan dengan pelatih perempuan pertama di liga basket Indonesia, Indonesia Basketball League (IBL), Kartika Siti Aminah.

Coach Ika, begitu ia biasa disapa, merupakan pelatih perempuan pertama di IBL setelah resmi diangkat sebagai pelatih klub basket DNA Bima Perkasa, Yogyakarta, pada Minggu (30/01/2022).

Ia menorehkan sejarah sebagai perempuan pertama yang berprofesi sebagai pelatih di IBL, membawa nama klub Bima Perkasa, Bun. Sebelumnya, coach Ika merupakan asisten pelatih Dean Murray, yang kini telah meninggalkan klub tersebut.

Baca Juga: Mengenal Carina Joe, Sosok Perempuan Indonesia di Balik Vaksin AstraZeneca

Bukan orang baru di klub DNA Bima Perkasa

Di dunia basket, coach Ika bukanlah orang baru, dan sudah memiliki banyak pengalaman dalam melatih. Sebelum bergabung dengan Bima Perkasa, ia sempat melatih tim basket Universitas Gadjah Mada (UGM), serta tim PON Yogyakarta. Bahkan ia pernah berhasil membawa Surabaya Fever menyabet gelar juara di Women’s National Basketball League (WNBL) tahun 2012.

Selain itu, manajemen klub Bima Perkasa, tak sembarangan mengangkat coach Ika sebagai pelatih, Bun. Pemilik klub Bima Perkasa, Edy Wibowo, menunjuk coach Ika karena wanita berhijab ini sangat mengetahui kondisi tim. Bahkan saat mendampingi David Singleton di musim lalu, yaitu IBL 2021, coach Ika disebut turut berkontribusi membentuk tim.

Coach Ika Bersama para Pemain Bima Perkasa |

Baca Juga: Kisah Inspiratif Moorissa Tjokro, Perempuan Insinyur Autopilot di Tesla

Aktif di dunia basket sejak muda

Coach Ika yang merupakan alumni universitas UGM, mengawali karirnya sebagai pelatih di tingkat Developmental Basketball League (DBL), sebelum akhirnya terjun ke IBL, Bun.

Saat menjadi pelatih DBL, coach Ika pernah melatih tim SMA Frateran Surabaya dan tim basket putri Universitas Airlangga. Ia kemudian melatih tim Rajawali Sakti di level Kompetesi Bola Basket Wanita (Kobanita).

Pengalamannya sebagai pelatih terus bertambah hingga dipercaya melatih tim Surabaya Fever, bahkan berhasil membawa tim ini berada satu atap dengan CLS Knights selama tiga musim. Barulah setelah itu, coach Ika menjadi pelatih tim putri PON Jawa Timur dan tim UGM, hingga kemudian bergabung dengan tim Bima Perkasa pada musim lalu dan menjadi pelatih hingga saat ini.

Baca Juga: Griselda Sastrawinata, Perempuan Indonesia Pertama di Walt Disney

Sungguh membanggakan ya, Bun! Ketika perempuan-perempuan Indonesia di berbagai bidang dan profesi, bisa menjadi panutan dan menebarkan inspirasi untuk semua perempuan di luar sana, agar selalu yakin pada diri sendiri dan memberikan yang terbaik di setiap bidang yang mereka jalani, seperti yang dilakukan coach Ika.

Kita doakan semoga coach Ika semakin sukses dalam karirnya. Juga ke depannya semakin banyak lagi perempuan-perempuan unggul Indonesia yang mampu menorehkan kebanggaan juga sejarah di bidang-bidang lainnya di Indonesia maupun dunia!

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ruth Sinambela