Try to be a rainbow in someone else’s cloud.
Maya Angelou

Mempersiapkan Si Kecil Menjadi Pemilik Masa Depan

author
Ruth Sinambela
Senin, 9 Mei 2022 | 15:11 WIB
Mempersiapkan Si Kecil Sebagai Bagian dari Masa Depan yang Lebih Baik | Shutterstock

 

Pernah nggak sih, Bunda dan Ayah memikirkan masa depan dimana buah hati Bunda dan Ayah merupakan penghuninya? Masa depan seperti apakah yang ada di bayangan Bunda? Bagaimana si kecil yang kini masih Bunda bantu memakai baju, masih Bunda biasakan makan dan tidur sendiri, kelak akan tumbuh dewasa dan mandiri.

Masa depan akan menjadi tempat yang lebih baik dari hari ini, apabila Bunda dan Ayah sudah mempersiapkan si kecil menjalani dan menghadapinya, dengan bekal-bekal ilmu, nilai, dan pendidikan dari sekarang, Bun.

Baca Juga: Menyiapkan Si Kecil Menjadi Kartini-Kartini Masa Depan

Nilai-nilai kehidupan

Dimana nilai dan ajaran agama menjadi salah satu yang paling utama. Apabila sejak dini si kecil sudah diajarkan dan terbiasa untuk bersandar dan percaya kepada Tuhan, maka ke depannya, diharapkan si kecil akan berani dan kuat menjalani segala macam tantangan yang tentu akan banyak ditemui di sepanjang jalan kehidupannya, Bun.

Jangan lupakan pula berbuat baik dan membantu sesama yang membutuhkan, mencintai dan menjaga lingkungan hidup, seperti mengerti peran sertanya sebagai penghuni Bumi, merupakan nilai-nilai kehidupan yang wajib dibekalkan pada si kecil demi masa depan, Bun. Dengan demikian si kecil bukan hanya akan sukses dalam prestasi maupun karir, namun juga sukses mengembangkan dan membahagiakan dirinya sendiri, juga orang-orang di sekitarnya.

 

Nilai-nilai Agama dan Kehidupan akan Menjadi Bekal untuk Masa Depan Anak | Shutterstock

Kemandirian

Mandiri dan pemikiran terbuka, merupakan hal lain yang sangat penting dan kelak akan sangat dibutuhkan si kecil untuk melihat segala peluang dan mengambil kesempatan yang ditemuinya, demi meraih kesuksesan.

Dengan terbiasa memberi kebebasan memilih, memutuskan sesuatu, mengerjakan tanggung jawab dan kewajibannya sendiri, maka si kecil akan terbiasa untuk berusaha dan mengerahkan segala kemampuannya. Ia akan tumbuh menjadi penghuni masa depan yang siap bersaing dan diperhitungkan!

Baca Juga: Mengenal Adversity Quotient yang Penting Untuk Masa Depan Anak

Kesehatan fisik dari nutrisi terbaik

Tak dapat dipungkiri nutrisi yang baik sangat dibutuhkan demi menciptakan penghuni masa depan yang unggul. Dengan nutrisi yang baik, si kecil akan tumbuh dengan baik dan sehat, juga lebih mampu mengedepankan kemampuan dan bakatnya.

Anak yang sehat dan tercukupi kebutuhan gizinya akan lebih unggul di bidang olahraga hingga science, karena tubuh yang sehat dan otak yang berkembang baik, dimulai dari kebutuhan nutrisi dan gizi yang lengkap juga seimbang.

Kesehatan mental dari cinta dan kasih sayang keluarga

Anak-anak yang berbahagia di masa kecilnya, akan mampu membawa dirinya ke arah yang lebih baik di masa depan, Bun. Bahagia tak selalu dinilai dari materi. Dengan kesederhanaan dan cinta atau dukungan orang tua, maka si kecil tetap dapat mengembangkan diri sebaik-baiknya. 

Hal ini sangat penting karena dari keluarga yang sederhana bahkan kekurangan pun, asal ada tekad, dan mau bersama-sama berjuang, maka bukan tak mungkin masa depan akan menjadi tempat yang lebih baik.

Banyak contoh orang-orang sukses yang masa kecilnya hidup bersahaja, namun mau dan berhasil membuktikan diri menjadi sukses di masa depan. Salah satu kuncinya adalah kemauan yang kuat dari hati yang kuat, percaya, dan penuh cinta.

 

Kebahagiaan dan Kesehatan Mental Si Kecil Akan Mempengaruhi Bagaimana Ia Menghadapi Masa Depan Kelak | Shutterstock

Ilmu dan Pendidikan

“Carilah ilmu kapan pun kamu masih bisa mendapatkannya, dan carilah ilmu di mana pun kamu dapat menemukannya.”

Ilmu dapat diraih dari mana saja, termasuk dari sekolah, orang-orang yang ditemui, juga pengalaman. Ilmu akan membawa si kecil menjadi sosok yang memiliki kemampuan untuk bertahan dan sukses, apabila dapat dimanfaatkan dengan baik, Bun. Salah satu caranya, Bunda bisa menjadi pendukung si kecil dalam memaksimalkan minat dan bakatnya. 

Baca Juga: Ini 4 Karakter Anak Hebat yang Sukses di Masa Depan

Juga dengan memberi contoh dalam kehidupan sehari-hari, bagaimana usaha yang Bunda dan Ayah tunjukkan pada si kecil, merupakan cara untuk memberinya ilmu sebagai bekal bagi masa depannya. Dan yang dapat berhasil memaksimalkan juga meraihnya lah, yang akan berhasil menjadi salah satu penghuni masa depan yang unggul dan sukses!

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ruth Sinambela