When I get up and work out, I’m working out just as much for my girls as I am for me, because I want them to see a mother who loves them dearly, who invests in them, but who also invests in herself. It’s just as much about letting them know as young women that it is OK to put yourself a little higher on your priority list.
Michelle Obama

Tips Memilih Wadah Plastik yang Aman dan Tepat untuk MPASI Si Kecil

author
Ruth Sinambela
Senin, 4 April 2022 | 15:13 WIB
Simpan MPASI rumahan dengan tepat agar tetap higienis | SHUTTERSTOCK

Ketika Bunda mulai mempersiapkan MPASI bagi si kecil yang telah berusia 6 bulan, Bunda tentu akan memerlukan wadah yang aman untuk menyimpan persediaan MPASI tersebut, maupun wadah makan yang akan digunakan untuk konsumsi MPASI-nya ya, Bun?

Wadah yang dibutuhkan pun pastinya tidak sedikit, apalagi kalau Bunda menyimpan stok MPASI, atau bahan-bahan untuk membuat MPASI, seperti kaldu misalnya, di dalam freezer. Sudah pasti Bunda memerlukan wadah yang berkualitas, agar stok MPASI Bunda tidak rusak.

Lalu bagaimana sih, caranya memilih wadah MPASI yang baik? Berikut ini tipsnya untuk Bunda!

Baca Juga: Tips Memberikan ASIP Menggunakan Cup Feeder atau Gelas Sloki

Kode BPA pada produk plastik

Apabila Bunda memilih untuk menggunakan produk berbahan plastik, yang paling penting adalah plastik tersebut free BPA ya, Bun.

BPA (bisphenol-A) merupakan zat kimia yang biasa digunakan dalam produk plastik dan resin. Zat kimia ini dikategorikan sebagai bahan yang tidak stabil dan beracun. Produk yang bebas dari BPA, memiliki kode atau simbol segitiga dengan angka 1, 2, 4, dan 5, di bagian bawah produk, Bun. Sebaliknya jika terdapat angka 3, 6, dan 7, maka artinya produk tersebut mengandung BPA.

Wadah penyimpanan MPASI | SHUTTERSTOCK

Food grade

Selain bebas BPA, dengan memilih produk atau wadah MPASI bersertifikat food grade, berarti wadah tersebut telah teruji aman untuk digunakan sebagai tempat penyimpanan makanan atau minuman, karena tidak mengandung bahan yang dapat mengontaminasi makanan atau minuman dengan zat kimia berbahaya.

Baca Juga: Bubur Instan Sebagai Alternatif MPASI, Amankah Untuk Si Kecil?

Polypropylene

Polypropylene merupakan bahan plastik yang paling aman untuk digunakan sebagai wadah penyimpanan MPASI, Bun. Ini karena material plastik ini tidak akan bereaksi terhadap makanan atau minuman yang ada di dalamnya. Bahan ini juga dikenal lebih stabil terhadap suhu tinggi, lebih kuat, tapi tetap ringan. Sehingga Bunda dapat menggunakannya dengan aman.

Untuk memastikan apakah produk plastik berbahan dasar polypropylene, Bunda dapat melihat logo PP di bagian bawah wadah plastiknya, ya.

Memiliki penutup dan desain yang simpel

Selain bahan yang digunakan, Bunda juga perlu memilih wadah yang desainnya simpel dan memiliki penutup. Desain yang simpel akan mempermudah Bunda dalam penggunaan maupun perawatannya. Sedangkan wadah berpenutup akan memastikan kebersihan dari isi wadah tersebut saat digunakan, Bun.

Botol berbahan plastik atau polypropylene dapat digunakan untuk menyimpan juice atau pure yang agak cair | Shutterstock

Ukuran yang pas

Dengan memilih ukuran yang dibutuhkan, maka akan mempermudah  Bunda setiap kali akan menyiapkan stok MPASI untuk dikonsumsi si kecil. Selain lebih praktis, Bunda juga tak perlu repot menakar kembali. Bunda hanya tinggal mengeluarkan 1 wadah atau 1 porsi MPASI setiap kali waktunya si kecil makan.

Baca Juga: Memilih Wadah Tahan Panas untuk Microwave dan Oven

Semoga tips ini bermanfaat dan dapat membantu Bunda dalam memilih dan membeli wadah plastik yang tepat untuk digunakan si kecil sehari-hari, juga wadah plastik untuk menyimpan stok MPASI-nya ya, Bun!

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ruth Sinambela