A father holds his daughter’s hand for a short while, but he holds her heart forever.
Unknown

5 Sekolah Termahal di Indonesia, Harganya “Wow” Banget, Bun!

author
Ruth Sinambela
Rabu, 8 Juni 2022 | 14:55 WIB
Sesuaikan sekolah dengan kebutuhan dan kemampuan finansial | Shutterstock

Dapat memberikan pendidikan terbaik untuk buah hati tentu menjadi harapan setiap orang tua ya, Bun? Mulai dari menyekolahkan anak ke jenjang yang sesuai dengan usia dan tumbuh kembang anak, hingga memilih dan mendaftarkan anak ke sekolah-sekolah terbaik yang dapat diupayakan.

Orang tua mana yang tidak ingin mendaftarkan buah hatinya ke sekolah terbaik? Bukan hanya akan mengusahakan sebisa mungkin, Bunda dan Ayah juga pasti sudah memperkirakan kemampuan finansial sebelum memutuskan untuk mendaftarkan si kecil ke sekolah yang sudah diidam-idamkan.

Baca Juga: Sekolah Inklusi Sebagai Alternatif Sekolah untuk Si Kecil Berkebutuhan Khusus

Tidak ada salahnya kok, Bun, menyekolahkan si kecil ke sekolah terbaik, yang menurut Bunda juga Ayah dapat memberikan pendidikan terbaik dan dengan fasilitas belajar-mengajar yang terbaik pula. Asal tidak memaksakan kemampuan anak dan kemampuan finansial keluarga, sekolah termahal apa pun boleh-boleh saja dijadikan pilihan. Tak terkecuali beberapa sekolah swasta termahal di Indonesia berikut ini!

Untuk Bunda yang kepengin tahu semahal apa, sih? Berikut ini biaya sekolah  dari 5 sekolah swasta termahal di Indonesia dengan fasilitas dan kurikulum terbaik yang ditawarkannya, Bun!

Jakarta Intercultural School (JIS)

Lapangan Atletik JIS | anps.id

JIS merupakan salah satu sekolah internasional tertua di Indonesia lho, Bun. Berdiri sejak tahun 1951, awalnya JIS merupakan sekolah yang khusus ditujukan untuk anak-anak ekspatriat yang tinggal di Jakarta.

Hingga kini pun, JIS memang lebih didominasi oleh siswa-siswa berkebangasaan lain. Meski begitu semakin banyak pula siswa-siswa WNI yang bersekolah di sini mulai dari jenjang preschool hingga senior high school atau Sekolah Menengah Atas (SMA), Bun.

Merupakan sekolah internasional terbesar di Indonesia, JIS juga terakreditasi oleh Western Association of Schools and Colleges dan Council of International Schools. Bahkan, Departemen Luar Negeri Amerika Serikat menganggap JIS sebagai salah satu sekolah terbaik di luar negeri dalam mempersiapkan siswa masuk universitas di Amerika Serikat.

Kalau melihat kualitas dan fasilitas yang diberikan oleh JIS kepada siswa-siswanya, sudah tentu harga yang dibutuhkan pun tak akan murah ya, Bun. Dalam setahun, siswa yang belajar di JIS harus menyiapkan dana sekitar 490 juta saja, Bunda!

British School Jakarta

British School Jakarta | international-schools-database.com

Sudah berdiri sejak tahun 1973, British School Jakarta pertama kali didirikan di bawah perlindungan kedutaan besar Britania Raya, Bunda. Untuk dapat menyekolahkan si kecil di sekolah yang juga merupakan sekolah tempat selebritis tanah air, Maudy Ayunda, mengenyam pendidikan di bangku Sekolah Menengah Atas ini, Bunda harus menyiapkan terlebih dahulu dana sekitar 300-350 juta setiap tahunnya!

Jangan khawatir dengan kualitas dan fasilitas yang akan didapat, karena British International School memberikan fasilitas terbaik di dalam bidang pendidikan maupun ekstrakurikuler.

Baca Juga: 6 Poin Penting Agar Si Kecil Sukses Belajar di Sekolah

Academic Colleges Group (ACG School)

Academic Colleges Group (ACG School) Jakarta | ACG Schools

Memiliki basis di New Zealand, untuk dapat bersekolah di ACG School, Bunda harus menyiapkan dana sebesar 200-300 juta Rupiah untuk satu tahun pelajaran.

Tidak tanggung-tanggung, ACG School Jakarta menyediakan IB Primary Years Programme dengan kurikulum University of Cambridge International Examinations, juga tentu saja fasilitas sekolah berstandar internasional meliputi auditorium, laboratorium, technology center, hingga athletic track.

New Zealand School Jakarta

New Zealand School Jakarta | nzsjakarta.com

Sekolah yang terletak di Kemang, Jakarta Selatan ini menerapkan kurikulum dari Selandia Baru atau New Zealand Curriculum, NZC. Sedangkan biaya tahunan yang dibutuhkan untuk menempuh pendidikan di sekolah ini adalah sekitar 215 juta Rupiah untuk satu tahun pelajaran, Bunda.

Tidak perlu bingung mengapa bisa semahal ini ya, Bun, karena fasilitas sekolah serta pengajarnya pun sudah pasti yang terbaik sesuai dengan kurikulum yang diberikan.

Surabaya Intercultural School 

Surabaya Intercultural School | Verval Yayasan

Bukan hanya di Jakarta, sekolah termahal di Indonesia juga ada yang berlokasi di luar Jakarta lho, Bunda. Surabaya Intercultural School merupakan salah satunya.

Sekolah internasional yang terletak di kota Surabaya ini menerapkan kurikulum International Baccalaureate (IB) American, yang merupakan program pendidikan internasional yang bisa diambil oleh siswa untuk persiapan masuk universitas ternama di dunia.

Untuk dapat mengenyam pendidikan di sekolah ini, Bunda harus menyiapkan dana pendidikan sekitar 260 juta untuk satu tahunnya.

Baca Juga: Kata Dokter: Sesakit Apa, sih, Anak Sebaiknya Tidak Sekolah?

Nah, itu dia kelima sekolah termahal di Indonesia beserta rata-rata pendanaan yang dibutuhkan untuk satu tahun pembelajaran, Bun. Bagaimana, tertarik untuk mendaftarkan si kecil ke salah satunya?

Meski begitu perlu diingat bahwa sekolah terbaik untuk setiap anak tentu akan berbeda sesuai dengan kemampuan dan kebutuhannya. Bukan hanya harus sesuai atau mengikuti kemampuan si kecil, namun tentunya juga kemampuan finansial Bunda dan Ayah, ya!

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ruth Sinambela