The best way to make children good is to make them happy.
Oscar Wilde

Penting Untuk Mengalokasikan Dana THR Secara Tepat, Bun!

author
Ruth Sinambela
Kamis, 21 April 2022 | 16:04 WIB
Bijaksana Menggunakan Dana THR akan Bermanfaat untuk Kesehatan Keuangan Keluarga | SHUTTERSTOCK

THR atau Tunjangan Hari Raya tentu menjadi salah satu yang sangat ditunggu para Bunda yang sudah mulai mempersiapkan banyak hal untuk merayakan Idul Fitri di awal Mei nanti, nih. Namun bagaimana sih, sebaiknya para Bunda mengalokasikan dana THR agar cukup, dan tepat manfaat untuk seluruh keperluan, khususnya di Hari Raya?

Yuk, simak beberapa tips mengalokasikan dana THR berikut ini, dan segera terapkan setelah dana THR cair ya, Bun. Jangan sampai dana THR habis begitu  saja tanpa dapat memenuhi semua kebutuhan yang diperlukan di Hari Raya Idul Fitri, lho!

Baca Juga: 4 Tipe Kepribadian Dalam Mengatur Keuangan, Kamu yang Mana?  

Perkirakan jumlah THR yang akan diterima

Langkah pertama yang Bunda harus lakukan adalah menghitung total dana THR yang akan diterima. Apabila Bunda dan Ayah sama-sama bekerja dan akan menerima THR, maka bicarakan dan hitunglah bersama jumlah dana tersebut.

Menggunakan Sebagian Dana THR untuk Menyelesaikan Pinjaman Sangat Disarankan, Bun | Shutterstock

Bagi kebutuhan dalam skala prioritas

Meski THR diberikan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam merayakan Hari Raya Idul Fitri, ada baiknya apabila momen dan dana THR dipergunakan terlebih dahulu untuk keperluan yang lebih penting atau mendesak. Apa saja, sih?

Baca Juga: Pilih-Pilih Reksadana, Sesuaikan Dengan Tujuan Keuangan

  • Membayarkan kewajiban zakat.
  • Melunasi atau membayar sebagian hutang, Bunda dapat mengalokasikan 30 persen dana THR untuk memenuhi kebutuhan ini.
  • Menabung juga penting untuk diprioritaskan ya, Bun. Simpanlah 10 persen dari dana THR yang Bunda dan Ayah terima untuk ditabung.
  • Kebutuhan Hari Raya Idul Fitri.
  • Mempersiapkan dana untuk berbagi rezeki bagi orang-orang yang berhak, seperti asisten rumah tangga, petugas keamanan di wilayah Bunda tinggal, supir, pegawai, orang tua, dan lain sebagainya.
  • Tak lupa Bunda juga perlu menyisihkan 20 persen dana THR sebagai dana cadangan.

Pergunakan sesuai rencana

Pada kebanyakan orang, biasanya dana THR akan digunakan terlebih dahulu untuk berbelanja dan sisanya ditabung. Namun, apabila Bunda mau mencoba tips alokasi dana THR di atas, ke depannya Bunda akan merasakan manfaat dan akan terbiasa melakukannya untuk mengalokasikan gaji tiap bulan lho, Bun.

Baca Juga: 8 Langkah Agar Keuangan Selalu Aman

Dengan bijaksana menggunakan dana atau uang THR, dan tidak terbawa suasana hingga menghabiskannya tanpa mengalokasikan terlebih dahulu pada kebutuhan-kebutuhan penting, maka Bunda juga akan bebas dari yang namanya defisit keuangan setelah lebaran.

Juga jangan lupa, untuk selalu mengecek keuangan dan pintar-pintarlah menahan keinginan berbelanja di tengah banyaknya promosi yang ditawarkan ya, Bun!

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ruth Sinambela