To her, the name of father was another name for love.
Fanny Fern

Jenis Makanan yang Dapat Meningkatkan Nafsu Makan Anak

author
Ruth Sinambela
Selasa, 17 Mei 2022 | 15:00 WIB
Meningkatkan nafsu makan anak dengan mengolah menu favorit anak menjadi berbagai menu berbeda | Shutterstock

Untuk meningkatkan nafsu makan si kecil tentu bukanlah hal yang mudah ya, Bun. Menghadapi anak yang sulit makan pasti membutuhkan kesabaran dan keuletan yang luar biasa. Pantang menyerah dan terus berusaha mencoba berbagai tips yang dipercaya dapat meningkatkan nafsu makan pada anak, tentunya sudah menjadi hal yang biasa.

Khusus bagi si kecil yang masih berusia sekolah dasar, biasanya tidak nafsu makan sering disebabkan oleh kegiatan yang padat, atau stres menghadapi pelajaran. Alangkah baiknya apabila Bunda dan Ayah mencoba untuk menemukan dahulu penyebab tak nafsu makannya ya, Bun.

Baca Juga: Ini Dia Sumber Makanan yang Dapat Membantu Pertumbuhan Rambut Si Kecil!

Ketika penyebabnya sudah diketahui, maka Bunda dapat lebih mudah mencari cara untuk meningkatkan nafsu makannya. Salah satu cara misalnya dengan mencoba untuk memberikan alternatif makanan yang direkomendasikan dan dipercaya oleh dokter maupun ahli gizi untuk dapat meningkatkan nafsu makan. Apa saja? Ini dia contohnya, Bun!

Jahe

Walau agak susah meminta si kecil untuk mengonsumsi jahe, Bunda dapat menyiasatinya dengan mencampur jahe ke minuman hangat, atau makanan lain seperti bubur kacang hijau, atau menu lain yang mungkin disukai si kecil, Bun.

Kacang-kacangan

Gantilah cemilan atau makanan ringan si kecil dengan kacang-kacangan seperti kacang mede, kacang almond, dan kacang lain yang dapat meningkatkan nafsu makan anak.

Baca Juga: Berkenalan dengan ARFID, Gangguan Makan yang Dimulai Sejak Bayi dan Balita

Penambahan jahe dan kurma pada makanan maupun MPASI anak dapat meningkatkan nafsu makan anak, Bun! | Shutterstock

Kurma

Kurma sudah lama dipercaya oleh para ahli dapat meningkatkan nafsu makan lho, Bun. Bunda dapat memberikan madu kurma, atau susu kurma, yang banyak dijual di pasaran dan rasanya enak pada si kecil, sebagai salah satu menu harian untuk meningkatkan nafsu makannya.

Anggur

Anggur mengandung banyak kebaikan serat, yang diketahui dapat mengatasi masalah di usus hingga sembelit pada anak, Bun. Vitamin C yang terkandung di dalam anggur juga sangat baik untuk kekebalan tubuh, dan membuat nafsu makan si kecil meningkat.

Jus wortel

Wortel memang dikenal sebagai makanan yang terbukti dapat menambah nafsu makan si kecil, Bun. Dengan memberikan jus wortel pada si kecil secara rutin, Bunda akan memberikan banyak manfaat pada anak, termasuk meningkatkan nafsu makannya.

Baca Juga: Benarkah Nyeker Dapat Meningkatkan Nafsu Makan Si Kecil?

Walau bahan-bahan makanan di atas telah direkomendasikan untuk meningkatkan nafsu makan anak. Perlu diingat bahwa faktor-faktor lain, seperti waktu makan, suasana makan, kesehatan fisik dan mental, hingga cara mengolah makanan, juga akan mempengaruhi dorongan atau keinginan makan pada masing-masing anak, Bun.

Untuk itu, Bunda harus rajin-rajin memberikan pengertian, dan memantau kondisi kesehatan juga suasana hatinya, kalau-kalau yang menyebabkan berkurang atau hilangnya nafsu makan pada si kecil memang memerlukan pemeriksaan medis ya, Bunda.

Segeralah bawa si kecil berobat apabila Bunda melihat perubahan yang kurang baik pada pertumbuhan dan tumbuh kembangnya secara signifikan. Misalnya, berat badan yang tak kunjung naik namun justru turun. Sehingga dokter dapat segera mengambil tindakan dan pengobatan yang diperlukan.

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ruth Sinambela