Try to be a rainbow in someone else’s cloud.
Maya Angelou

Menyembuhkan Obesitas dengan Operasi Bariatrik

author
Ruth Sinambela
Senin, 25 Juli 2022 | 11:04 WIB
Bariatric surgery atau operasi bariatrik dapat membantu penyembuhan obesitas | Shutterstock

Baru-baru ini, penyanyi dan pencipta lagu populer Melly Goeslaw lewat media sosial pribadinya @melly_goeslaw, menceritakan perihal operasi bariatrik yang dijalaninya, Bun. Operasi tersebut pada akhirnya menjadi pilihan Teh Melly, begitu ia biasa disapa, dalam proses dan perjalanannya untuk mencapai berat badan ideal, juga menyembuhkan diabetes yang dideritanya karena obesitas atau kelebihan berat badan.

Operasi bariatrik sendiri merupakan operasi yang dilakukan untuk menurunkan berat badan, terutama bagi orang dengan berat badan berlebih atau obesitas. Sederhananya, lewat operasi yang bisa dilakukan dengan beberapa metode, seperti mengikat, membuang, dan menyambung area lambung lewat operasi ini, maka kapasitas lambung dalam menerima makanan pun akan jauh berkurang. Kondisi ini lah yang kemudian terbukti efektif membuat pasien lebih cepat kenyang, dan berhasil menurunkan berat badan, hingga menyembuhkan obesitas.

Baca Juga: Waspadai Bahaya Obesitas pada Anak, Bun!

Operasi bariatrik untuk penderita obesitas

Teh Melly dalam ceritanya, menuturkan bahwa ia sebenarnya juga telah melakukan berbagai terapi diet, selain juga obat-obatan untuk menurunkan berat badannya, dan berhasil menurunkan berat badan hingga 25 kilogram, Bunda.

Tipe operasi batriatrik dibedakan dengan beberapa metode, seperti mengikat, membuang, dan menyambung area lambung | Shutterstock

Meski begitu, ia mengakui kalau ia masih memiliki kelebihan berat badan yaitu sekitar 35 kilogram. Yang sayangnya, meskipun telah diusahakan dengan berbagai cara tetap tak berhasil turun. Ditambah lagi ia memiliki kondisi medis diabetes yang juga mempengaruhi nafsu makannya. Sehingga semakin sulit untuk dirinya bisa mencapai berat badan ideal, dengan cara-cara yang telah dijalaninya.

Menghindari penyakit serius

Seperti Bunda ketahui, obesitas sering kali menjadi sumber atau pemicu penyakit serius, yang juga menjadi keresahan bagi penderitanya. Meski begitu, sulitnya mengembalikan berat badan ke berat badan ideal, menjadi sebuah tantangan tersendiri.

Baca Juga: Kurang Tidur Picu Obesitas Pada Anak, Ini Penjelasan Dokter Olga

Karena itulah, operasi bariatrik bisa jadi suatu jalan keluar bagi orang dengan obesitas, untuk membantu menurunkan berat badan ke berat badan idealnya, terlebih lagi menjauhkan berbagai penyakit serius, seperti diabetes, jantung, atau stroke.

Operasi bariatrik hanya dapat dilakukan oleh tenaga profesional yang sudah berpengalaman ya, Bunda | Shutterstock

Dilakukan oleh professional

Operasi bariatrik sendiri sebenarnya belum terlalu populer di Indonesia, ketimbang negara tetangga, seperti Filipina misalnya. Belum banyak orang maupun masyarakat luas yang mengetahui opsi ini untuk menyembuhkan obesitas, maupun penyakit lain yang mengikutinya.

Karena itulah, belum banyak pula dokter maupun Rumah Sakit yang dapat melakukan tindakan medis ini, Bun. Selain juga, biayanya yang tentu cukup besar, mulai dari biaya konsultasi, persiapan, obat-obatan, operasi, hingga perawatan pasca-operasi.

Baca Juga: 8 Fakta Tentang Obesitas

Bagaimana Bun, tertarik untuk melakukan operasi bariatrik? Apabila Bunda tertarik untuk menjalaninya, Bunda bisa coba berkonsultasi ke beberapa dokter yang sudah berpengalaman dalam melakukan tindakan medis ini, ya. Misalnya saja dokter yang menangani Teh Melly, yaitu dr. Peter yang berpraktek di RS. Pondok Indah, lewat akun media sosial Instagram resminya @bedahbariatrik. Atau lebih baik lagi, apabila Bunda terlebih dahulu berkonsultasi ke dokter yang biasa merawat Bunda, dan menanyakan perihal opsi ini, ya. Semangat sehat!

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ratih Sukma Pertiwi