We may not be able to prepare the future for our children, but we can at least prepare our children for the future.
Franklin D. Roosevelt

Putri Bungsu Joanna Alexandra Dapat Berjalan Tanpa Alat Bantu Setelah Kepergian Sang Ayah

author
Ruth Sinambela
Rabu, 16 Februari 2022 | 16:15 WIB
Joanna Alexandra dan Putri Kecilnya, Ziona Eden | IG @joannaalexandra

Kisah haru datang dari salah satu selebritis tanah air, Joanna Alexandra, Bun. Belum lama ini ia menceritakan bagaimana putri kecilnya, Ziona Eden, yang memiliki penyakit langka sehingga membuatnya tidak dapat berjalan sendiri tanpa alat bantu, tiba-tiba saja dapat berjalan sendiri beberapa minggu setelah sang Ayah, Raditya Oloan, pergi untuk selamanya pada bulan Mei tahun lalu karena Covid-19.

Kisah ini Joanna ceritakan dalam sebuah talkshow di Tiktok. Talkshow yang sempat viral ini, mengisahkan bagaimana Joanna begitu bersyukur atas mukjizat yang tak pernah ia sangka-sangka ini, Bun. Ia bahkan mengisahkan bahwa selama ini, ia dan almarhum suaminya, hanya dapat bermimpi dan berandai-andai kalau Ziona akan bisa berjalan dan berlari seperti anak-anak seusianya.

Baca Juga: Mengenal Badai Sitokin, Kondisi Raditya Oloan Sebelum Meninggal Pasca Covid-19

Joanna Alexandra saat Mendampingi Sang Suami di RS, Sebelum Meninggal karena Covid-19 | IG @joannaalexandra

Perasaan campur aduk saat putri kecilnya dapat berjalan

Sambil menahan haru, Joanna menceritakan pula bagaimana perasaannya campur aduk saat mengetahui si kecil Ziona dapat berjalan sendiri. Saat itu, baru dua minggu berlalu setelah sang suami meninggalkan keluarga mereka untuk selamanya.

Tentu Joanna merasa sangat senang dan bersyukur, namun di saat bersamaan ia juga merasa sedih dan kecewa, karena sang suami tak sempat melihat putri kecil mereka berjalan. Apalagi saat itu ia masih dalam keadaan berduka dan terpuruk setelah kepergian orang yang paling dicintainya itu.

"Selama ini aku lihat dalam mimpiku, aku sama Radit mengatakan, 'Yes Ziona akan berjalan, akan lari-lari kejar-kejaran sama kakak-kakaknya'." Ungkap Joanna dalam talkshow tersebut.

Baca Juga: Aktor Cilik Matthew White Meninggal di Usia 12 Tahun karena Penyakit Diabetes

"Terjadi, setelah Radit pergi. Antara mau marah, bukan mau marah sih tapi kayak, 'Ah kenapa harus sekarang, aku pengin Radit lihat ini', gitu." Ujarnya penuh haru. Ia mengakui bahwa begitu berat menerima kepergian sang suami, namun ia juga menemukan kekuatan dari Tuhan, khususnya dari si kecil Ziona.

Joanna Alexandra Bersama Keempat Anaknya | IG @joannaalexandra

Penyakit langka yang dimiliki sang putri

Ziona lahir sebagai anak yang spesial dengan penyakit langka di tubuhnya. Ia diketahui memiliki penyakit langka Campomelic Dysplasia, Bun. Penyakit langka inilah yang kemudian memengaruhi perkembangan kerangka, sistem reproduksi, dan bagian tubuh lain penderitanya.

Penyakit ini juga yang membuat bentuk kaki dan lengan Ziona melengkung, Bunda. Itulah sebabnya Ziona kesulitan untuk berjalan sendiri tanpa alat bantu atau bantuan dari keluarganya.

Baca Juga: Idap Penyakit Langka, Perempuan Ini Posting Foto-Foto Fashionnya di IG

Karena itulah, Bunda Joanna mengaku sangat bersyukur atas perkembangan putri kecilnya saat ini. Dan mengaku akan terus berjuang merawat juga membesarkan Ziona dengan penuh syukur kepada Tuhan dan cinta yang sebanyak-banyaknya untuk si kecil, Ziona.

Kita doakan semoga Bunda Joanna dan putra-putrinya selalu dalam lindungan Tuhan! Juga selalu kuat dan berbahagia di sepanjang hidupnya ya, Bun.

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ruth Sinambela