Try to be a rainbow in someone else’s cloud.
Maya Angelou

Wisata Edukasi iMuseum IMERI FKUI, Fun dan Cocok Sekali untuk Si Kecil!

author
Ruth Sinambela
Selasa, 14 Juni 2022 | 11:00 WIB
iMuseum IMERI FKUI cocok untuk wisata edukasi anak | Instagram @imuseum.imeri.fkui

Tahukah Bunda kalau Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) memiliki museum pendidikan kedokteran pertama di Indonesia, yaitu Indonesia Museum of Health and Medicine (iMuseum) atau disebut juga “iMuseum IMERI FKUI”?

Menjadi kebanggan Fakultas Kedokteran UI, iMuseum IMERI FKUI diresmikan pada tahun 2017 oleh Ibu Puan Maharani, yang saat itu masih menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

Baca Juga: Sebelum Berwisata ke Museum, Ketahui 7 Etikanya

IMERI yang merupakan kepanjangan dari Indonesian Medical Education and Research Institute. Sesuai namanya, nantinya diharapkan dapat menjadi pusat penelitian dan pengembangan yang andal dan berdaya guna di bidang kesehatan dan obat-obatan.

Wujud pengabdian FKUI bagi masyarakat

Melansir dari Antara News, Kepala Humas UI, Rifelly Dewi Astuti, yang menjabat pada saat peresmian iMuseum IMERI FKUI, menyampaikan bahwa pembangunan museum dilaksanakan sebagai sebuah perwujudan FKUI dalam memberi sumbangsih untuk masyarakat di bidang pendidikan kesehatan dan ilmu kedokteran.

Bukan hanya sebagai wadah dalam melestarikan artefak sejarah pendidikan kedokteran, namun juga turut berpartisipasi aktif dalam meningkatkan kualitas pendidikan kesehatan, memberi informasi kesehatan dan pendidikan kedokteran yang berkelanjutan, juga diharapkan ke depannya iMuseum IMERI FKUI dapat menjadi pusat rujukan nasional untuk informasi terkait pendidikan kedokteran dan kesehatan, Bun.

Baca Juga: Liburan Seru, Ini Museum yang Menarik Untuk Anak-Anak

iMuseum IMERI FKUI | Instagram @imuseum.imeri.fkui

Terbuka untuk umum

Museum ini dapat dikunjungi oleh masyarakat umum, dan dibuka setiap hari Selasa – Jumat (Pukul 09.00-17.00), dengan harga tiket masuk sebesar 15.000-25.000 Rupiah per orang, Bun. Selain itu, apabila Bunda datang beserta rombongan (minimal 10 orang), maka Bunda dan rombongan akan bisa mengelilingi museum sambil ditemani oleh seorang pemandu!

Area Museum

Museum yang terletak di kompleks FKUI kampus Salemba ini memiliki enam area, yaitu:

  • Medical Education Journey in Indonesia, yaitu area informasi kronologis tentang pendidikan kedokteran di Indonesia, mulai dari era penjajahan Belanda dan Jepang, hingga masa pasca-kemerdekaan.
  • Health Education, yaitu area siklus kehidupan manusia mulai dari pembuahan hingga lanjut usia, tidak hanya kondisi normal atau sehat tetapi juga memaparkan penyakit/gangguan yang dapat terjadi dalam kehidupan manusia.
  • Medical Collection yaitu area informasi spesimen dan peralatan masa lampau serta meja anatomi terkini.
  • Lobby  yaitu area informasi tentang proses penurunan sifat yang diperankan oleh DNA.
  • Edutainment yaitu area edukasi dan informasi sederhana mengenai pemahaman tubuh manusia dan cara menjaga kebersihan diri.
  • Etalase yaitu area benda-benda peninggalan alat bantu pendidikan dan kedokteran, seperti alat-alat laboratorium, alat bantu operasi, dan alat bantu pendidikan.

iMuseum IMERI FKUI | Instagram @imuseum.imeri.fkui

Cocok untuk mengedukasi anak seputar kesehatan dan kedokteran

Mengajak si kecil berkunjung ke iMuseum IMERI FKUI sangat cocok untuk dijadikan sebagai wisata edukasi, Bun. Bukan hanya museum ini akan memberikan banyak ilmu dan informasi yang tentu berguna sekali dalam mencari atau mengembangkan minat dan bakat anak. Namun juga memberi kesenangan karena areanya yang menarik dan pastinya mengundang rasa ingin tahu si kecil.

Belum lagi banyaknya aktivitas yang bisa Bunda dan keluarga lakukan di sana, seperti membaca buku-buku anak maupun buku seputar kesehatan dan kedokteran, hingga mencoba berbagai alat peraga. Pasti akan membuat si kecil, terutama yang menyukai atau tertarik pada science akan betah berlama-lama di sana. Ruangan-ruangannya yang bersih dan nyaman tentu akan membuat Bunda bisa ikut menikmati museum sambil bersantai dan mengawasi si kecil.

Baca Juga: Hobi Berwisata Alam atau ke Tempat Suci, Sudah Tahu Etikanya?

Yuk, segera ajak anak-anak berkunjung untuk bermain, belajar, dan  mendapatkan kesan juga pengalaman yang menyenangkan dalam mengenal seluk-beluk kesehatan dan kedokteran di satu-satunya museum kesehatan dan pendidikan kedokteran di Indonesia, iMuseum IMERI FKUI, Bun!

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ruth Sinambela